Comscore Tracker

Lakukan 6 Hal Ini Agar Anak Tak Menganggapmu Pilih Kasih

#PanjatPoin Jangan biarkan anakmu berpikir kamu pilih kasih

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Tak terkecuali saat hadir anak berikutnya yang akan menjadi saudara si anak sulung. Tak jarang, karena terlalu sibuk dengan si kecil, orang tua jadi lalai dengan hak anak sulung yang sejatinya masih haus kasih sayang.

Hal ini kadang memicu pikiran si anak sulung yang menganggap orang tuanya pilih kasih karena selalu mengedepankan adiknya. Lalu bagaimana sih, sikap orang tua yang sebenarnya harus di hindari agar si sulung tidak memiliki pandangan pilih kasih? Yuk simak!

1. Sering menanyakan keadaannya

Lakukan 6 Hal Ini Agar Anak Tak Menganggapmu Pilih Kasihwww.understood.org

Kamu mungkin tidak tahu jika dia merasa tak nyaman jika tidak bertanya. Sebab, saat anak sulung merasa tak lagi di pedulikan, dia akan cenderung diam. Maka tugasmu adalah sering menanyakan keadaannya apakah dia baik-baik saja jika kamu melakukan ini dan itu, atau dia ternyata kurang nyaman.

2. Luangkan waktu saat si adik tidur

Lakukan 6 Hal Ini Agar Anak Tak Menganggapmu Pilih Kasihhips.hearstapps.com

Ini adalah waktu terbaik setelah hadirnya si adik untuk kalian berdua bisa dekat. Saat si adik tidur, cobalah luangkan waktu untuk sekadar menemani dia bermain atau mendampinginya belajar. Meskipun sebentar, hal ini tentu akan berarti baginya dan dia akan berpikir kalau semua tidak ada yang berubah.

3. Belikanlah juga dia saat si adik membeli sesuatu

Lakukan 6 Hal Ini Agar Anak Tak Menganggapmu Pilih Kasihimages.newsie.co.nz

Ini terlihat sepele tapi paling terasa baginya. Jika kamu membelikan si adik benda baru, maka belikanlah dia benda baru juga meskipun harganya lebih murah atau hanya sebagai penyeimbang. Hal ini agar dia tidak merasa tak lagi di anggap karena posisinya di gantikan oleh si adik.

Baca Juga: Penelitian Ini Buktikan Orangtua Cenderung Pilih Kasih Terhadap Anak

4. Mengingatkannya akan hal-hal kecil

Lakukan 6 Hal Ini Agar Anak Tak Menganggapmu Pilih Kasihhips.hearstapps.com

Mengingatkan dia untuk mengerjakan pr atau mandi adalah hal biasa saja. Tapi dia akan beranggapan kalau kamu masih memperhatikannya meski hanya sekadar mengingatkan hal-hal kecil.

5. Tetap sapa dia meski sibuk

Lakukan 6 Hal Ini Agar Anak Tak Menganggapmu Pilih Kasihi2-prod.irishmirror.ie

Di pagi hari sebelum berangkat sekolah, kamu bisa menyempatkan menciumnya atau menasihatinya meskipun kamu sibuk dengan urusan si adik. Itu tandanya kamu adalah ibu adil karena tetap bisa memenuhi kebutuhan batinnya yang memang memerlukan sosok ibu untuk semangatnya di awal hari.

6. Jangan abaikan saat dia menceritakan masalahnya

Lakukan 6 Hal Ini Agar Anak Tak Menganggapmu Pilih Kasihhips.hearstapps.com

Jadilah pendengar yang baik saat dia menceritakan masalahnya dengan panjang lebar. Meski kamu sudah lelah dengan si adik, jangan pernah abaikan dia. Dengan cara itu, dia akan tahu kalau kamu tetap bisa menjadi tumpuan baginya meskipun kamu memiliki adik yang harus kamu urus.

Itulah 6 hal yang perlu kamu lakukan agar anak-anakmu tidak berpikir jika orang tuanya pilih kasih.

Baca Juga: Luangkan Waktu untuk Orang Terkasih Secara Adil, Bukti Bahwa Kamu Tidak Pilih Kasih

Devian Dimara Photo Writer Devian Dimara

Tetaplah membaca agar bisa menulis dan tetaplah menulis agar bisa membaca.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya