Comscore Tracker

6 Cara Menjaga Kedekatan dengan Ayah Meski LDR dan Harus Berjauhan

Di balik sikap cueknya, banyak kekhawatiran yang tersimpan

Tak jarang sosok ayah menjadi cinta pertama bagi anak-anaknya. Meski tak sesering menemanimu seperti Ibu, tapi percayalah saat itu ayah sedang berjuang untuk kebahagiaanmu. 

Jika kamu tinggal jauh dari ayah membuat kedekatan dan keharmonisanmu diuji, seperti sikap khawatirnya yang berlebihan yang membuatmu marah. Nah, berikut adalah 6 cara menjaga kedekatan dengan ayah meski harus LDR dan terpisah jarak. Yuk, simak!

1. Memberi kabar di awal atau di akhir hari

6 Cara Menjaga Kedekatan dengan Ayah Meski LDR dan Harus Berjauhanpexels/Bruce Mars

Tingkatan paling sederhana untuk menjaga keharmonisan dan kedekatan dengan ayah adalah memberi kabar di awal atau di akhir harinya. Meski terkadang kamu merasa menghubungi atau memberi kabar pada ibu sudahlah cukup, nyatanya terkadang ayah sangat menanti pesan dari anak-anaknya.

Meski kamu dihadapkan dengan segudang aktivitas, mengirim pesan gak memerlukan waktu yang lama kok. Hanya sepersekian menit dari 24 jam yang kamu miliki. Memang, ayah tak pernah meminta atau bahkan menuntut untuk kamu hubungi, tetapi dengan memberi kabar bisa mengurangi rasa kekhawatiran yang ayah miliki.   

Tak ada salahnya untuk selalu membuat ayah tenang tanpa merasa terbebani dengan kekhawatirannya mengenai keadaanmu. Sederhana dan gak bikin ribet, kok! Jangan lupa diterapkan ya! 

2. Sesekali mengirim foto kegiatanmu bisa mengurangi kekhawatirannya

6 Cara Menjaga Kedekatan dengan Ayah Meski LDR dan Harus Berjauhanliveabout.com

Di zaman yang serba modern, jarak bukanlah masalah utama. Perkembangan teknologi yang kian cepat, tentunya membuat kamu sangat mudah dalam berkomunikasi. Kamu tak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk saling terhubung, meski berbeda benua sekalipun. Untuk mengurangi kekhawatiran ayah, gak ada salahnya untuk saling berbagi foto aktivitas yang tengah kalian lakukan. 

Gak perlu segala aktivitas yang tengah kalian kerjakan kok, sekali dalam sehari sudah cukup melegakan bagi ayah. Tak hanya itu, berbagi foto juga bisa membuat ayahmu turut serta dan dilibatkan dalam kegiatan yang tengah kamu lakukan. Atau bila kamu tengah sibuk dan gak bisa berbagi foto, cukup pastikan pada ayah kalau kondisimu baik-baik saja. Mudah bukan? 

3. Mengenalkan lingkunganmu pada ayah

6 Cara Menjaga Kedekatan dengan Ayah Meski LDR dan Harus Berjauhanpexels/Daria Shevtsova

Bagi ayah, meski kamu sudah tumbuh dan menjadi dewasa, kamu tetaplah anak kecilnya yang harus selalu diperhatikan. Meski terlihat baik-baik saja, salah satu hal terberat bagi ayah adalah melepas anaknya untuk tinggal jauh. Salah satu alasannya, yaitu terlalu khawatir akan lingkungan pergaulanmu yang baru. Oleh karena itu, yuk sesekali coba ajak ayah untuk mengenal lingkungan pergaulan dan pertemananmu. 

Gak perlu mengenalkan mereka terlalu jauh, minimalnya ayahmu tahu dengan siapa saja kamu berteman juga menghabiskan waktu. Tentunya, hal ini bisa meredakan kekhawatiran ayah, lho. Gak hanya itu, ketika kamu bisa mengenalkan dan mengajak ayah untuk mengenal teman-teman mu pasti akan ada perasaan seru ketika kamu berbagi cerita, juga rasanya ketika izin keluar akan lebih mudah untuk didapat. 

Baca Juga: Peringatan Hari Ayah, Ini 5 Peran Penting Ayah untuk Anak Laki-laki

4. Berbagi cerita bersama tak ada salahnya

6 Cara Menjaga Kedekatan dengan Ayah Meski LDR dan Harus Berjauhanstatic.makeuseof.com

Bertambahnya usia kadangkala membuatmu merasa mampu untuk bertumpu dengan kaki sendiri dan membuatmu jarang untuk berbagi cerita dengan ayah. Hal inilah yang membuatmu sering kali menjadi sosok yang berpura-pura kuat. Nyatanya, kebiasaan memendam bisa membuat hubunganmu dan ayah menjadi renggang. Memang, ketika menjadi dewasa akan ada masalah yang harus kita simpan sendiri supaya tak menjadikan ayah khawatir, tetapi bukan berarti kita tak bisa bercerita bukan? 

Bercerita dengan ayah gak harus mengenai masalah yang tengah kamu hadapi, mengenang kembali cerita masa kecil atau sekadar cerita rutinitasmu hari ini juga tak ada salahnya. Kadangkala, tak hanya kamu yang merasa harus diperhatikan dan didengarkan, bisa jadi ayah juga punya cerita yang ingin didengarkan. Memanfaatkan teknologi terkini juga bisa membuatmu dan ayah bisa tetap berbagi cerita sembari saling menatap wajah. 

5. Sesekali beri kejutan atau hadiah untuk menunjukkan perhatianmu

6 Cara Menjaga Kedekatan dengan Ayah Meski LDR dan Harus Berjauhanpexels/Cristian Dina

Salah satu cara yang meski terdengar klasik dan kuno dalam menunjukkan kasih sayang adalah dengan memberi hadiah. Tapi jangan khawatir, cara ini tetaplah menjadi salah satu cara yang efektif dalam mendapatkan hati orang tersayang. Hadiah dapat menunjukkan perhatian dan kasih sayangmu terhadap ayah. Tapi, bukan berati harus hadiah yang mahal ya! 

Kamu bisa mengirim hadiah pada ayah tak hanya di hari-hari penting, bisa kapan pun kok! Hadiah sederhana, seperti alat-alat perkebunan maupun alat refleksi pijat juga bisa membuat ayah merasa kamu perhatikan. 

6. Sesekali, jangan lupa sempatkan untuk pulang

6 Cara Menjaga Kedekatan dengan Ayah Meski LDR dan Harus Berjauhanteenlife.com

Salah satu kejutan yang sangat membahagiakan bagi ayah adalah bertemu denganmu secara langsung. Meski teknologi berperan dengan luar biasa, tetapi teknologi tak bisa menggantikan hangatnya sebuah pelukan dan kelegaan ketika bertatap muka secara langsung. Walau ayah tak pernah menuntut atau bahkan memintamu untuk pulang, bertemu denganmu bisa jadi sebuah momen yang paling ditunggu dan dinanti dalam kesehariannya.  

Gak peduli sehari atau bahkan sebentar, bertemu denganmu secara langsung tentu bisa membuat ayahmu merasa lega dan dapat melepaskan rasa rindu yang bercokol di dada. Hal-hal sederhana seperti makan bersama, menonton siaran sepak bola atau sekadar bercerita bisa jadi momen yang amat berkesan dan selalu dikenang. Jadi, kalau ada waktu sempatkan pulang ya! 

Nah, itulah enam cara sederhana untuk menjaga kedekatan dengan ayah meski LDR dan harus berjauhan. Yuk, coba dan praktikkan supaya hubunganmu dengan ayah tetap hangat.  

Baca Juga: 5 Bentuk Dad Shaming yang Sering Dialami Ayah dan Bisa Bikin Minder

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya