Comscore Tracker

Catat, Ini 6 Pantangan Saat Menjenguk Teman yang Baru Melahirkan

Ucapkan selamat datang pada keponakan baru

Kelahiran bayi pasti menjadi momen membahagiakan bagi setiap keluarga. Sebagai teman, kita pun ingin ikut merayakan dengan datang berkunjung dan memberi selamat. Apalagi kelahiran anak pertama, senang rasanya melihat teman bermain kini sudah menyandang status ibu.

Tapi jangan terlalu larut dalam kebahagiaan sampai lupa diri. Catat nih, ada 6 pantangan yang harus kamu hindari saat menjenguk teman yang baru saja melahirkan.

1. Datang tanpa memberi kabar terlebih dahulu

Catat, Ini 6 Pantangan Saat Menjenguk Teman yang Baru Melahirkantodaysparent.com

Kamu wajib memberi kabar dulu sebelum berkunjung, minimal bertanya pada anggota keluarga lain jika Si Ibu belum bisa dihubungi. Pemulihan setelah proses persalinan membutuhkan waktu yang gak sebentar.

Belum lagi psikis Si Ibu yang masih berusaha beradaptasi dengan kondisi baru. Siapa tahu kedatanganmu malah mengganggu. Jangan sampai niat baikmu malah berakhir buruk ya.

2. Durasi kunjungan terlalu lama

Catat, Ini 6 Pantangan Saat Menjenguk Teman yang Baru Melahirkanpopsugar.com

Seiring bertambahnya umur dan kesibukan, tanpa kita sadari waktu berkumpul dengan teman makin berkurang. Momen seperti menghadiri pernikahan atau menjenguk bayi ini jadi ajang nostalgia.

Saking asyiknya ngobrol, kadang kita jadi lupa waktu. Penting buat kamu perhatikan nih, bayi yang baru lahir butuh disusui setiap beberapa jam sekali. Kalau ibunya terus diajak ngobrol, waktu menyusui bisa terganggu.

Datanglah seperlunya, cari waktu lain untuk melepas rindu dengan teman. Pokoknya tujuan utama sudah terpenuhi, menjenguk keponakan baru dan memberi selamat.

3. Datang dalam kondisi sakit

Catat, Ini 6 Pantangan Saat Menjenguk Teman yang Baru Melahirkanideahacks.com

Hal yang satu ini penting banget untuk diperhatikan. Usahakan kamu dalam keadaan sehat saat akan menjenguk bayi baru lahir. Kalau sedang mengidap penyakit menular seperti batuk pilek, lebih baik tunda dulu rencana kunjungan.

Bayi yang baru lahir belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Dia masih rentan terhadap virus penyakit. Kasihan kan kalau tertular penyakit yang sedag kamu derita.

Baca Juga: 6 Kecemasan yang Cuma Dirasakan Calon Mama Muda Jelang Melahirkan

4. Mengambil foto bayi tanpa izin

Catat, Ini 6 Pantangan Saat Menjenguk Teman yang Baru Melahirkanyourfriendshouse.com

Ini juga sering terjadi di era serba sosial media seperti sekarang. Gatal sekali rasanya kalau gak mengabadikan momen seru dan membagikannya ke sosial media. Perlu kamu perhatikan nih, jangan asal mengambil atau merekam foto Si Kecil tanpa izin orang tuanya ya.

Sekarang ini makin marak kejahatan anak di sosial media. Banyak oknum gak bertanggungjawab yang suka menyalahgunakan foto bayi dan anak untuk hal negatif. Sebaiknya kamu minta izin dulu, boleh gak membagikan kelucuan si kecil di sosial media pribadimu.

5. Banyak memberikan saran subyektif

Catat, Ini 6 Pantangan Saat Menjenguk Teman yang Baru Melahirkanthedanishway.com

Namanya baru menyandang status orangtua, segala hal masih terasa kaku dan butuh penyesuaian. Sayangnya, banyak tamu yang datang menjenguk sambil memberi banyak saran tentang cara mengurus bayi.

Apalagi kalau yang datang menjenguk sudah lebih dulu punya anak dan berhasil melewati masa-masa sulit mengurus bayi. Belum tentu saran yang kamu berikan berkenan buat si Ibu lho. Lebih bijak dalam menyampaikan saranmu ya.

6. Terlalu banyak bertanya soal gaya parenting

Catat, Ini 6 Pantangan Saat Menjenguk Teman yang Baru Melahirkanwarringtonguardian.co.uk

Hampir sama seperti poin sebelumnya, kadang tamu penjenguk banyak ingin tahu soal cara mengurus bayi. Menanyakan proses persalinan hingga gaya parenting seperti apa yang akan diterapkan nantinya.

Hal ini biasanya terjadi ketika penjenguknya sedang berencana punya momongan atau malah baru akan menikah. Bertanya seperlunya saja, jangan membuat kesan seperti sedang menginterogasi si ibu. Gak semua orang suka ditanyai tentang hal pribadi kan?

Buat kamu yang sudah ada jadwal menjenguk teman yang baru saja melahirkan, perhatikan 6 pantangan di atas ya!

Baca Juga: Mungkin Gak Sih Melahirkan Dalam Keadaan Sama Sekali Tak Bersuara?

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya