Comscore Tracker

Jangan Emosi, Lakukan 5 Hal Ini Saat Orang Tua Ikut Campur Urusanmu

Semuanya bisa diselesaikan tanpa perlu emosi, kan?

Sebagai seorang anak, wajar rasanya jika kebanyakan dari kita terkadang merasa gak ingin diatur oleh orang tua. Namun, sebagai orang tua, wajar juga dong kalau mereka ingin kita gak terjebak dalam pilihan hidup yang salah. Makanya, seringkali orang tua kita ikut campur dalam apapun aspek kehidupan kita yang bukan gak mungkin membuat kita risih dan kesel abis.

Sayangnya, banyak anak yang merasa emosi karena merasa orang tuanya gak berhak banget untuk mengurusi hidupnya. Eits, sebelum mulai meluapkan perasaan marah itu dan nantinya jadi merasa bersalah, coba deh lakukan dulu 5 hal ini pada orang tuamu.

1. Mereka hanya ingin yang terbaik, pikirkanlah saran mereka dengan lebih bijak

Jangan Emosi, Lakukan 5 Hal Ini Saat Orang Tua Ikut Campur Urusanmuunsplash/Kyle Broad

Sebelum kamu mulai mengajak bicara orangtuamu, kamu perlu duduk sendiri dan memikirkan hal ini baik-baik. Yaitu, bahwa orang tua sejatinya hanyalah ingin yang terbaik untuk anak-anaknya. Selain itu, mereka juga punya pengalaman hidup yang lebih banyak maka mungkin mereka tidak ingin anaknya melakukan kesalahan seperti yang mereka lakukan dulu.

2. Singkirkan egomu dan cobalah berpikir dari sudut pandang mereka

Jangan Emosi, Lakukan 5 Hal Ini Saat Orang Tua Ikut Campur Urusanmupexels/Kha Ruxury

Setelah meyakinkan diri dengan poin pertama tadi, kemudian kamu juga perlu menyingkirkan jauh-jauh ego yang ada dalam dirimu. Cobalah melihat segala hal dari sudut pandang mereka. Dengan begini, kamu akan lebih menyadari betapa yang mereka lakukan selama ini mungkin ada benarnya.

3. Ajak mereka untuk berdiskusi dengan hati dan pikiran yang tenang

Jangan Emosi, Lakukan 5 Hal Ini Saat Orang Tua Ikut Campur Urusanmuchapterscapistrano.com

Nah, jika kamu sudah bisa menjadi lebih dewasa dengan menyingkirkan egomu sendiri, saatnya kamu berdiskusi dengan kedua orangtuamu. Ajak mereka untuk mendengar pendapatmu dan kamupun harus mau mendengar pendapat mereka. Ingat, gak usah pakai nada tinggi ya. 

Baca Juga: 5 Cara Jitu Memperoleh Lampu Hijau dari Orangtua Pasangan

4. Utarakan dengan jelas maksud dan tujuanmu, gunakan kata-kata yang singkat padat dan jelas

Jangan Emosi, Lakukan 5 Hal Ini Saat Orang Tua Ikut Campur Urusanmubustle.com

Saat mengungkapkan pikiranmu, gunakan kata yang jelas. Mungkin, selama ini yang terjadi pada kalian adalah kesalahpahaman karena kalimat yang tidak jelas. Hal ini bukan gak mungkin terjadi, terutama kalau kamu sendiri gak pernah bicara dengan jelas pada orang tuamu.

5. Ambil keputusan akhir dengan tetap melibatkan dan mempertimbangkan mereka

Jangan Emosi, Lakukan 5 Hal Ini Saat Orang Tua Ikut Campur Urusanmurollinggreenvillage.com

Setelah semua diskusi panjang yang mungkin gak bisa dibilang sebentar, keputusan akhir harus dibuat. Tapi sekali lagi ingat, kamu gak boleh memaksakan egomu sendiri saja. Orangtuamu harus tetap kamu libatkan dan kamu pertimbangkan saat mengambil hasil akhir dari diskusi tersebut. 

Jadilah anak yang gak cuma memaksakan kehendak sendiri tapi juga tau cara menempatkan orang tua dalam pengambilan keputusan hidupmu. Ingatlah jasa mereka yang bahkan mungkin selama ini terlupakan begitu saja olehmu.

Baca Juga: Biar Gak Nyesel, Jangan Lakukan 7 Kesalahan Ini Saat Jadi Orangtua

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya