Comscore Tracker

7 Tanda Ini Bukti Orangtua Kamu Bersikap Narsistik

Gerak gerik buah hati jadi terbatas

Anak adalah harta berharga dalam sebuah keluarga. Tunas baru yang kelak akan menjadi generasi pengganti kedua orangtua mereka. Perlunya mendidik anak dengan cara-cara yang tepat jadi bekal baik untuk tumbuh kembang mereka. Mengarahkan dan memberi petuah adalah salah satu bagian penting.

Namun, seringkali kita mendapati orangtua yang begitu ketat mengatur anaknya dalam segala aspek. Tidak ada yang salah akan hal itu. Tapi, jika melampaui batas wajar maka bisa jadi orangtua macam itu termasuk dalam kategori narsistik. Seperti apa ciri-ciri orangtua narsistik itu?

1. Umbar rasa sayang di depan umum hanya untuk dapat pengakuan

7 Tanda Ini Bukti Orangtua Kamu Bersikap Narsistikimdb.com

Cinta orangtua pada anaknya merupakan sebuah hal yang wajar dan baik. Keharmonisan antara keduanya menimbulkan chemistry untuk hubungan. Ungkapan rasa sayang orangtua bisa dilakukan di mana saja dan tak mengenal waktu. Bahkan, di ruang publik sekali pun.

Namun, perlu diingat bahwa tipikal orangtua yang narsistik berusaha tampak baik kepada anak di hadapan banyak orang. Itulah siasat untuk mendapatkan pujian dari orang lain. Lantas, setelahnya perlakuan mereka pada buah hati akan berbeda ketika sudah tidak berada di ruang publik.

2. Memberi sesuatu namun dengan konsekuensi tertentu

7 Tanda Ini Bukti Orangtua Kamu Bersikap Narsistikpexels/nurseryart

Mendapatkan hadiah dari orang terkasih tentunya membuat hati bahagia. Tak terkecuali seorang anak mendapatkannya dari orangtua mereka. Ini wujud perhatian orangtua pada anak atas apa yang telah dilakukan sebelumnya. Entah itu karena prestasi di sekolah atau hal lainnya.

Tetapi, orangtua narsistik tak memberikan hadiah secara cuma-cuma. Dia mengharapkan hal yang lebih dari anaknya. Patokan target yang diusung orangtua tak jarang membebani anaknya. Ini yang bisa membuat sebuah hadiah jadi kurang bermakna bagi si buah hati. 

3. Terlalu mendikte anak agar ikut kemauan mereka. Keinginan anak jadi tak terungkap

7 Tanda Ini Bukti Orangtua Kamu Bersikap Narsistikpixabay/marcisim

Orangtua ingin anaknya sukses di masa depan. Membimbing dan mengarahkannya pada hal positif menjadi faktor kuncinya. Namun, semuanya akan tak baik bagi buah hati bila sudah pada melampaui batas.

Orangtua narsistik selalu berusaha menetapkan segala sesuatunya berdasarkan pandangan mereka. Ketika memilih ekstrakulikuler, jurusan, bahkan karier harus sesuai dengan arahan ayah atau ibu. Sekilas memang wajar memilihkan itu semua untuk anak. Tetapi, perlu dipertanyakan lagi apakah ini semua demi kebaikan anak atau malah hanya sekedar untuk menaikkan gengsi orangtua di mata orang lain.

Baca Juga: Orang Tua Muda, Begini 5 Cara Membentuk Karakter yang Baik pada Anak

4. Mudah marah jika keputusan tidak diikuti tanpa mengetahui alasan dari anak

7 Tanda Ini Bukti Orangtua Kamu Bersikap Narsistikimdb.com

Dalam setiap keputusan selalu ada pro dan kontra. Tak terkecuali saat orangtua membuat rencana untuk anak. Keinginan ayah dan ibu serta buah hati kerap berlawanan. Diskusi dari hati ke hati tanpa mengedepankan ego diperlukan agar konflik tidak makin membesar. 

Orangtua narsistik tidak mengusung diskusi tersebut. Mereka sepenuhnya berupaya mengendalikan anak lewat keputusan mereka. Jika buah hati tak masuk ke dalamnya rasa marah akan timbul dan berusaha mencari dalih agar anak patuh pada semua yang sudah diputuskan.

5. Menaruh semua kesalahan pada anak tanpa bercermin pada perilaku mereka sebelumnya

7 Tanda Ini Bukti Orangtua Kamu Bersikap Narsistikimdb.com

Setiap orang pasti melakukan kesalahan. Anak juga mengalami itu. Mereka bisa saja mendapat nilai jelek atau tak sengaja menumpahkan minuman dari atas meja. Memberikan mereka kesempatan untuk menjelaskan problem itu jadi penting agar anak dan orangtua bisa mencari jalan keluar.

Orangtua narsistik tidak demikian. Seberapa logis penjelasan yang diutarakan buah hati mereka berusaha mencari cara agar kesalahan semuanya terjadi karena anak. Mereka memainkan peran agar anak jadi takut dan menyadari diri mereka pembuat kekacauan yang telah berlalu.

6. Tak berikan dukungan pada anak. Selalu menganggapnya kurang dari anak lainnya

7 Tanda Ini Bukti Orangtua Kamu Bersikap Narsistikimdb.com

Anak dilahirkan dengan keunikan masing-masing. Kelebihan dan kekurangan tiap buah hati adalah pembeda antara satu dan lainnya. Mendukung dan memberi masukan adalah cara tepat untuk membuat mereka terus berupaya menggali apa yang bisa lakukan. 

Orangtua narsistik justru bertindak sebaliknya. Mereka selalu mengeluh dan menilai buruk peringai si anak serta kerap membandingkannya dengan orang lain. Jika ini dibiasakan sikap pesimistis justru tumbuh subur dan menggerus keinginan anak mengeksplor lebih banyak hal baik untuk mereka.

7. Bersikap tak peduli dengan tumbuh kembang anak. Menyerahkannya pada orang lain atau ikuti aturan main mereka

7 Tanda Ini Bukti Orangtua Kamu Bersikap Narsistikpixabay/MabelAmber

Dalam beberapa kasus, orangtua narsistik hanya mementingkan kepentingan mereka sendiri. Mereka fokus pada hal-hal yang membuatnya percaya diri dan mendapat pengakuan. Entah karena sibuk kerja, melakukan hobi hingga larut dalam kehidupan sosial di luar keluarga.

Situasi ini mengakibatkan anak jadi terabaikan. Orangtua menggunakan dua opsi, menyerahkan urusan anak pada orang lain atau buah hati harus ikut aturan main mereka. Ujungnya tumbuh kembang mereka tidak maksimal karena keegoisan ayah atau ibu mereka.

Anak sudah sepatutnya mendapatkan perhatian dari orangtua mereka. Sikap abai dan egois akan merusak masa depan dan kepercayaan diri mereka. Rawatlah tunas muda agar menjadi generasi penerus yang membanggakan. 

Baca Juga: 8 Kesalahan Orang Tua Ini Mempengaruhi Kehidupan Anak di Usia Dewasa

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Pinka Wima

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You