Comscore Tracker

Bosan Masak di Dalem Rumah? Intip 5 Desain Dapur Luar Rumah Ini!

Rasakan suasana baru saat memasak di dapur luar ruangan

Artikel ini merupakan kerja sama dengan Dekorum

Pada umumnya, lokasi dapur memang berada di dalam ruangan. Tapi buat kalian yang suka banget masak di rumah, pernah bosan gak sih dengan lokasi dapur yang di dalam rumah? Kalau sudah mulai bosan, kamu nampaknya butuh suasana memasak yang baru, deh. 

Salah satunya adalah dengan memindahkan dapur ke luar rumah. Dapur di luar ruangan memang belum terlalu umum di Indonesia, tapi sudah ada pemilik rumah yang mengaplikasikan desain ini. Kamu bisa memasak sambil merasakan udara luar, cahaya matahari, atau kadang angin sejuk yang berhembus. Dekoruma sudah mengumpulkan lima desainnya di bawah ini.

1. Dapur outdoor dengan atap

Bosan Masak di Dalem Rumah? Intip 5 Desain Dapur Luar Rumah Ini!decoratorist.com

Berada di luar ruangan, atap adalah elemen arsitektur yang harus banget dipasang di dapur luar ruangan. Kehadiran peralatan-peralatan masak seperti kompor, tabung gas, produk elektronik seperti kulkas dan blender, serta peralatan-peralatan makan, kabinet, laci, meja, dan kursi makan perlu dilindungi dari panas dan hujan.

Bukan hanya membuat barang-barang di atas lebih awet, risiko-risiko yang membahayakan penghuni rumah seperti korsleting atau kebocoran gas bisa terhindari dengan atap atau pergola yang layak. Pastikan juga kalau hujan tidak tampias dan tetap membasahi area dapur, ya!

2. Gunakan material daur ulang

Bosan Masak di Dalem Rumah? Intip 5 Desain Dapur Luar Rumah Ini!Digdigs.com

Memutuskan untuk membangun dapur di luar ruangan bisa menjadi kesempatan buat kamu memanfaatkan material-material daur ulang seperti kayu, plastik, sampai kaca. Material yang paling umum ditemukan dan mudah digunakan adalah kayu untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai furnitur dapur atau area makan. 

Konter dapur, kitchen island, kabinet dan laci, dan meja makan adalah beberapa jenis furnitur yang bisa dibuat menggunakan kayu daur ulang. Selain biayanya lebih murah, kamu juga bisa menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi limbah. 

3. Tahan segala cuaca dengan peralatan stainless steel

Bosan Masak di Dalem Rumah? Intip 5 Desain Dapur Luar Rumah Ini!digdigs.com

Lokasinya yang berada di luar ruangan membuat dapur outdoor lebih banyak terpapar perubahan cuaca. Di hari-hari tertentu, dapur akan tersorot sinar matahari berjam-jam. Kemudian di waktu-waktu lainnya, suhu udara turun drastis dan barang-barang di dapur berisiko terkena cipratan air hujan saat musim hujan. Untuk itu, kamu perlu menggunakan furnitur dan alat-alat yang tahan lama. 

Stainless steel atau baja tahan karat bisa menjadi pilihan yang paling tepat sebagai material yang mendominasi dapur di luar ruanganmu. Tahan dengan perubahan kondisi iklim di luar ruangan, material ini juga lebih mudah dibersihkan dan tidak mudah rusak dibandingkan material lain seperti kayu. 

Baca Juga: 6 Inspirasi Keramik Polos Buat Dekorasi Dapur, Betah Masak Deh!

4. Upgrade dapurmu menggunakan alat masak tambahan

Bosan Masak di Dalem Rumah? Intip 5 Desain Dapur Luar Rumah Ini!digdigs.com

Dengan ukuran ruangan yang cenderung lebih luas dibandingkan dapur di dalam ruangan, kamu bisa sekalian menambahkan peralatan-peralatan masak yang normalnya ditempatkan di luar ruangan. Buat kamu penggemar pizza, kamu bisa menambah wood-burning pizza oven atau oven pizza yang menggunakan kayu bakar untuk memasak. 

Selain itu, kamu juga bisa memasang mesin pemanggang atau barbeku, jadi kamu bisa menikmati beragam makanan lezat yang dipanggang atau dibakar seperti steak, seafood, ayam, dan masih banyak lagi. 

5. Ragam batu alam yang alami dan elegan

Bosan Masak di Dalem Rumah? Intip 5 Desain Dapur Luar Rumah Ini!digdigs.com

Pilihan material lain yang awet dan bisa membuat dapur tampil lebih alami dan elegan adalah dengan menggunakan batu alam. Kamu bisa berkreasi dengan berbagai jenis batu seperti batu bata yang terekspos sebagai backsplash, konter dapur yang terbuat dari batu andesit atau batu sabak. Batu alam juga menjadi material yang kuat dan tahan dengan perubahan cuaca yang harus dialami akibat lokasinya yang berada di luar ruangan. 

Nah, bahan mana nih yang paling kamu suka untuk dekor dapurmu? 

Baca Juga: 5 Tips Tiru Dapur Kardashian Versi Low Budget, Bisa Bermodal Kelereng!

Topic:

  • Arlinda Nidia Corinna
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya