Comscore Tracker

5 Pola Wallpaper yang Bisa Bikin Kamar Mungil Terlihat Lebih Luas

Wallpaper bergambar pemandangan ternyata oke juga

Terlepas dari ukuran sebenarnya, banyak orang pasti merasa senang jika ruang kamar mereka bisa terlihat lebih luas dan lega. Untuk menyiasati hal itu, bisa dilakukan dengan cara menerapkan konsep tata ruang dan pemasangan wallpaper yang tepat.

Dilansir Square Inch Home, di bawah ini merupakan lima rekomendasi wallpaper patterns yang bisa memberi kesan kamar berukuran mungil jadi lebih luas. Yuk, langsung disimak ulasannya!

1. Stripes pattern (pola garis-garis)

5 Pola Wallpaper yang Bisa Bikin Kamar Mungil Terlihat Lebih Luaspinterest/Maughons.com | pinterest/Etsy | Wallpaper pattern untuk kamar tidur

Stripes pattern atau pola garis-garis selalu bisa diandalkan untuk memberi ilusi ruangan berukuran mungil jadi lebih besar. Bergantung pada orientasi 'luas' yang diinginkan, kamu bisa memilih wallpaper dengan pola garis-garis vertikal ataupun horizontal.

Untuk kesan luas dengan rasio ketinggian antara atap dan lantai kamar, maka kamu bisa pasang vertical striped wallpaper atau garis tegak lurus. Sedangkan untuk ilusi kamar luas yang melebar ke samping, pasanglah horizontal striped wallpaper atau garis mendatar.

2. Scenic wallpaper/mural (wallpaper pemandangan)

5 Pola Wallpaper yang Bisa Bikin Kamar Mungil Terlihat Lebih Luaspinterest/oliprint-art.com | pinterest/Dunelm | Wallpaper pattern untuk kamar tidur

Wallpaper pemandangan atau mural juga bisa jadi opsi untuk kamar mungil. Scenic wallpaper yang tepat dari kertas dinding ini, bisa hadirkan ilusi optik karena mata orang yang melihatnya akan fokus untuk melihat gambaran pemandangan secara keseluruhan.

Hal tersebut bisa menambah kesan depth sekaligus jarak di dalam ruangan. Otomatis, ini akan membuat kamar terasa lebih luas.

Baca Juga: Renovasi Apartemen Lawas dengan Sentuhan Minimalis yang Chic - Elegan 

3. Seamless pattern (pola berulang)

5 Pola Wallpaper yang Bisa Bikin Kamar Mungil Terlihat Lebih Luaspinterest/Society6 | pinterest/wallsheaven.com| Wallpaper pattern untuk kamar tidur

Seamless pattern adalah suatu pola yang saling berdampingan dengan salinannya sendiri alias kerap berulang tanpa batas. Karena terus berulang, pola-pola yang terlalu ramai justru bisa membuat kamar berukuran mungil tampak penuh dan berantakan.

Oleh karena itu, pilihlah wallpaper berpola seamless dengan gambar yang berjarak cukup jauh dengan salinan gambar lainnya. Skala pola berulang yang lebih besar, bisa menciptakan kesan luas pada ruangan.

Atau jika memang benar-benar ingin wallpaper berpola lebih ramai, kamu cukup menaruhnya di satu sisi dinding saja. Dengan demikian, kamu bisa membentuk aksen dinding yang unik.

4. Textured wallpaper (wallpaper dengan kesan 3D atau bertekstur)

5 Pola Wallpaper yang Bisa Bikin Kamar Mungil Terlihat Lebih Luaspinterest/AliExpress | pinterest/Etsy | Wallpaper pattern untuk kamar tidur

Selanjutnya ada textured wallpaper yang merupakan kertas dinding dengan pola timbul atau tekstur yang bisa menciptakan level dimensional yang berbeda. Gak hanya membuat dinding kamar terlihat lebih 'hidup', textured wallpaper menghasilkan value tersendiri.

Pada ruangan yang gak terlalu luas, tekstur ini memberi ilusi optik seakan-akan ada sedikit tambahan 'ruang' pada kamarmu. Menarik, ya?

5. Metallic wallpaper

5 Pola Wallpaper yang Bisa Bikin Kamar Mungil Terlihat Lebih Luaspinterest/I Love Wallpaper | pinterest/I Love Wallpaper | Wallpaper pattern untuk kamar tidur

Gak kalah populer dari keempat wallpaper patterns sebelumnya, metallic wallpaper juga bisa jadi rekomendasi untuk aksesori dinding kamar mungilmu. Karena metallic wallpaper berkilau, kertas dinding ini bisa memantulkan cahaya yang ada di dalam ruangan.

Hal tersebut otomatis akan memberi efek yang lebih terang untuk kamarmu. Sudah bukan rahasia lagi kalau ruangan yang memiliki pencahayaan bagus, biasanya terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya.

Demikianlah kelima wallpaper patterns yang bisa kamu pasang untuk membuat kamar berukuran mungil, terlihat lebih luas. Kalau kamu paling tertarik untuk mencoba wallpaper yang mana, nih? Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Nyaman Banget! Ini 12 Inspirasi Dekorasi Balkon untuk Rumah Mungil

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya