Comscore Tracker

6 Cara Hindari Goresan Pada Panci Kesayanganmu, Gampang Banget!

Cocok banget buat kamu yang demen masak

Seperti namanya, non stick frying pan banyak digunakan karena menghindari makanan yang dimasak menempel pada panci. Perbedaan yang paling mencolok antara non stick frying pan dengan panci yang biasa adalah warna hitam yang menyelimuti permukaan panci. Sayangnya jika tidak dijaga baik-baik, permukaan panci mudah tergores sehingga kehilangan kemampuannya untuk memasak makanan tanpa menempel pada panci.

Biar gak kejadian pada pancimu di dapur, inilah enam cara untuk menghindari panci tergores dan rusak:

1. Cara penyimpanan yang tepat

6 Cara Hindari Goresan Pada Panci Kesayanganmu, Gampang Banget!pinterest.com

Permukaan panci tidak hanya dapat tergores dan rusak karena makanan yang dimasak di atasnya, jika tidak disimpan dengan benar permukaan panci juga dapat tergores dengan panci-panci yang diletakkan di atasnya. Idealnya, panci disimpan dengan cara digantung dan ruang yang cukup di antara panci satu dengan yang lainnya. Alternatif penyimpanan yang lain adalah dengan menumpuk, namun jangan lupa untuk menggunakan tissue atau handuk kecil di antara dua panci sehingga permukaan panci tidak tergesek dan terkelupas.

2. Dijadikan sebagai wadah makanan

6 Cara Hindari Goresan Pada Panci Kesayanganmu, Gampang Banget!standard.co.uk

Karena malas mencuci piring, beberapa dari kita menggunakan panci sebagai tempat penyimpanan makanan atau bahkan makan langsung dari panci. Hentikan sekarang juga kebiasaan buruk ini! Menyimpan makanan pada panci membuat makanan memiliki rasa metalik dan merusak permukaan panci. Selalu gunakan wadah yang tepat untuk menyimpan makanan dan jangan malas untuk mencuci piring.

3. Jangan gunakan cooking spray

6 Cara Hindari Goresan Pada Panci Kesayanganmu, Gampang Banget!aircookers.com

Hindari pengunaan cooking spray karena mengandung lesitin yang biasanya terkandung dalam keledai. Menggunakan cooking spray terus-menerus akan menumpuk residu lesitin yang tidak dapat dihilangkan. Pengguna non-stick pan disarankan untuk tidak menggosok panci terlalu kasar karena lapisan anti lengket pada panci mudah rusak.

Baca Juga: 10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin Mudah

4. Cara membersihkan yang tepat

6 Cara Hindari Goresan Pada Panci Kesayanganmu, Gampang Banget!tasteofhome.com

Karena lapisan anti lengket pada panci mudah terkoyak maka dari itu ada cara tertentu untuk membersihkan panci. Cuci panci dengan tangan dan hindari pemakaian dish washer. Campurkanlah baking soda dan air sehingga membentuk pasta dan gunakanlah campuran ini untuk membersihkan panci. Jika masih tertinggal bekas kotoran pada panci, gunakanlah spons dan hindari menggunakan sikat yang terbuat dari besi.

Sebisa mungkin hindari penggunakan sabun pencuci piring, namun jika terpaksa, pilihlah sabun yang lembut agar mengurangi gesekan pada lapisan anti lengket pada panci.

5. Hindari makanan yang mengandung asam

6 Cara Hindari Goresan Pada Panci Kesayanganmu, Gampang Banget!floandgrace.com

Sayangnya permukaan anti lengket pada panci sangat mudah rusak, karena itulah hindari menggunakan non stick pan untuk memasak makanan yang mengandung asam seperti tomat dan lemon. Karena asam yang terkandung pada makanan mengelupas lapisan anti lengket lebih cepat.

6. Hindari api yang besar

6 Cara Hindari Goresan Pada Panci Kesayanganmu, Gampang Banget!thenypos.com

Pada umumnya non stick frying pan dibuat untuk menerima suhu api yang rendah dan sedang saja. Memasak menggunakan non stick frying pan pada suhu api yang tinggi akan mengurangi keefektivitas lapisan anti lengket pada panci.

Nah, itu dia 6 cara hindari goresan pada panci kesayanganmu! Biar koleksi pancimu tetap awet dan gak perlu sering-sering beli.

Baca Juga: 7 Tips Tata Ruang Dapur Agar Sahur dan Berbuka Makin Praktis

Nathasia Photo Verified Writer Nathasia

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya