Comscore Tracker

7 Lagu Indonesia yang Pas Buat Merayakan Hari Ayah

Beri apresiasi pada bapak

Mungkin banyak dari kamu yang sudah familiar dengan Hari Ibu. Tetapi, bagaimana dengan Hari Ayah? Ternyata, di Indonesia juga ada perayaan untuk para bapak yang diperingati setiap tanggal 12 November.

Hari Ayah sendiri pertama kali diperingati pada tahun 2006 silam. Kala itu, deklarasi Hari Ayah Nasional dilakukan di Surakarta oleh PPIP (Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi) dengan semboyan 'Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya'.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengapresiasi sekaligus sebagai wujud sayang dan cinta kepada ayah, salah satunya lewat lagu. Berikut ini sederet lagu lokal yang mengusung tema ayah.

1. Ayah (Rinto Harahap)

https://www.youtube.com/embed/t1XEo5xjMlY

Jauh sebelum Hari Ayah Nasional dideklarasikan, Rinto Harahap, seorang pencipta lagu sekaligus penyanyi legendaris, sudah menerbitkan lagu berjudul 'Ayah' pada tahun 1982. Nomor ini sendiri menceritakan kerinduan seorang anak kepada ayahnya.

Musiknya yang sendu serta liriknya yang mendayu-dayu merupakan magnet dari lagu ini. Saking ajaibnya, tembang ini seolah gak lekang oleh waktu. Di milenium ketiga, banyak yang membawakan ulang nomor ini, termasuk Peterpan feat. Candil.

2. Titip Rindu Buat Ayah (Ebiet G. Ade)

https://www.youtube.com/embed/Gbju_xMbJko

Solois legendaris lainnya, Ebiet G. Ade, juga sempat merilis lagu bertema ayah. Berjudul 'Titip Rindu Buat Ayah', tembang ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1980 silam dan terdapat dalam album 'Camelia 4'.

Konon terinspirasi dari hubungan yang kurang harmonis antara Ebiet dengan sang ayah, lagu ini tampil sederhana sekaligus cantik. Hingga saat ini, 'Titip Rindu Buat Ayah' masih tercatat sebagai nomor legendaris yang pernah dinyanyikan Ebiet.

Baca Juga: 9 Hadiah Menarik yang Bisa Kamu Berikan pada Hari Ayah Nanti

3. Ayah (Koes Plus)

https://www.youtube.com/embed/63hjGmPOWkM

Sering disebut sebagai The Beatles-nya Indonesia, Koes Plus memang punya banyak karya yang terus terkenang hingga saat ini. Salah satu lagu yang cukup menyentuh dan mengharukan adalah 'Ayah' yang dirilis sekitar medio 1970-an.

Lirik lagu ini bercerita tentang kekaguman sekaligus kerinduan seorang anak kepada ayahnya.

Ayah/ceritakan kembali/riwayat yang indah waktu dahulu/Ayah/ku takkan bosan mendengar/riwayat/waktu kau muda perkasa....

4. Yang Terbaik Bagimu (ADA Band feat. Gita Gutawa)

https://www.youtube.com/embed/M3MY4xV6MBw

Sempat vakum karena ditinggal Baim, ADA Band kembali menyapa pencinta musik Indonesia dengan vokalis baru, Donnie Sibarani, pada tahun 2003 lewat album 'Metamorphosis'.

Setahun kemudian, mereka merilis 'Heaven of Love' yang memuat 12 lagu, salah satunya 'Yang Terbaik Bagimu'. Lewat nomor ini, selain punya lagu gacoan untuk sang ayah, publik juga diperkenalkan dengan penyanyi cantik, Gita Gutawa.

5. Ayah (Seventeen)

https://www.youtube.com/embed/ym965r7ekIg

Lagu ini terdapat dalam album studio ketiga Seventeen, yakni 'Lelaki Hebat', yang diluncurkan pada tahun 2008. Paket ini sendiri mengandalkan 'Selalu Mengalah', 'Untuk Mencintaimu', dan 'Lelaki Hebat' sebagai single utama.

Selain tiga lagu tersebut, ternyata lagu 'Ayah' juga disuka banyak pendengar, karena punya lirik yang menyentuh. Dengan alasan tersebut, akhirnya band ini meluncurkan video klip 'Ayah' pada tahun 2013 lalu.

6. Ayah (Laoneis Band)

https://www.youtube.com/embed/uQSIUOkve0M

Dua adik kakak ini sempat membikin heboh media sosial dalam negeri dan menjadi perbincangan di dunia maya. Lagu berjudul 'Ayah' yang mereka nyanyikan sanggup mengiris hati banyak pendengar, terutama bagi yang sudah ditinggal pergi ayahnya.

Suasana yang ditampilkan nomor ini memang sangat syahdu. Mengisahkan rasa rindu seorang anak terhadap orang tuanya yang berasal dari keluarga sederhana. Bahkan, video klipnya sudah ditonton lebih dari 1,8 juta kali di YouTube.

7. Tentang Rindu (Virzha)

https://www.youtube.com/embed/75aBKInkybs

Di balik tongkrongannya yang macho abis, dengan rambut gondrong, Di Muhammad Devirzha ternyata punya sisi melankolis yang gak boleh diremehkan. Simak saja lagu 'Tentang Rindu' yang diluncurkan pada tahun 2018 kemarin.

Secara lirik, lagu ini menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap sosok ayahnya. Virzha sendiri memang mendedikasikan nomor ini untuk papanya yang telah mengajari dan membesarkannya.

Nah, itu tadi deretan tembang lokal yang pas banget didengarkan ketika kamu merayakan Hari Ayah. Doakan terus ayahmu, ya!

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Supaya Ayah Bisa Lebih Dekat dengan Anak-anaknya

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya