Comscore Tracker

5 Manfaat Ikut Komunitas Online buat Millennial Moms

Ada banyak manfaat jika jadi bagian dari suatu komunitas lho

Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-7, Orami, sebuah platform parenting yang dikenal terlebih dulu lewat e-commerce produk ibu dan bayinya ini, pada Rabu (12/2) kemarin resmi meluncurkan aplikasi terbarunya di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta. Aplikasi yang memiliki fitur group chat nya tersebut bernama Orami Parenting.

"Kita juga punya community-based atau berbagai macam grup komunitas yang disesuaikan dengan relevansi ibu-ibu, baik itu life-stages mereka, interest mereka, maupun komunitas-komunitas lain yang bergabung di platform kami, gitu," ungkap Cynthia Tenggara, Head of Parenting Orami.

Sebagai bagian dari visi mereka, Orami Parenting sebagai aplikasi komunitas online berbasis chat platform ini sengaja dibuat agar para ibu bisa merasakan hubungan yang lebih intens dengan para moms lainnya. Selain itu, para millennial moms masa kini sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan pengaruh teknologi, dan ini menjadi salah satu dasar dibuatnya Orami parenting.

Namun sebenarnya apa sih manfaat dari mengikuti komunitas online khusus para ibu? Yuk langsung simak ulasannya di bawah ini!

1. Terbentuknya support system buat para ibu

5 Manfaat Ikut Komunitas Online buat Millennial MomsPeluncuran Perdana Aplikasi Orami Parenting di Plaza Senayan, Jakarta. 12 Februari 2020. IDN Times/Ayuningtyas Juliana

"Di usia Orami yang ke-7 ini, kami menyadari bahwa Orami harus berkembang lebih besar menjadi support system untuk ibu Indonesia. Dari pengalaman kami selama 7 tahun berhubungan dengan konsumen Ibu, kami mempelajari bahwa yang seorang ibu paling butuhkan adalah sebuah support system yang dapat membuat kegiatan mengasuh anak mereka menjadi lebih mudah," tukas Cynthia lagi.

Hal ini diperkuat dengan hasil riset yang dilakukan oleh Orami bernama Survey Aspirasi Ibu Indonesia yang dilakukan selama bulan November hingga Desember 2019 lalu. Seperti yang disampaikan oleh Cynthia dalam presentasinya, selama kurun waktu itu, ada kurang lebih 1200 ibu di Indonesia yang mengisi survey, dan hasilnya menyatakan bahwa 58 persen ibu membutuhkan support system untuk menjalani peran Ibu secara maksimal.

Nah, salah satu cara paling sederhana untuk mendapatkan support system ialah dengan bergabung ke dalam komunitas yang berisi orang-orang dengan peran dan pengalaman yang sama atau serupa.

2. Dengan chat platform, ibu bisa berbagi informasi dan pengalaman kepada sesama ibu secara real-time connections

5 Manfaat Ikut Komunitas Online buat Millennial MomsPeluncuran Perdana Aplikasi Orami Parenting di Plaza Senayan, Jakarta. 12 Februari 2020. IDN Times/Ayuningtyas Juliana

"Kita juga melihat dari populasi millennials di Indonesia, 20 persennya itu adalah moms, gitu. Ada juga istilahnya mom-sourcing, when moms are using online mother platform untuk gather news, informations dari sesama moms lainnya," ujar Bunga Mega, Head of Community Orami.

Diskusi di sebuah group chat rupanya bisa memberikan perasaan sense of belonging yang lebih besar, dan para ibu menjadi lebih bebas untuk berekspresi dan saling memberi saran, sehingga diskusi tidak terbatas pada satu minat atau masalah tertentu saja. Hal ini pun secara praktis akan lebih mempermudah para ibu untuk mendapatkan informasi atau berbagi pengalaman mereka dalam menjalani peran sebagai seorang ibu.

"Kita berdasarkan dengan chat platform, karena kenapa kita bikin ini? Berdasarkan internalized kita sama ribuan moms, real-time connections itu lebih penting dan lebih dibutuhkan, begitu." tambah Bunga lagi.

3. Baik untuk kesehatan mental para ibu yang membutuhkan dukungan dan perlu dikuatkan

5 Manfaat Ikut Komunitas Online buat Millennial MomsPeluncuran Perdana Aplikasi Orami Parenting di Plaza Senayan, Jakarta. 12 Februari 2020. IDN Times/Ayuningtyas Juliana

"Seorang mom itu membutuhkan dukungan dari moms lainnya," ungkap Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden Gugus Muda dan pendiri Thisable.

Angkie juga mengungkapkan bahwa apabila para ibu tidak mendapat dukungan dan tidak dikuatkan, mereka bisa menjadi depresi. Oleh karena itu adanya platform komunitas online ini sangat penting sekali bagi para ibu, karena bisa memberi dukungan positif yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh mereka.

"Nah, itu adalah wadah yang diperlukan oleh kita semua. Artinya para moms di sini, ketika begitu melahirkan anak, begitu informasi ada banyak, kita pun juga meminimaliskan para moms itu agar tidak terlalu depresi, tidak merasa sendirian," tambah Angkie lagi.

4. Bisa memilih orang-orang yang mereka percayai dalam close group, sehingga ibu akan merasa lebih secure dan nyaman

5 Manfaat Ikut Komunitas Online buat Millennial MomsPeluncuran Perdana Aplikasi Orami Parenting di Plaza Senayan, Jakarta. 12 Februari 2020. IDN Times/Ayuningtyas Juliana

"Namanya support group kan, mereka memilih teman-teman yang mereka percayai. Artinya mereka ingin berdiskusi dalam close group, jadi lebih secure." papar Bunga.

Bunga juga menegaskan kalau komunitas yang berbasis online chat ini sengaja dibentuk agar tidak perlu mengubah habit dari para ibu masa kini, yang dalam kegiatan sehari-hari, mereka juga sudah terbiasa menggunakan platform chat lain untuk berkomunikasi. Dengan demikian, para ibu akan merasa lebih nyaman untuk masuk ke dalam komunitas online ini.

5. Para ibu akan memiliki sebuah tempat, ruang yang inklusif bagi mereka

5 Manfaat Ikut Komunitas Online buat Millennial MomsPeluncuran Perdana Aplikasi Orami Parenting di Plaza Senayan, Jakarta. 12 Februari 2020. IDN Times/Ayuningtyas Juliana

Kalau para ibu ikut bergabung dalam komunitas yang di dalamnya berisi orang-orang dengan peran dan pengalaman serupa, otomatis mereka bisa lebih saling memahami satu sama lain dan sudah pasti merasa menjadi bagian dari suatu hal yang penting dan konkrit. Ruang yang inklusif seperti ini akan membuat para ibu bisa bebas mengekspresikan kesulitan hingga kebahagiaan mereka sebagai wanita dan seorang ibu.

"Jadi intinya kita ingin membangun sebuah tempat yang inklusi, yang bisa mengajak seluruh moms itu bergabung. Makanya kita punya banyak banget kategori, mulai dari yang baru promil- I mean kalau pun kita belum punya buah hati, bukan berarti membuat kita less mom than others, ya kan? Lalu ada juga newborn, ada toddler, trus juga tadi moms with special needs children. Ada juga single mom, apalagi itu, so you know the double responsibility dari mereka," tukas Bunga.

Nah, itulah kelima manfaat dari ikut bergabung ke dalam komunitas online khusus moms. Kalau kamu millennial moms yang sedang struggling dan butuh tempat bercerita atau berkeluh kesah dalam menjalani peran sebagai seorang ibu, mungkin ini saatnya buat kamu ikut komunitas seperti ini. Aplikasi Orami Parenting sendiri sekarang bisa diunduh secara gratis di App Store dan Play Store, lho. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, moms!

Baca Juga: Jangan Takut! Lakukan 6 Hal Ini Jika Kamu Mengalami Cyber Bullying

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya