Comscore Tracker

5 Alasan Terpendam Ayah Melarang Anak Perempuan Kerja di Luar Kota

Bukan mau mengekang kok!

Orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Termasuk ayah yang ingin melihat anak perempuannya tumbuh menjadi wanita yang sukses serta mandiri. Tetapi terkadang orang tua terutama ayah melarang anak gadisnya untuk mencari pekerjaan di luar kota.

Jika ayahmu termasuk tipe yang seperti itu, jangan berburuk sangka dulu. Mungkin ayahmu punya alasan kuat untuk melarangmu. Apa saja alasannya? Simak ulasan berikut.

1. Ayah ingin menghabiskan waktu lebih banyak sebelum kamu menikah

5 Alasan Terpendam Ayah Melarang Anak Perempuan Kerja di Luar KotaPexels/mentatdgt

Setelah menikah, sebagian besar perempuan akan tinggal bersama dengan suaminya. Hal ini merupakan kekhawatiran besar bagi seorang ayah. Ayah akan tinggal jauh darimu dan jarang bertemu denganmu. Karena itu, setelah lulus kuliah kalian dilarang untuk kerja di luar kota supaya ayah bisa tinggal lebih lama denganmu sebelum kelak kalian menikah.

2. Ayah merindukan saat-saat bersamamu

5 Alasan Terpendam Ayah Melarang Anak Perempuan Kerja di Luar KotaUnsplash/Carly Rae Hobbins

Setelah kuliah beberapa tahun di luar kota, tentu intensitas ketemu dengan orang tua menjadi jarang. Berbeda dari masa-masa sekolah yang biasanya masih tinggal dengan orang tua. Mungkin ayahmu merindukan masa-masa itu. Masa ketika kalian tinggal bersamanya. Setelah menunggu kelulusan, ayahmu ingin kembali tinggal bersamamu dan melihat anak perempuannya meniti karir di dekatnya. 

3. Ayah merasa kamu belum bisa mandiri

5 Alasan Terpendam Ayah Melarang Anak Perempuan Kerja di Luar KotaPexels/Pawel L

Ketika kuliah sebagian besar anak masih meminta sokongan dana dari orang tuanya. Berbeda halnya jika mereka sudah bekerja. Maka otomatis anak sudah mempunyai tanggung jawab untuk sepenuhnya mandiri mengelola finansialnya.

Hal ini terkadang menimbulkan kekhawatiran pada ayah terhadap anaknya. Ayah khawatir anaknya belum bisa mengelola finansial sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sehingga ayah merasa anaknya masih perlu tinggal serumah dengan orang tua, setidaknya untuk menghemat biaya tempat tinggal. 

Baca Juga: Suka Hal Baru, 5 Zodiak Ini Lebih Suka Pergi Merantau

4. Tidak ada saudara yang menemani orang tuamu di rumah

5 Alasan Terpendam Ayah Melarang Anak Perempuan Kerja di Luar KotaPexels/Malcolm Garret

Ketika ayah dan ibumu sudah tua, mereka ingin anak-anaknya tinggal di dekat mereka. Jika saudara-saudaramu tidak memungkinkan untuk tinggal serumah dengan orang tuamu, maka kamulah harapan mereka satu-satunya. Karena itu kamu dilarang kerja jauh dari mereka supaya ada yang menemani dan merawat mereka ketika sakit.

5. Ayah khawatir terjadi sesuatu padamu di luar kota

5 Alasan Terpendam Ayah Melarang Anak Perempuan Kerja di Luar KotaPexels/Christina Morillo

Hidup dan meniti karir di luar kota sendiri terkadang menimbulkan kekhawatiran bagi seorang ayah. Jika terjadi sesuatu padamu misalnya sakit, ayah khawatir tidak ada yang merawatmu. Sementara di dunia kerja kamu harus selalu siap menghadapi semua tuntutan pekerjaan.

Itulah beberapa alasan mengapa ayah melarangmu bekerja di luar kota. 

Baca Juga: Biar Sukses, 5 Hal Ini Harus Kamu Tanamkan pada Dirimu Saat Merantau

Afanin Photo Verified Writer Afanin

Family. Home. Pray.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You