Comscore Tracker

5 Kemungkinan Masalah Rumah Tangga yang Harus Kamu Hadapi

Persiapkan diri sedari awal! #IDNTimesLife

Jatuh cinta berulang kali pada orang yang sama dan menikmati masa-masa indah mungkin akan kamu rasakan di awal pernikahan. Hari-hari terasa begitu berbunga-bunga dan dipenuhi oleh kebahagiaan. Namun, itu semua gak berlangsung selamanya. 
Bukan menakut-nakuti, tapi begitulah faktanya. Rumah tangga yang dibangun pasti akan diuji oleh beberapa masalah. Bukan gak baik, ini justru jadi pertanda bahwa hubungan kalian akan naik tingkat. 

Masalah yang muncul gak akan sama antara pasangan satu dan yang lainnya. Dan solusinya tentu harus dicari bersama pasangan masing-masing. Ini nih lima gambaran umum permasalahan yang mungkin akan muncul dalam rumah tangga. 

1. Masalah ekonomi entah saat kurang ataupun lebih

5 Kemungkinan Masalah Rumah Tangga yang Harus Kamu Hadapiilustrasi orang berdebat (pexels.com/Mikhail Nilov)

Masalah ekonomi adalah sebuah masalah yang paling sering terjadi dalam rumah tangga. Terutama buat pasangan muda yang belum punya pekerjaan tetap dan memulai semuanya dari awal. Gak cuma saat kekurangan, masalah ekonomi juga bisa menyerang pasangan yang berkelebihan. 

Yang terpenting adalah terus berkomunikasi dengan pasangan untuk mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah keuangan ini. 

2. Masalah dari keluarga, baik pihak suami ataupun istri

5 Kemungkinan Masalah Rumah Tangga yang Harus Kamu Hadapiilustrasi keluarga (pexels.com/August de Richelieu)

Konflik juga bisa datang dari pihak keluarga, entah itu keluarga suami, ataupun istri. Masalah ini bisa dalam bentuk apa aja, seperti mereka terlalu ikut campur, terlalu banyak menuntut, sering membanding-bandingkan dengan saudara yang lain, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: 5 Motivasi Keliru Saat Membangun Rumah Tangga, Ubah Dulu Yuk!

3. Masalah anak atau keturunan

5 Kemungkinan Masalah Rumah Tangga yang Harus Kamu Hadapiilustrasi orangtua dan anak (Pexels.com/August de Richelieu)

Belum dikaruniai keturunan bisa jadi masalah dalam rumah tangga. Begitu pula jika diberi keturunan yang terlalu banyak hingga gak bisa memberi nafkah yang cukup. Masih banyak pula contoh masalah lain yang bisa muncul dari anak. 

Seperti misalnya anak yang sakit-sakitan atau secara fisik kurang sempurna. Masalah ataupun ujian seperti ini akan bisa dilalui jika kamu dan pasangan terus saling mendukung dan bekerja sama. 

4. Masalah dalam hal kesetiaan

5 Kemungkinan Masalah Rumah Tangga yang Harus Kamu Hadapiilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/cottonbro)

Bukan hanya mereka yang sudah mengarungi rumah tangga selama bertahun-tahun aja, pasangan muda pun banyak juga nih yang diuji dalam hal kesetiaan. Hadirnya orang ketiga bisa menjadi pemicu masalah besar yang berujung perpisahan. Makanya, masalah satu ini menjadi hal yang paling dicemaskan oleh banyak pasangan. 

5. Sifat, karakter, atau fisik pasangan yang mengalami perubahan

5 Kemungkinan Masalah Rumah Tangga yang Harus Kamu Hadapiilustrasi orang bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Perubahan adalah sesuatu yang gak bisa kita hindari. Begitu pun oleh kita dan pasangan. Setelah sekian lama bersama, tentu akan ada yang berubah. Sifat pasangan yang dulu mungkin romantis, perhatian, dan penuh kasih sayang, bisa aja berubah seiring waktu.
Fisik pun juga begitu, dia yang dulu menarik dengan berat badan ideal, wajah yang bersinar dan rupawan, mungkin akan berubah menjadi sosok yang benar-benar berbeda setelah sekian tahun bersama. Dan ini bisa banget menimbulkan masalah dalam rumah tangga. 

Permasalahan memang gak bisa kita hindari. Apa pun bentuknya, masalah akan selalu datang dan harus siap kita hadapi. Dalam rumah tangga, masalah akan bisa terlewati dengan mudah selama kedua pihak saling bekerja sama untuk mencari solusinya. Siap, kan? Harus siap!

Baca Juga: 5 Kerugian Punya Pasangan yang Tak Bisa Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya