Comscore Tracker

Gak Perlu Risau, 5 Ciri Ini Tunjukkan Kamu Sudah Siap Punya Momongan!

Kalau kamu sendiri sudah siap belum?

Setiap pasangan yang menikah, tentu punya pandangan berbeda mengenai anak. Ada yang segera menerapkan program kehamilan, ada juga yang menundanya karena faktor atau alasan pribadi. Apa pun itu, kesepakatan bersama di dalam suatu pernikahan adalah yang terpenting.

Beberapa orang terkadang masih bingung terkait kesiapan mereka dalam memliki buah hati, entah itu faktor internal atau eksternal. Nah, 5 ciri di bawah ini menandakan kalau kamu sudah siap punya momongan. Ada apa saja? Langsung dicek yuk ulasannya!

1. Suka dan senang melihat anak kecil

Gak Perlu Risau, 5 Ciri Ini Tunjukkan Kamu Sudah Siap Punya Momongan!Pexels.com/Bess Hamiti

Kamu merasa senang dan gemas setiap melihat anak kecil? Saking senangnya, hingga kamu ingin menghampiri dan menggendong mereka? Ini bisa jadi salah satu ciri awal kalau kamu sudah punya keinginan dan merasa siap untuk memiliki momongan.

Memang, kamu gak bisa menjadikan ini sebagai acuan utama. Tapi setidaknya, faktor dari dalam diri kamu sendiri ini, penting untuk menunjukkan bahwa memiliki buah hati bisa membuatmu lebih bahagia.

2. Rumah tangga harmonis

Gak Perlu Risau, 5 Ciri Ini Tunjukkan Kamu Sudah Siap Punya Momongan!Pexels.com/juan mendez

Rumah tangga yang harmonis di sini, bukan berarti sempurna. Hanya saja, kamu harus bisa menilai apakah kondisi rumah tanggamu selama ini tergolong baik-baik saja.

Pastikan gak ada masalah kekerasan dalam rumah tangga, isu perselingkuhan, hingga masalah finansial. Keharmonisan dalam keluarga adalah kunci utama agar bisa membesarkan anak dengan baik.

Ingatlah bahwa membesarkan anak merupakan tanggung jawab bersama, yang membutuhkan rasa saling pengertian dan sikap kooperatif antara kamu dan pasangan! Karena selain dukungan finansial, anak pun membutuhkan kasih sayang dari orangtuanya.

Baca Juga: Makin Sayang, Ini 5 Tips Membangun Kedekatan Emosional dengan Anak

3. Sudah siap dan mantap secara finansial

Gak Perlu Risau, 5 Ciri Ini Tunjukkan Kamu Sudah Siap Punya Momongan!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Hal selanjutnya yang bisa jadi tolok ukur dalam kesiapan memiliki momongan adalah aspek finansial. Mulai dari program kehamilan hingga proses melahirkan, semua membutuhkan biaya yang gak sedikit.

Bahkan gak cuma sampai disitu, dengan tumbuh kembang anak setiap tahunnya, tentu akan ditambah pula dengan biaya pendidikan, imunisasi, kesehatan, tabungan darurat, dan lainnya. Kalau sudah merasa aman serta yakin secara finansial, maka itu artinya kalian semakin siap untuk memiliki buah hati.

4. Siap untuk membagi waktu antara karier, pasangan, dan anak

Gak Perlu Risau, 5 Ciri Ini Tunjukkan Kamu Sudah Siap Punya Momongan!pexels.com/@gustavo-fring

Kalau kamu dan pasangan sama-sama bekerja, kalian tetap bisa memiliki anak dengan tetap menjalani karier. Hanya saja, kalian sudah harus merencanakan pembagian waktu yang seimbang antara pekerjaan dan keluarga.

Belajarlah mengelola waktumu secara lebih optimal karena mengurus anak sembari bekerja bukanlah perkara mudah! Tentunya, kamu juga sudah harus siap untuk merasa lebih lelah daripada biasanya. Tapi kalau sudah terbiasa dan dilakukan dengan dasar cinta, pasti semuanya bakal terasa worth it deh!

5. Siap untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat

Gak Perlu Risau, 5 Ciri Ini Tunjukkan Kamu Sudah Siap Punya Momongan!Pexels.com/Gustavo Fring

Semua orangtua pasti ingin memiliki anak yang sehat serta bahagia. Demi bisa mencapai hal itu, tentunya diperlukan pengorbanan untuk mengubah gaya hidup yang gak sehat untuk para calon orangtua.

Contohnya, kamu terbiasa merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol. Ketika kamu ingin menghentikan kebiasaan tersebut dan mencoba untuk menerapkan pola hidup yang lebih sehat, itu tandanya kamu sudah semakin mantap untuk punya momongan.

Demikianlah kelima ciri yang menandakan kalau kamu sudah siap untuk punya momongan. Menjadi orangtua bukanlah hal yang mudah dan jadi tantangan bagi mereka yang baru pertama kali merasakan. Tapi asalkan mau terus belajar, kamu pasti bisa deh menjadi orangtua terbaik untuk anakmu!

Baca Juga: 5 Cara Agar Anak Bisa Tidur Sendiri Tanpa Orangtua, Gak Akan Rewel!

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya