Comscore Tracker

5 Film Animasi Ini Mengajarkan Anak untuk Bijak Mengambil Keputusan

Tidak hanya jadi tontonan saja

Dewasa ini film animasi tak lagi berperan sebagai tontonan bagi pemirsa semata. Selain sebagai hiburan yang memanjakan mata, rupanya film animasi menyimpan sejuta pelajaran bagi para penikmatnya.

Tak terkecuali bagi anak-anak. Selain penggambaran yang menarik didukung visual yang menghibur, 5 film animasi ini ternyata memberikan anak motivasi loh untuk mengambil keputusan sendiri. Yuk, simak!

1. The Good Dinosaur

5 Film Animasi Ini Mengajarkan Anak untuk Bijak Mengambil Keputusanthumbor.forbes.com

Film garapan Pixar Animations Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures ini menceritakan tentang seorang anak dinosaurus bernama Arlo. Sejak lahir, Arlo berbeda dengan dua saudaranya. Dia memiliki ketakutan berlebih pada segala hal. Hingga suatu hari, saat sang ayah meninggal, Arlo dihadapkan pada sebuah petualangan luar biasa yang mau tidak mau harus dia hadapi bersama seorang teman manusia.

Disutradari oleh Peter Sohn dan di tulis oleh Meg LeFauve (ide dari Bob Peterson), film ini sukses mengajarkan anak agar tidak takut melakukan hal baru. Karena hal baru tentu akan menjadikan anak memahami hal-hal yang belum pernah dia tahu sebelumnya dan itu akan menciptakan pengalaman mengesankan bagi si anak.

2. Moana

5 Film Animasi Ini Mengajarkan Anak untuk Bijak Mengambil Keputusanwww.cartoonbrew.com

Moana adalah sebuah film keluaran Walt Disney Animation Studios yang bergenre Musical Fantasi.

Berkisah tentang seorang putri kepala desa bernama Moana yang berani mengarungi lautan demi mencari Maui, seorang dewa setengah manusia agar bisa mengembalikan jantung dewi pulau bernama Te Fiti. Menolong warga serta pula tempat tinggalnya yang sedang krisis.

Film yang diperankan oleh Auli'i Cravalho sebagai Moana dan Dwyne Johnson sebagai Maui, ini sukses sukses memberikan kesan pada anak-anak untuk tidak takut menghadapi hal di luar sana meski terlihat menyeramkan.

3. Brave

5 Film Animasi Ini Mengajarkan Anak untuk Bijak Mengambil Keputusancdn1.thr.com

Dari judulnya saja sudah bisa ditebak  kalau film ini adalah film yang menceritakan tentang keberanian.

Film yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios ini rilis pada Juni 2012 lalu. Didubbing oleh Kelly Macdonald sebagai Merida, film yang berlatar di Skotlandia ini mengisahkan tentang seorang putri raja bernama Merida yang gemar memanah dan sangat suka bertualang.

Sampai suatu hari, orang tuanya Raja Fergus dan Ratu Ellinor mengadakan sayembara untuk memilih calon suami Merida. Tak terima hal itu, Merida pun berjuang keras untuk melawan tradisi yang dirasa sangat mengekang kehendaknya. Sampai akhirnya dia bertemu dengan seorang penyihir yang mengubah seluruh takdirnya.

Meski film ini dianggap terdapat sedikit unsur pembangkangan, tapi film yang di sutradarai oleh Brenda Chapman ini sukses memberikan pelajaran untuk anak agar dia berani menyampaikan pendapatnya. Berani membuktikan bahwa "saya pasti bisa".

Baca Juga: 8 Franchise Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa

4. Spirited Away

5 Film Animasi Ini Mengajarkan Anak untuk Bijak Mengambil Keputusanwww.4usky.com

Film animasi yang ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki, ini mengisahkan tentang petualangan gadis bernama Chihiro yang tersesat di dunia gaib bersama orangtuanya. Setelah orangtuanya berubah menjadi babi, Chihiro yang dibantu seorang misterius bernama Haku, harus berjuang keras agar bisa keluar dari dunia tersebut.

Meski bertema agak berat, tapi percayalah, jika film buatan Studio Ghibli yang memenangkan penghargaan Oscar untuk kategori film animasi terbaik, ini cocok ditonton anak-anak. Mengajarkan anak bagaimana bertindak agar tidak gegabah. Serta harus menjaga sikap dan sopan santun di mana pun berada.

5. Balto

5 Film Animasi Ini Mengajarkan Anak untuk Bijak Mengambil Keputusancdn.akc.org

Di adopsi dari kisah nyata yang di ceritakan oleh Miriam Margoyles, terjadi pada 1925 silam, film yang rilis pada 1995 ini sukses menjadi film animasi sepanjang masa.

Film ini menceritakan tentang seekor anjing bernama Balto yang harus berjuang bersama kawan-kawannya demi menjemput vaksin difteri untuk menyelamatkan anak-anak di kota Nome, Alaska yang tengah sekarat. Meski sempat terjebak di tengah badai salju, namun akhirnya Balto berhasil membawa kawan-kawannya pulang dengan vaksin itu.

Nyawa anak-anak di kota Nome berhasil di selamatkan. Balto yang tadinya di benci karena seekor anjing keturunan serigala, akhirnya diberi penghargaan. Bahkan tubuh anjing bernama lengkap Samuel Balto ini, kini disimpan di Museum Sejarah Alam Cleveland

Selain keberanian, film besutan sutradara Simon Wells ini juga mengajarkan pada anak agar memiliki solidaritas terhadap teman. Mengayomi dan juga memiliki jiwa tanggung jawab dalam memimpin.

Nah itulah 5 film animasi yang bisa jadi panutan anak untuk bersikap bijak dalam mengambil keputusan. Sudah jadi tanggung jawab kita sebagai orang dewasa untuk lebih mempertimbangkan tontonan yang baik untuk anak-anak.

Baca Juga: 5 Film Animasi Dinosaurus Terbaik yang Ceritanya Seru Abis

Devian Dimara Photo Writer Devian Dimara

Tetaplah membaca agar bisa menulis dan tetaplah menulis agar bisa membaca.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya