8 Ide 'Me Time' Buat Para Mama Ini Bisa Dicoba di Rumah

Mama juga butuh santai...

Menjadi ibu dengan segala kesibukan domestiknya memang sering menguras tenaga serta pikiran. Baik ibu rumah tangga atau ibu pekerja sekalipun, merawat dan mendidik anak adalah yang utama. Tapi menjaga kesehatan dan kewarasan pikiran ibu juga sangat penting. Karena dari ibu yang bahagia akan turut membawa kebahagiaan pula di dalam rumah.

Sesibuk apapun pekerjaan rumah, sempatkanlah untuk memberi waktu sejenak buat diri sendiri. Yuk simak ide me time yang bisa di lakukan di rumah buat para Mama!

1. Beribadah

8 Ide 'Me Time' Buat Para Mama Ini Bisa Dicoba di Rumahweheartit.com/milk543

Meskipun ibadah rutinmu telah terlaksana dengan baik, memberi waktu tambahan untuk ibadah tambahan sepertinya juga cukup penting untuk kesehatan batinmu, Ma. Perbanyak 'curhat' kepada Sang Pencipta justru akan membuat hatimu jauh lebih lapang. Dijamin lelahmu akan menjadi terasa semakin nikmat.

2. Mandi

8 Ide 'Me Time' Buat Para Mama Ini Bisa Dicoba di RumahUnsplash/lamarqfoto

Baiklah, semenjak jadi ibu, apalagi ibu dari seorang anak balita yang sedang aktif-aktifnya, mungkin kegiatan mandi bukan lagi jadi satu hal yang rutin buat Mama. Kalaupun ada waktu luang untuk mandi, mungkin hanya mandi sesingkat-singkatnya karena tangisan dan jeritan anak yang sudah menanti di depan pintu kamar mandi. Coba komunikasikan pada suami, bahwa Mama butuh waktu relaks sejenak. Mandi dengan waktu yang jauh lebih lama dari biasanya, lakukan segala macam treatment sebisanya, gunakan untuk bersantai, Ma.

3. Berselancar di media sosial atau WhatsApp Grup

8 Ide 'Me Time' Buat Para Mama Ini Bisa Dicoba di RumahUnsplash/firmbee

Bagi para Mama yang setiap harinya hanya di rumah, media sosial atau whatsapp grup mungkin cukup menjadi teman yang menyenangkan. Sesekali boleh loh, Ma, sibuk dulu dengan gawaimu sambil cuci mata dengan diskonan-diskonan skincare atau fashion terbaru. Atau hanya menghabiskan waktu bersosial dengan grup teman-temanmu. Jangan lupa upgrade pengetahuan tentang parenting dengan gawai pintarmu juga ya, Ma.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Parenting untuk Para Orangtua Muda

4. Tidur

8 Ide 'Me Time' Buat Para Mama Ini Bisa Dicoba di RumahUnsplash/all_who_wander

Pekerjaan rumah tangga menumpuk? Cucian piring belum disentuh, pakaian belum di jemur dan belum memasak untuk makan malam? Tenang saja, Ma. Sesekali kamu boleh libur kok untuk urusan domestik seperti itu. Ikutlah tidur jika anakmu sedang tidur. Jangan pedulikan omongan orang. Kamu juga butuh istirahat.

5. Membaca buku

8 Ide 'Me Time' Buat Para Mama Ini Bisa Dicoba di RumahUnsplash/thoughtcatalog

Ada sebagian orang yang memang mendapat ketenangan hanya dengan membaca buku. Jika Mama salah satunya, lakukanlah. Menyendiri sejenak membaca buku favorit mungkin bisa memberi kedamaian tersendiri buat Mama.

6. Olahraga ringan

8 Ide 'Me Time' Buat Para Mama Ini Bisa Dicoba di RumahUnsplash/jareddrice

Melakukan olahraga ringan seperti jalan santai atau memulai gerakan-gerakan yoga di rumah bisa membantu melancarkan peredaran darah loh. Agar tubuh tetap bugar dan berenergi. Tentunya agar pikiran kita selalu positif. Jangan lupa nyalakan musik favoritnya juga untuk mengiringi olahraganya, Ma. Ini juga bisa jadi salah satu cara memanjakan diri sendiri di rumah loh, Ma.

7. Dandan cantik

8 Ide 'Me Time' Buat Para Mama Ini Bisa Dicoba di RumahUnsplash/delgadowebb

Nggak ada salahnya loh, Ma kita berdandan cantik di rumah. Meskipun Mama hanya berdiam diri di rumah, dandan cantik itu sah-sah saja. Bonusnya, bakalan bikin Papa senang setelah seharian lelah di kantor. 

8. Makan

8 Ide 'Me Time' Buat Para Mama Ini Bisa Dicoba di RumahUnsplash/shutters_guild

Teknologi semakin maju, pesan makanan dari rumahpun sudah sangat mudah. Sesekali manjakan diri sendiri dengan 'libur' memasak dan cobalah berbelanja makanan via online, Ma. Mama hanya perlu duduk santai menunggu kurir mengantarkan makanan pesanan Mama. Nikmatilah, Ma. Sehari menjadi ratu tanpa memasak di rumah, it's oke!

Sangat wajar jika ada rasa jenuh dan lelah bagi para Mama, apalagi yang mengurus semuanya tanpa bantuan asisten rumah tangga. Tapi ingat, jenuh bukan berarti menyerah dengan keadaan. Kita hanya perlu waktu bersantai sejenak, menjernihkan pikiran yang mulai berantakan. Lelahmu saat ini, suatu saat pasti akan kamu rindukan ketika anak-anakmu sudah besar, Ma.

Jangan lupa selalu komunikasikan semuanya dengan suami ya. Agar selalu tercipta kekompakan dalam rumah tangga. Semangat terus, Mama. 

Baca Juga: 10 Motivasi Parenting ala Soraya Larasati, Kekinian dan Islami

Dewi Yulianti Photo Community Writer Dewi Yulianti

IG/Twitter ~ @dewiiy_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You