Comscore Tracker

7 Langkah Sederhana Menjaga Kekompakan dengan Saudara, Gak Ribet Kok! 

Dimulai dari hal-hal kecil aja~

Memiliki saudara yang kompak dengan kita tentunya menjadi pengharapan bagi semua orang. Dengan saudara yang sudah mengenal kita sedari kecil, yang sudah tahu kelemahan dan apa yang kita butuhkan tanpa kita harus berucap tentunya sangat menyenangkan. Berbagai aktivitas bersama bisa kita lakukan dengan saudara. 

Akan tetapi, seiring bertambahnya usia kita, kedekatan dengan saudara sudah tak seperti diwaktu kita kecil dulu. Banyak aktivitas dan rutinitas yang kita lalui tanpa saudara kita, begitupun sebaliknya. Dia dengan rutinitasnya, begitupun kita. Nyatanya, tempat ternyaman adalah keluarga. Nah, berikut adalah 7 langkah mudah menjaga kekompakan dengan saudara. Yuk, simak! 

1. Menonton film bersama juga mengasyikan

7 Langkah Sederhana Menjaga Kekompakan dengan Saudara, Gak Ribet Kok! pexels/JESHOOTS.com

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kekompakan dengan saudara adalah menonton film bersama. Meski terdengar sederhana kegiatan atau aktivitas ini cukup ampuh untuk menjaga kekompakan antar saudara.

Kalian bisa menonton film dengan genre favorit kalian atau bisa juga dengan film-film yang mengingatkan dengan masa kecil kalian dengan saudara. Ditemani camilan-camilan sederhana dan candaan-candaan ringan, dijamin mengasyikan deh! 

2. Memasak bersama bisa jadi kegiatan yang menyenangkan

7 Langkah Sederhana Menjaga Kekompakan dengan Saudara, Gak Ribet Kok! eatright.org

Mungkin memasak terdengar kegiatan yang sering wanita lakukan. Meski begitu, kegiatan ini sangat mengasyikan untuk dilakukan bersama saudara baik saudara laki-laki atau saudara perempuan. Dengan memasak kalian menjadi tahu apa saja yang menjadi makanan favorit saudara kalian

Selain itu, kalian bisa menambah kekompakan kalian untuk menghasilkan makanan yang enak untuk dikonsumsi. Saling melempar candaan dan berbagi cerita juga bisa dilakukan disela-sela kegiatan ini, lho! 

3. Usahakan untuk bedtime story

7 Langkah Sederhana Menjaga Kekompakan dengan Saudara, Gak Ribet Kok! pexels/pixabay

Semakin dewasa seringkali kita tak punya waktu untuk melakukan bedtime story. Atau bisajuga menganggap kita cukup dewasa untuk menahan masalah kita tanpa berbagi dengan saudara kita. Nyatanya, langkah itu bisa membuat hubungan antar saudara menjadi jauh. Saudara bisa jadi tempat ternyaman lhp untuk berbagi.

Memberi solusi yang sesuai dengan yang bisa kita lakukan serta tulus tanpa ada makna tertentu. Jadi, usahakan yuk untuk saling tahu bagaimana keadaan saudara melalui bedtime story ya, sehingga kalian dengan saudara bisa saling mendukung dan saling bantu! 

4. Sempatkan untuk jalan-jalan bersama

7 Langkah Sederhana Menjaga Kekompakan dengan Saudara, Gak Ribet Kok! pexels/Marlene leppanen

Beranjak dewasa kita sering sibuk dengan dunia atau rutinitas yang kita lakukan sendiri. Kadang kita lupa untuk meluangkan waktu untuk sekadar jalan-jalan bersama saudara. Padahal jalan-jalan dengan saudara menjadi salah satu jalan untuk menjaga kekompakan dengan saudara.

Tak melelu pergi mengunjungi tempat-tempat yang jauh, olahraga bersama atau pergi menonton ke bioskop bisa menjadi alternatif untuk menjaga kekompakan kalian dengan saudara. Yuk, coba! 

Baca Juga: Asik Banget! Ini 5 Keuntungan Bagi Cowok Kalau Punya Saudara Cewek

5. Ajak saudara untuk mengenal teman-temanmu

7 Langkah Sederhana Menjaga Kekompakan dengan Saudara, Gak Ribet Kok! pexels/Daria Shevtsova

Meski tetap dua pribadi yang berbeda, nyatanya kalian tetap saudara. Tanpa kalian sadari, kalian seringkali khawatir dengan pergaulan saudara kalian, begitupun saudara kalian. Yuk, sesekali coba ajak saudaramu untuk bertemu dengan teman-teman kalian.

Gak perlu mengenalkan terlalu jauh, minimalnya saudara kalian tahu dengan siapa kalian berteman. Juga dengan mengenalkan teman-teman kalian ke saudara kalian bisa mempererat kekompakan kalian dan tentunya saudara kalian akan merasa dihargai bahwa dia adalah bagian terpenting dari hidup kalian. 

6. Beri kejutan-kejutan kecil

7 Langkah Sederhana Menjaga Kekompakan dengan Saudara, Gak Ribet Kok! pexels/freestocks.org

Memberi hadiah mungkin terdengar klasik dan kuno, tetapi cara ini masih tetap ampuh untuk menjaga kekompakan antar saudara. Dengan memberikan hadiah, merupakan salah satu hal yang dapat menunjukkan perhatian kalian pada saudara kalian. Jangan hanya di hari-hari penting saja ya.

Tak melulu hadiah mahal, hadiah sederhana seperti apa yang dibutuhkan sudah bisa membuat saudara kalian diperhatikan. Minimalnya dengan hadiah itu kalian sudah dapat simpatik dari saudara kalian yang tentunya bisa menambah kekompakan kalian dengan saudara. 

7. Tunjukkan rasa pedulimu

7 Langkah Sederhana Menjaga Kekompakan dengan Saudara, Gak Ribet Kok! pexels/Giftpundits.com

Terkadang kita merasa bahwa buat apa menunjukkan kepedulian secara nyata kita pada saudara, tentunya mereka sudah tau kalau kalian menyayanginya. Nyatanya kadang kita perlu menunjukkan kepedulian itu. Dengan menujukkan kepedulian bisa membuat hubungan kalian menjadi lebih kompak.

Kadang kala menunjukkan perhatian itu menjadi pertanda bahwa kalian benar-benar menyayangi saudara kalian. Cara-cara sederhana seperti menanyakan posisi ataupun keadaan juga bisa mewakili. Untuk yang lebih manis, cara-cara sederhana seperti membuatkan sarapan atau meninggalkan notes berisi ucapan semangat bisa sebagai salah satu caranya. 

Nah, itulah 7 langkah mudah untuk menjaga kekompakan kalian dengan saudara. Yuk, coba supaya hubungan persaudaraan kalian semakin kompak dan harmonis! 

Baca Juga: 5 Pertengkaran Antar Saudara Perempuan yang Membuatmu Makin Dewasa

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You