Comscore Tracker

Ide Nama Bernuansa Jawa dari Tiga Cucu Presiden Joko Widodo

Artinya bagus-bagus semua nih

Lahirnya anak kedua Gibran Rakabuming Raka pada Jumat (15/11) sore menambah kebahagiaan keluarga Presiden ke-7 RI Joko Widodo. Ketiga cucu Jokowi menggunakan nama bernuansa Jawa dengan makna indah mendalam. Berikut ketiga nama lengkap ketiganya beserta artinya. Bagus-bagus semua, nih!

1. Jan Ethes Srinarendra

Ide Nama Bernuansa Jawa dari Tiga Cucu Presiden Joko Widodoinstagram.com/janethesss

Cucu pertama Presiden Joko Widodo lahir pada 10 Maret 2016. Bocah laki-laki yang diberi nama Jan Ethes Srinarendra ini merupakan anak pertama dari putra sulung Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Akrab disapa Ethes, nama lengkapnya kental nuansa Jawa dan Sansekerta. “Jan” dalam bahasa Jawa bermakna sangat, sementara “Ethes” adalah cekatan. “Jan Ethes” adalah ungkapan yang berarti sangat cekatan atau cekatan sekali.

Nama “Srinarendra” dalam bahasa Sansekerta bermakna pemimpin yang cerdas. Maka jika digabungkan, nama cucu pertama Presiden Joko Widodo bermakna pemimpin yang cerdas dan sangat cekatan.

2. Sedah Mirah Nasution

Ide Nama Bernuansa Jawa dari Tiga Cucu Presiden Joko WidodoInstagram.com/ayanggkahiyang

Berselang dua tahun dari lahirnya Ethes, keluarga Joko Widodo kembali dikaruniai seorang cucu perempuan dari Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Bayi perempuan yang lahir pada 1 Agustus 2018 itu diberi nama Sedah Mirah Nasution.

“Sedah” dalam bahasa Jawa bermakna kehadiran, bisa dimaknai juga sebagai kelahiran seorang anak ke dunia. “Mirah” sesungguhnya memiliki arti permata berwarna merah, namun dapat diartikan sebagai sesuatu yang berkilau dan menawan.

Kahiyang dan Bobby pun membeberkan arti yang sama, bahwa Sedah Mirah Nasution dimaknai sebagai putri yang menawan dari keluarga Nasution.

Baca Juga: Inilah Arti La di Nama Depan Cucu Jokowi La Lembah Manah

3. La Lembah Manah

Ide Nama Bernuansa Jawa dari Tiga Cucu Presiden Joko WidodoInstagram.com/janethesss

Kebahagiaan Presiden Joko Widodo makin bertambah dengan lahirnya cucu ketiga pada Jumat (15/11) sore. Selvi Ananda, istri Gibran Rakabuming Raka, melahirkan anak keduanya yang berjenis kelamin perempuan.

Bayi mungil yang dilahirkan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo ini diberi nama La Lembah Manah. Nama “La” di bagian depan diakui Gibran adalah singkatan dari “lembut anakku, luwes anakku, lomo anakku.”

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kepanjangan dari nama “La” tersebut bermakna anakku yang lembut, menarik dan menawan, serta dermawan.

Sementara “Lembah Manah” diambil dari bahasa Jawa, yang merupakan sebuah ungkapan bermakna rendah hati atau berhati lembut. Jika digabung, arti di balik nama cucu ketiga Presiden Joko Widodo adalah anak yang berhati lembut, menawan, dan dermawan.

Nama-nama dari bahasa Jawa cukup populer di Indonesia. Biasanya singkat, namun menyimpan makna mendalam di baliknya.

Cara Gibran menamai kedua anaknya juga bisa dijadikan inspirasi lho, menggunakan kalimat ungkapan hingga singkatan sarat makna. Tertarik?

Baca Juga: Cucu Jokowi Lahir, Iriana Deg-degan Menunggu Persalinan Selvi Ananda

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Pinka Wima

Just For You