Comscore Tracker

Lelah secara Emosi? Ini 5 Tanda Tersirat yang Sering Diabaikan

#IDNTimesLife Pola tidurmu suka terganggu?

Mengalami rasa lelah tentu wajar dialami oleh siapa saja. Termasuk jika kita lelah secara emosi sekalipun. Yang penting, kita harus peka dengan kelelahan yang satu ini karena dia gak bisa terlihat secara kasat mata seperti lelah fisik yang sering kita alami. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kelelahan satu ini karena gak berdampak secara nyata.

Padahal, jika terus menerus dibiarkan, kelelahan emosi bisa banget lho merugikan diri sendiri dan orang lain. Pastinya, dampaknya gak cuma sebentar dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Sebelum berlarut-larut, yuk kenali tanda kelelahan emosi berikut ini.

1. Kamu tiba-tiba gak berminat sama hal-hal yang kamu sukai

Lelah secara Emosi? Ini 5 Tanda Tersirat yang Sering Diabaikanunsplash.com/Mikail Duran

Kehilangan minat secara tiba-tiba sama hal-hal yang semula kamu sukai bisa menjadi pertanda awal bahwa kamu mengalami kelelahan secara emosi. Kamu sudah gak bisa menikmati momen yang awalnya membuat kamu merasa bahagia. Bahkan, dalam sekejap kamu merasa semua itu begitu membosankan dan melelahkan.

2. Kamu jadi sering marah dan juga sangat sensitif

Lelah secara Emosi? Ini 5 Tanda Tersirat yang Sering Diabaikanpexels.com/Karolina Grabowska

Orang yang lelah secara emosi bisa dipastikan akan menjadi sangat sensitif. Gak cuma itu, mereka juga cepat dan sering banget marah. Jika kamu merasakan perubahan semacam ini akhir-akhir ini, maka sepertinya emosi mu perlu untuk diistirahatkan sebentar. Cobalah untuk relaks atau melakukan kegiatan yang bisa bikin kamu santai dan merasa tenang.

3. Merasa kosong atau hampa

Lelah secara Emosi? Ini 5 Tanda Tersirat yang Sering Diabaikanunsplash.com/whoislimos

Seringkali, kita gak sadar bahwa emosi kita tengah kelelahan. Tapi, jika kamu sering merasa kosong dan hampa seolah gak ada apa pun yang berarti di dunia ini, bisa jadi emosimu sedang lelah, guys. Kamu mungkin sudah terlalu sering disakiti, dikhianati atau juga dibohongi sehingga gak ada lagi yang bisa benar-benar membuat kamu merasakan pergolakan emosi.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Berdampak Negatif pada Kesehatan Mental

4. Kehilangan motivasi untuk melakukan banyak hal

Lelah secara Emosi? Ini 5 Tanda Tersirat yang Sering Diabaikanunsplash.com/Vittore Buzzi

Lelah secara emosi juga akan berpengaruh pada motivasi atau semangat hidupmu. Kamu jadi gak ingin melakukan apa-apa dan seperti robot yang melakukan kegiatan sehari-hari tanpa perasaan. Hayo, temukan lagi semangat yang sempat hilang itu ya, guys.

5. Pola tidur yang terganggu

Lelah secara Emosi? Ini 5 Tanda Tersirat yang Sering Diabaikanunsplash.com/Kalegin Michail

Tanda yang paling jelas ketika kamu merasa kelelahan secara emosi adalah pola tidur yang jadi terganggu. Entah itu kamu jadi gak bisa tidur, atau kamu jadi sering banget tidur. Yang pasti, kamu gak benar-benar bisa memiliki tidur yang berkualitas berapa jam pun kamu terlelap. 

Kelelahan secara emosi bisa memengaruhi kehidupan dengan cukup signifikan, lho. Makanya, jangan mengabaikan tanda-tandanya jika kamu sudah merasakannya sejak awal. Kenali dirimu lebih jauh lagi dari sekarang ya. Apakah kamu sedang kelelahan secara emosi?

Baca Juga: Bukan Fisik, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan secara Psikis!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya