Comscore Tracker

10 Arti Nama Anak Figur Publik yang Lahir di Bulan September 2020

Maknanya indah semua, nih!

Di tengah situasi sulit akibat pandemik COVID-19, masih banyak kabar bahagia yang patut disyukuri. Salah satunya adalah kabar persalinan sederet figur publik, yang membawa kebahagiaan dalam keluarga.

IDN Times merangkum 10 figur publik yang membagikan kisah persalinannya di bulan September 2020. Yuk, simak 10 arti namanya di bawah ini!

1. Sakalingga Ibra Pratama

10 Arti Nama Anak Figur Publik yang Lahir di Bulan September 2020instagram.com/ussypratama

Andhika Pratama dan Ussy Sulistyawaty dikaruniai anak kelima pada 1 September 2020. Bayinya yang berjenis kelamin laki-laki diberi nama Sakalingga Ibra Pratama.

"Sakalingga" terdiri dari dua kata yaitu 'saka' dan 'lingga' yang dalam bahasa Jawa bermakna penyangga dan kekuasaan. Sementara "Ibra" dalan bahasa Arab berarti penguasa yang baik dan bertanggung jawab.

Nama belakangnya sama dengan sang ayah, yaitu "Pratama". Secara lengkap, arti namanya adalah pemegang kekuasaan yang memimpin dengan baik dan penuh tanggung jawab.

2. Kafkadia Khairaakesh Rajasa

10 Arti Nama Anak Figur Publik yang Lahir di Bulan September 2020Instagram.com/conchizzlin

Presenter Conchita Caroline dikaruniai anak pertama pada tanggal 2 September 2020. Bayinya berjenis kelamin laki-laki, diberi nama Kafkadia Khairaakesh Rajasa.

"Kafkadia" diambil dari kata 'kafka' yang bermakna burung gagak menurut bahasa Cekoslowakia. Burung gagak adalah lambang perlindungan.

Nama tengah "Khairaakesh" terdiri dari dua kata, yaitu 'khaira' dan 'aakesh'. "Khaira" dalam bahasa Arab bermakna kebaikan, sementara "Aakesh" menurut bahasa Sanskerta berarti pelindung langit.

Ditutup dengan "Rajasa" yang merupakan nama keluarga dari sang ayah, Krishna Rajasa. Jika digabungkan, arti namanya menjadi pelindung yang baik.

3. Baehati Aleeyah Sinaga

10 Arti Nama Anak Figur Publik yang Lahir di Bulan September 2020Bukaan Moment via Instagram.com/febyriz

Menanti delapan tahun, Naga eks. vokalis Lyla akhirnya dikaruniai anak pertama pada 9 September 2020. Feby, istri Naga, sebenarnya mengandung bayi kembar, namun pada usia kandungan enam minggu salah satu janinnya terpaksa harus diangkat karena gak menunjukkan perkembangan.

Bayi perempuan Naga dan Feby yang selamat hingga persalinan diberi nama Baehati Aleeyah Sinaga. "Baehati" kemungkinan diambil dari kata 'baihati' yang bermakna keberuntungan.

"Aleeyah" berasal dari kata 'aliyah' yang dalam bahasa Arab bermakna terhormat atau tinggi derajatnya. Ditutup dengan marga dari sang ayah, yaitu "Sinaga". Jika digabungkan, arti namanya menjadi perempuan terhormat yang membawa keberuntungan.

4. Alana Naira Lawi

10 Arti Nama Anak Figur Publik yang Lahir di Bulan September 2020Instagram.com/alicenorin

Masih di tanggal 9 September, Alice Norin juga dikaruniai buah hati berjenis kelamin perempuan. Anak keduanya ini diberi nama Alana Naira Lawi.

"Alana" menurut bahasa Irlandia bermakna sosok kesayangan, atau sesuatu yang berharga. Nama tengah "Naira" memiliki arti bersinar atau bercahaya dalam bahasa Arab. Ditutup dengan "Lawi", nama keluarga dari pihak ayah, Alvin Yudhapatria Lawi.

Diartikan secara lengkap, makna di balik nama Alana adalah perempuan kesayangan yang berharga dan menjadi cahaya bagi sekitarnya.

5. Erenoah Sanskara Ixora

10 Arti Nama Anak Figur Publik yang Lahir di Bulan September 2020instagram.com/nafaspertama

Pasangan Youtuber Wayan Ixora dan Adinda Amira dikaruniai anak pertama pada tanggal 10 September 2020. Bayinya yang berjenis kelamin laki-laki diberi nama Erenoah Sanskara Ixora.

"Erenoah" tersusun dari dua kata, yaitu 'eren' dan 'noah'. "Eren" menurut bahasa Turki memiliki arti seseorang yang suci. Sementara "Noah" dalam bahasa Ibrani bermakna orang yang diberi petunjuk dan keselamatan.

"Sanskara" dalam bahasa Sanskerta berarti bermoral baik. Ditutup dengan "Ixora" yang diambil dari nama belakang sang ayah, Wayan Ixora. Secara lengkap, arti namanya adalah laki-laki suci dan bermoral baik yang diberi petunjuk agar selamat. Bagus banget, ya!

Baca Juga: Nama Adalah Doa, 12 Inspirasi Nama Anak Laki-laki Bermakna Pintar 

6. Malaika Rayyan Abdul Ghany

10 Arti Nama Anak Figur Publik yang Lahir di Bulan September 2020Instagram.com/ridwanghany

Pasangan bintang FTV Ridwan Ghany dan Adithya Putri dikaruniai anak kedua pada 12 September 2020. Berjenis kelamin laki-laki, bayinya diberi nama Malaika Rayyan Abdul Ghany.

"Malaika" diambil dari kata 'malaikat', utusan Tuhan yang memiliki tugas khusus dan sangat taat. "Rayyan" secara harfiah dalam bahasa Arab bermakna tampan. Selain itu, Ar Rayyan adalah salah satu pintu surga yang diperuntukkan bagi umat muslim yang rajin berpuasa semasa hidup.

Nama "Abdul Ghany" di bagian belakang diambil dari nama sang ayah. "Abdul" sendiri memiliki makna hamba Allah yang taat, dan "Ghany" berarti makmur. Jika digabungkan, arti namanya menjadi laki-laki tampan yang taat pada Tuhan dan dilimpahi kemakmuran.

7. Aksa Ganindra Nuril

10 Arti Nama Anak Figur Publik yang Lahir di Bulan September 2020Berbagai sumber

Pemeran Fahri dalam film 'Ayat-ayat Cinta', Fedi Nuril, dikaruniai anak kedua yang diberi nama Aksa Ganindra Nuril. "Aksa" dan "Ganindra" berasal dari bahasa Jawa kuno, yang masing-masing memiliki makna berwajah bening dan petualang.

Nama belakang "Nuril" diambil dari nama sang ayah. Dalam bahasa Arab, "Nuril" memiliki arti cahaya dari Tuhan. Jika digabungkan, arti namanya menjadi laki-laki berwajah bening yang suka berpetualang, dan dilimpahi cahaya dari Tuhan.

8. Adhyasta Akbar Fabian

10 Arti Nama Anak Figur Publik yang Lahir di Bulan September 2020Instagram.com/gita_vbpr

Pasangan Youtuber yang rajin mengunggah konten tentang pola hidup sehat, Gita VBPR dan Daffa Fathur, dikaruniai anak pertama pada 17 September 2020. Bayinya berjenis kelamin laki-laki dan diberi nama Adhyasta Akbar Fabian.

"Adhyasta" dalam bahasa Sanskerta bermakna pengawas. Bisa dimaknai sebagai sosok yang teliti dan siap menjaga. "Akbar" memiliki makna besar. Sementara "Fabian" berarti pelopor atau yang pertama dalam bahasa Latin.

Jika digabungkan, makna namanya menjadi laki-laki pertama yang siap menjaga dan mengawasi.

9. Air Rumi Akbar 1453

10 Arti Nama Anak Figur Publik yang Lahir di Bulan September 2020Instagram.com/_irishbella_

Ammar Zoni dan Irish Bella memberi nama yang indah sekaligus unik, untuk putranya yang lahir pada 18 September 2020 lalu. Bayi laki-laki ini diberi nama Air Rumi Akbar 1453.

"Air" dimaknai seperti sifat air, zat yang bisa mengisi segala ruang, sehingga bisa menyesuaikan diri di mana pun dia berada. "Air" juga bisa diartikan sebagai singkatan nama kedua orang tuanya, Ammar dan Irish.

Nama tengah "Rumi" kemungkinan terinspirasi dari nama seorang filsuf. "Rumi" identik dengan kebijaksanaan. "Akbar" diambil dari nama tengah Ammar, yang memiliki nama asli Ammar Akbar Alruvi. Secara harfiah, "Akbar" berarti besar atau agung.

Nah, angka 1453 di bagian belakang ternyata punya filosofi yang indah. 1453 adalah tahun bersejarah bagi umat Islam. Di tahun tersebut, pasukan umat muslim di bawah komando Muhammad Al-Fatih, berhasil menaklukkan Konstantinopel pada Perang Salib.

Tahun 1453 identik dengan sosok Muhammad Al-Fatih yang gagah berani dalam memimpin pasukan. Maka secara lengkap, nama Baby Air bisa dimaknai sebagai laki-laki bijaksana yang memimpin dengan gagah berani, dan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

10. Bhaskara Deva Purnomo Djokosoetono

10 Arti Nama Anak Figur Publik yang Lahir di Bulan September 2020Instagram.com/titiradjopadmaja

Aktris sekaligus musisi Titi Radjo Padmaja dikaruniai anak kedua pada 21 September 2020. Bayinya yang berjenis kelamin laki-laki diberi nama Bhaskara Deva Purnomo Djokosoetono.

"Bhaskara" dalam bahasa Sanskerta bermakna bercahaya atau penebar cahaya. Nama "Deva" memiliki arti dewa, bisa dimaknai sebagai pemimpin. 

"Purnomo" adalah versi bahasa Jawa dari 'purnama', sinar rembulan yang terang. Kemudian ditutup dengan "Djokosoetono" yang merupakan nama keluarga dari pihak ayah.

Secara lengkap, arti nama anak kedua Titi Radjo Padmaja adalah laki-laki yang sanggup memimpin dan menebarkan cahaya bagi orang-orang di sekelilingnya.

Nama-nama anak figur publik yang lahir di bulan September 2020 punya makna yang indah dan mendalam, ya! Tertarik menjadikannya inspirasi nama untuk buah hatimu kelak?

Baca Juga: Unik, Ini 10 Inspirasi Nama Bayi Laki-laki dari Nama Tumbuhan 

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya