Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Mendapatkan Kepercayaan dari Orangtua

Coba cek, pernah kamu lakukan gak?

Saat mendapatkan kepercayaan dari seseorang, tugas kita adalah menjaganya sebaik mungkin. Karena saat kepercayaan itu rusak, gak gampang untuk mengembalikannya jadi utuh lagi. 

Sama halnya dengan perasaan orangtua. Jika kamu sulit mendapatkan kepercayaan mereka, tandanya ada yang salah pada dirimu. Bukannya orangtua ingin mengekang kebebasanmu, hanya saja mereka belum yakin dalam beberapa hal. Ini dia lima di antaranya. 

1. Menurut orangtua, rasa tanggung jawabmu masih kurang

5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Mendapatkan Kepercayaan dari Orangtuapexels.com/Tess Emily Seymour

Sebelum orangtua memberikan kepercayaan, mereka akan menilai apa kamu bisa bertanggung jawab pada diri sendiri. Jika tidak, jangan harap kepercayaan tadi akan kamu dapatkan.

Kepercayaan bisa kamu peroleh ketika dirasa mampu mengurus diri sendiri. Lalu, apakah kamu bisa mengambil keputusan dengan bijak. Sederhananya, kamu sudah dewasa untuk tahu apa yang baik untuk diri sendiri.

2. Kamu belum bisa menjaga diri sendiri sehingga orangtua merasa khawatir

5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Mendapatkan Kepercayaan dari Orangtuapexels.com/Oziel Gómez

Bertanggung jawab dan menjaga diri adalah hal yang saling berhubungan. Tentunya, orangtua gak akan mengambil risiko. Orangtua akan khawatir kalau sesuatu yang buruk menimpamu.

Menjaga diri bukan berarti harus pandai berkelahi, lho. Melainkan bisa memutuskan mana yang terbaik bahkan tahu batas kemampuan diri sendiri.

Baca Juga: Orangtua Wajib Tahu, 5 Cara Memotivasi Anak Agar Tidak Minder

3. Pernah menyalahgunakan kebebasan yang sudah diberikan

5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Mendapatkan Kepercayaan dari Orangtuapexels.com/Martin Péchy

Mungkin di masa lalu kamu pernah menghancurkan kepercayaan orangtua. Apalagi kalau kesalahanmu dilakukan berulang-ulang, hati orangtua mana yang tidak terluka.

Kamu harus ingat, kalau kepercayaan harganya sangat mahal. Sebab itu jaga sebaik mungkin. Jika sudah rusak, sulit menyembuhkan perasaan yang sudah terlanjur kecewa.

4. Belum cukup dewasa karena usiamu masih terlampau muda

5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Mendapatkan Kepercayaan dari Orangtuapexels.com/Giftpundits.com

Penyebab orangtua belum memberikan kepercayaan bisa juga karena faktor usia yang belia. Menurut mereka, pikiranmu masih labil. Ketika menghadapi masalah, kamu gampang meledak-ledak dan gak bisa mengontrol diri. 

Sabar saja. Semua ada waktunya kok! Jika sudah masuk usia dewasa, sikap orangtuamu pasti berubah. Dengan sendirinya mereka akan memberikanmu kepercayaan. 

5. Kamu sering berbohong sehingga menghancurkan kepercayaan orangtua

5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Mendapatkan Kepercayaan dari Orangtuapexels.com/Min An

Sekali kamu berbohong pada orangtua, kepercayaan mereka akan menurun. Iya, orangtua memang memaafkan, tapi tak semudah itu kembali percaya. Kamu harus bekerja keras untuk mengembalikan kepercayaan mereka. Yaitu belajar jujur dan meyakinkan mereka bahwa kata-katamu layak dipegang.

Karena harga kepercayaan itu mahal, kamu harus menjaganya dengan baik. Perlihatkan kesungguhan hatimu agar orangtua bisa percaya lagi.

Baca Juga: 5 Sikap Anak yang Menunjukkan Jika Orangtua Melekat di Hatinya 

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You