Comscore Tracker

5 Tanda Anak Tumbuh di Lingkungan Keluarga Tidak Sehat

Jangan sampai sikap negatif orangtua menurun pada anak!

Mudah emosi, sering cemas, sulit menyampaikan pendapat, dan kepercayaan diri yang rendah adalah beberapa kualitas negatif sayangnya bisa diturunkan orangtua kepada anak.

Sifat egois dan tak acuh orangtua kepada anak memicu dampak besar pada perasaan anak. Konsekuensinya, anak mulai membenci diri sendiri, merasa diabaikan, dan bermasalah dengan kehidupan sosial mereka.

Nah, berikut adalah tanda-tanda bahwa kamu berada di lingkungan keluarga yang justru jadi penghambat kamu memperoleh masa depan cerah.

1. Sulit berinteraksi sosial dan mempercayai orang lain

5 Tanda Anak Tumbuh di Lingkungan Keluarga Tidak Sehatpexels.com/Elle Hughes

Saat anak dibesarkan dalam atmosfer tegang dan dipenuhi kekerasan mental, hal itu akan terus terbawa sepanjang hidupnya. Ada orangtua yang mungkin tidak bisa memberikan dukungan yang cukup untuk anaknya, sehingga anak akan sering mengalami situasi sulit yang harus dihadapi sendiri. Pada akhirnya, anak akan tumbuh dengan kesulitan bergaul, terbuka, dan mempercayai orang lain.

2. Sulit menerima kegagalan

5 Tanda Anak Tumbuh di Lingkungan Keluarga Tidak Sehatpexels.com/energipic.com

Anak yang dibesarkan dalam lingkungan toksik mungkin secara terus-terusan merasa tidak cukup baik atau tidak pantas dihargai. Orangtua mereka mungkin selalu meminta hal berlebihan dan menyalahkan mereka jika tidak sesuai dengan ekspektasi.

Pada dasarnya, mereka akan tumbuh sebagai pribadi yang kepercayaan dirinya rendah dan kurang menghargai diri sendiri. Oleh karena itu, kesalahan kecil atau kegagalan bisa memicu mereka stres dan meluapkan emosinya berlebihan.

Baca Juga: 9 Inspirasi Nama Anak Perempuan dari Film Harry Potter, Tahu Artinya?

3. Banyak menyalahkan diri sendiri

5 Tanda Anak Tumbuh di Lingkungan Keluarga Tidak Sehatpexels.com/Pixabay

Rendahnya penghargaan diri sendiri pada seorang anak cenderung diciptakan oleh orangtua yang buruk. Mereka membuat anak merasa bodoh, tak berharga, dan merasa tidak pantas memperoleh sesuatu yang lebih baik.

Akibatnya, hal apa saja yang anak kerjakan, mereka mengkritik diri sendiri, malu, dan tak percaya diri. Mereka seolah harus menerima bahwa mereka orang lain lebih baik darinya, yang justru membuat mereka menderita secara mental dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.

4. Selalu merasa diabaikan

5 Tanda Anak Tumbuh di Lingkungan Keluarga Tidak Sehatpexels.com/Pixabay

Jika seorang anak tidak diizinkan membuat keputusan sendiri, privasi mereka dilanggar, dan tidak merasa menjadi seorang yang independen, hal itu akan merusak kesehatan mental mereka. Mereka bisa menjadi seorang yang mudah cemas, takut memulai sesuatu yang baru, dan tidak bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan sosial.

5. Sering merasa khawatir

5 Tanda Anak Tumbuh di Lingkungan Keluarga Tidak Sehatpexels.com/Nick Demou

Anak yang berasal dari keluarga toksik sering mengidap gangguan kecemasan. Hal ini terjadi karena ketidakstabilan keluarga, perlakuan buruk pada fisik dan mental, dan kurangnya perlindungan. Anak dengan gangguan kecemasan sulit konsentrasi, sering gelisah, tampak kusut, dan tegang.

Pernahkah kaku menyadari tanda-tanda lingkungan tidak sehat dalam keluargamu? Pernahkah kamu mengalami tanda-tanda di atas?

Baca Juga: 5 Cara Mempersiapkan Anak Pertama Sebelum Adiknya Lahir

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You