Comscore Tracker

5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Anak

Tak hanya menggemaskan, tapi juga bermanfaat!

Bagi sebagian keluarga, memiliki hewan peliharaan mungkin dianggap merepotkan. Faktor kebersihan, kesehatan, maupun waktu dan energi yang diperlukan untuk melakukan perawatan merupakan beberapa alasan dan pertimbangan yang biasanya menimbulkan rasa enggan dalam memiliki hewan peliharaan.

Namun, terlepas dari berbagai perdebatan tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki hewan peliharaan juga memiliki dampak yang positif bagi keluarga, khususnya anak-anak. Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat memiliki hewan peliharaan bagi si kecil:

1. Melatih kebiasaan bertanggung jawab

5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi AnakUnsplash.com/@momhasapples

Memiliki hewan peliharaan tidak hanya menyenangkan untuk diajak bermain bersama, tetapi juga sekaligus mengajarkan rasa tanggung jawab pada anak. Anak akan belajar untuk mempunyai rasa kepemilikan dan disiplin lewat melakukan hal-hal seperti memberi makan, membersihkan kotoran, memandikan, ataupun mengajak jalan hewan peliharaan. 

2. Menimbulkan rasa peduli & ingin tahu

5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi AnakUnsplash.com/freestocks.org

Kedekatan hubungan antara anak dan hewan peliharaan juga dapat menimbulkan rasa sayang dan peduli. Dengan demikian, anak juga belajar bagaimana cara mengekspresikan kepeduliannya tersebut. Itulah mengapa biasanya anak yang memiliki hewan peliharaan juga cenderung lebih peka dan memperhatikan lingkungannya.

Tak hanya itu, rasa penasaran anak juga akan terangsang apabila memiliki hewan peliharaan. Sebagai contoh, si kecil akan belajar tentang gerak-gerik dan karakteristik hewan, habitat, jenis makanan, suara, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya dapat meningkatkan pengetahuan dan perkembangan kognitif anak.

3. Meningkatkan kesehatan fisik & mental

5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi AnakPixabay.com/Pezibear

Tidak disangka, memiliki hewan peliharaan ternyata bisa berdampak baik terhadap kesehatan. Hal ini dikarenakan adanya hewan peliharaan biasanya memicu pemiliknya untuk lebih aktif, berolahraga, dan menghirup udara segar. Anak-anak yang tadinya lebih sering berada di dalam rumah, menonton TV, atau bermain gadget kini dapat asyik berlarian dan bermain dengan hewan peliharaan di taman.

Organisasi kesehatan Amerika, CDC, juga menyebutkan bahwa penelitian menunjukkan adanya ikatan antara pemilik dan hewan peliharaannya terbukti dapat meningkatkan kebugaran, mengurangi kadar stres, dan membawa kebahagiaan. Beberapa manfaat kesehatan lainnya adalah mengurangi kolesterol, tekanan darah, serta menghilangkan rasa kesepian.

Baca Juga: 10 Hewan yang Paling Menderita karena Perubahan Iklim, Kasihan Banget!

4. Melatih dasar interaksi sosial

5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi AnakPixabay.com/Victoria_Borodinova

Anak-anak yang bisa memperlakukan hewan peliharaan dengan lembut dan penuh kasih sayang biasanya juga cenderung dapat berinteraksi secara lebih positif. Ini dapat terjadi karena memiliki hewan peliharaan merupakan kesempatan yang baik bagi anak untuk belajar berinteraksi dengan orang lain. Anak akan belajar bagaimana memperlakukan orang lain dengan lebih baik, apa yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan. Sehingga sedikit banyak, anak akan belajar tentang fondasi dan norma-norma dalam melakukan interaksi sosial.

5. Mengajarkan konsep kehidupan

5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi AnakUnsplash.com/@amjay_7

Bagi orangtua, mengajarkan anak mengenai konsep-konsep kehidupan seperti kelahiran dan kematian misalnya, merupakan suatu tantangan tersendiri. Bagaimana menjelaskan hal-hal yang cenderung sulit digambarkan tersebut kepada anak-anak yang sedang polos-polosnya? Nah, adanya hewan peliharaan mungkin dapat membantu untuk memberikan penjelasan dan contoh konkret mengenai konsep kehidupan kepada sang buah hati.

Ketika hewan peliharaan sedang mengandung, melahirkan, sakit, atau bahkan meninggal, anak-anak akan dapat melihat dan memahami mengenai berbagai tahapan dan fase kehidupan tersebut. Ini akan memberikan mereka pengalaman dan pemahaman mengenai kehidupan serta menyiapkan mereka secara emosional untuk siap menghadapi berbagai tantangan dalam fase kehidupan yang akan datang.

Itulah beberapa manfaat memiliki hewan peliharaan bagi sang buah hati. Bagaimana, tertarik? Jika ingin memiliki hewan peliharaan, jangan lupa untuk mendiskusikan serta mempertimbangkan terlebih dahulu jenis hewan yang cocok untuk keluarga, ya!

Baca Juga: 7 Pasang Hewan, Terlihat Mirip tapi Tak Sama, Kamu Tahu Bedanya?

Bertha Wilvensus Photo Writer Bertha Wilvensus

A passionate writer with huge interest in the field of education, books, and movies.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya