Comscore Tracker

Jangan Terbawa Emosi! Ini 5 Tip Mudah Menghadapi Adik Super Manja

Bisa juga coba bicarakan dengan orangtua

Memiliki saudara merupakan hal yang patut disyukuri. Tapi gak bisa dimungkiri kalau saudara bisa jadi orang paling menjengkelkan. Bagi yang berstatus sebagai kakak, pasti sudah biasa menghadapi bermacam-macam sifat adiknya, termasuk berperilaku manja.

Kalau masih dalam batas wajar mungkin bisa dimaklumi, tapi kalau sudah keterlaluan rasa-rasanya pasti cukup merepotkan dan membuat sebal. Nah, di bawah ini merupakan beberapa tips untuk menghadapi adik super manja. Yuk, langsung disimak ulasannya!

1. Tetap tenang dan jangan biarkan emosi sesaat mengendalikan tindakanmu!

Jangan Terbawa Emosi! Ini 5 Tip Mudah Menghadapi Adik Super ManjaPexels/Ekaterina Bolovtsova

Ketika adikmu mulai bertingkah manja, entah itu dengan kamu langsung atau anggota keluarga lainnya, cobalah berusaha tetap tenang! Tariklah napasmu dalam-dalam! Yang perlu kamu ingat ialah meski sikap manja adikmu memancing emosi, tapi ia tetap anggota keluargamu.

Menasihati dengan tegas atau mengomeli sewajarnya, mungkin gak masalah. Tapi, jangan sampai emosi sesaat mengendalikan seluruh perkataan atau tindakan kamu terhadapnya, ya!

2. Adik yang manja biasanya haus akan perhatian. Cobalah sesekali abaikan saja mereka!

Jangan Terbawa Emosi! Ini 5 Tip Mudah Menghadapi Adik Super Manjaunsplash/JezaelMelgoza

Kalau adikmu mulai mengganggu dengan sikap manjanya, kamu selalu punya dua pilihan untuk menghadapinya. Pertama, kamu bisa menanggapi dengan emosi hingga berujung marah-marah kepada adikmu. Kedua, kamu bisa memilih untuk mengabaikannya saja.

Sebenarnya, sifat manja adikmu tersebut lahir karena mereka haus akan perhatian lebih dari orang-orang di sekitarnya. Terkadang, hal terbaik yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengabaikannya dan mengalokasikan energimu untuk hal lain yang lebih positif.

Baca Juga: 6 Kiat Menumbuhkan Jiwa Sportif pada Anak, Gak Perlu Takut Kalah!

3. Bicaralah baik-baik dengan adikmu! Katakan secara jujur bahwa perilakunya membuatmu tidak nyaman

Jangan Terbawa Emosi! Ini 5 Tip Mudah Menghadapi Adik Super ManjaPexels/Mentatdgt

Kala adik beranjak dewasa, kamu bisa mencoba beberapa pendekatan baru untuk berkomunikasi dengan adikmu. Carilah waktu di mana kalian bisa berbicara berdua secara langsung! Katakan bagaimana perasaanmu yang sebenarnya mengenai perilakunya itu.

Apabila kamu tak nyaman atau terganggu dengan sikap manja adikmu, maka beritahukan langsung padanya beserta alasannya. Jelaskan dengan lembut dan jangan pakai emosi, ya! Sebagai keluarga, adikmu pun setidaknya mencoba untuk memahami perasaanmu.

4. Belajarlah mengakrabkan diri dengan adikmu! Kamu mungkin bisa memahami sekaligus membantunya untuk berubah jadi lebih baik

Jangan Terbawa Emosi! Ini 5 Tip Mudah Menghadapi Adik Super ManjaPixabay.com/trevoykellyphotography

Selain berbicara langsung pada adikmu, kamu juga bisa belajar mengakrabkan dirimu dengannya. Mungkin kamu bisa membuat jadwal quality time khusus untuk adikmu. Kedekatan emosional antara saudara bisa terbangun jika kalian banyak meluangkan waktu yang menyenangkan bersama-sama.

Melalui hal ini, kamu bisa lebih memahami apa yang menjadi alasan adikmu bersikap super manja dibanding orang lain. Kamu pun bisa mencoba membimbingnya agar dapat berubah menjadi lebih baik secara perlahan.

5. Beritahu orangtua mengenai perilaku adikmu jika dianggap sudah keterlaluan atau melewati batas

Jangan Terbawa Emosi! Ini 5 Tip Mudah Menghadapi Adik Super ManjaPexels.com/Polina Zimmerman

Ketika semua cara di atas tidak berhasil dan sifat manja adikmu semakin menjadi-jadi, hal terakhir yang bisa kamu lakukan ialah dengan memberitahu orangtua kalian. Pada dasarnya, perilaku adikmu bukanlah sepenuhnya tanggung jawabmu.

Orangtua justru memiliki peran lebih besar dalam mengontrol sikap anak-anak mereka, tak terkecuali adikmu. Berdiskusilah dan bicarakan mengenai hal ini pada mereka, sehingga kalian bisa mencari solusi terbaik bersama-sama!

Itulah kelima hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi sifat super manja adikmu. Jangan lupa untuk selalu tenang dan teruslah berkomunikasi secara baik kepada adikmu atau orangtua jika memang diperlukan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Kakak Laki-laki yang Overprotektif, Jangan Dimarahi!

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya