Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini supaya Anak Belajar Mandiri, Biasakan Sejak Dini!

Menjadi orangtua bijak itu wajib

Buah hati adalah penyemangat hidup yang paling berarti. Begitu mencintainya, kadang membuat kita lupa kalau dia kelak akan tumbuh dan harus melakukan segala sesuatunya sendiri. Kita justru tanpa sadar membuat dia jadi manja karena selalu melakukan segala hal yang dia inginkan. Ternyata, hal ini tidak baik.

Jika ingin anakmu belajar mandiri, cobalah lima cara ini supaya sifat manjanya hilang dengan perlahan. Yuk, simak!

1. Bantu setengah pekerjaannya

Lakukan 5 Hal Ini supaya Anak Belajar Mandiri, Biasakan Sejak Dini!Reference.com

Jangan mengambil alih pekerjaan yang harusnya dia kerjakan sendiri, meski dia meminta. Namun, bantulah setengah pekerjaannya. Hal itu akan mengajarinya dengan perlahan kalau dia harus menerima tanggung jawab akan pekerjaannya.

2. Memberi pujian saat dia berhasil melakukan sendiri pekerjaannya

Lakukan 5 Hal Ini supaya Anak Belajar Mandiri, Biasakan Sejak Dini!www.chesapeakefamily.com

Pujilah anakmu saat dia berhasil melakukan pekerjaan yang kamu berikan. Dia akan merasa dihargai sehingga memicu dirinya untuk bersemangat jika diberikan pekerjaan lagi lain kali.

Baca Juga: Wow! Tanpa Harus Bersikap Keras, Ini Cara Orang Jerman Mendidik Anak Mereka!

3. Menasihatinya saat berbuat kesalahan

Lakukan 5 Hal Ini supaya Anak Belajar Mandiri, Biasakan Sejak Dini!tparentsv2.blob.core.windows.net

Kesalahan bisa terjadi pada siapa pun, termasuk anak yang baru belajar melakukan hal yang tak biasa dia lakukan sendiri. Berilah dia nasihat agar dia tidak patah semangat dan menjadikannya pembelajaran.

4. Jangan membentaknya jika dia tak mau mengerjakan apa yang kamu minta

Lakukan 5 Hal Ini supaya Anak Belajar Mandiri, Biasakan Sejak Dini!slate.com

Membentak bukanlah solusi untuk suatu masalah. Begitu pun saat anak tak mau melakukan apa yang kamu suruh. Biarkanlah dia sejenak. Itu karena mungkin dia sedang lelah atau ingin istirahat. Jika sudah, kamu bisa memintanya kembali, tentu dengan cara yang halus.

5. Berilah dia pengertian

Lakukan 5 Hal Ini supaya Anak Belajar Mandiri, Biasakan Sejak Dini!hips.hearstapps.com

Ini adalah hal yang paling penting saat kamu ingin anakmu belajar mandiri. Berilah dia pengertian kalau dia memang harus melakukannya. Sebab, dia akan tumbuh dan melakukan semuanya sendiri saat dewasa kelak. Dia juga tidak bisa selamanya bergantung pada orang lain karena itu akan membuat orang lain susah.

Itulah lima cara agar anakmu bisa belajar mandiri. Sebagai orang tua, kita memang wajib memberikan kasih sayang pada buah hati, tapi jangan sampai kasih sayang itu justru membuat anak menjadi manja dan bergantung padamu terus-menerus. Semoga berhasil!

Baca Juga: Cara Mengasuh Anak ala Orangtua Korea yang Positif Dicoba Millennials

Devian Photo Community Writer Devian

Tetaplah membaca agar bisa menulis dan tetaplah menulis agar bisa membaca.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You