Comscore Tracker

Gak Selalu Ribet, Ini 5 Keuntungan Punya Mertua Perfeksionis

Banyak sisi positifnya, kok

Ketika sudah menikah, kamu gak cuma hidup bersama pasangan. Namun juga menjadi bagian dari keluarga besarnya, dan harus bisa bersikap bijak sebagai menantu serta ipar.

Hubungan mertua dan menantu selalu menarik buat disimak, nih. Jika mertuamu adalah tipikal perfeksionis, sebenarnya banyak hal baik yang bisa kamu rasakan. Sekilas mungkin terkesan ribet, tapi coba, yuk pahami lima keuntungannya di bawah ini!

1. Seorang perfeksionis selalu mengupayakan yang terbaik

Gak Selalu Ribet, Ini 5 Keuntungan Punya Mertua PerfeksionisPexels.com/Andrea Piacquadio

Seseorang yang punya karakter perfeksionis, selalu mengusahakan yang terbaik untuk diri sendiri dan orang-orang yang disayanginya. Mungkin sifat ini bikin mertuamu terkesan banyak aturan.

Namun di balik sikapnya, beliau menginginkan yang terbaik untuk keluarga kecilmu. Mungkin versinya beda, hal-hal yang beliau pikirkan tentu gak semuanya sejalan denganmu. Tapi percayalah, selalu terselip niat baik di balik semua sikap beliau padamu.

2. Pola asuhnya yang ketat tertanam pada diri pasanganmu

Gak Selalu Ribet, Ini 5 Keuntungan Punya Mertua PerfeksionisPexels.com/Pixabay

Orangtua yang perfeksionis biasanya menerapkan pola asuh yang ketat pada anak-anaknya. Nah, kamu bakal menikmati hasilnya pada diri pasanganmu.

Pasti ada sebagian pelajaran dari masa kecilnya yang melekat hingga kini. Bisa jadi berupa sikap disiplin, teratur, atau mungkin suka kerapian. Ada poin plusnya, kan punya orangtua yang mendidik dengan ketat?

3. Ribet dan perhatian memang beda tipis

Gak Selalu Ribet, Ini 5 Keuntungan Punya Mertua Perfeksionispexels.com/cottonbro

Kamu merasa mertuamu ribet dan suka ikut campur? Coba sikapi dengan bijak dan lihat dari sudut pandang yang lain. Perbedaan antara ribet dan perhatian itu memang tipis banget.

Seorang perfeksionis pasti punya standar dalam hidupnya, tentang apa yang menurutnya baik, buruk, dan perlu diwaspadai. Namun caranya menyampaikan kadang terkesan menggurui.

Ini kesempatan untukmu berlatih menjadi lebih bijaksana. Ambil sisi positifnya, maknai perhatian yang beliau berikan secara positif. Mau merasa kesal atau bersyukur, pilihannya ada pada pola pikirmu, kan?

Baca Juga: 10 Adu Gaya Nia Ramadhani dan Ibu Mertua, Kapan Saja Selalu Glamor

4. Sosok yang gigih dan gak mudah menyerah

Gak Selalu Ribet, Ini 5 Keuntungan Punya Mertua PerfeksionisPexels.com/Andrea Piacquadio

Kelebihan yang pasti dimiliki seorang perfeksionis adalah kegigihannya. Dia gak mudah menyerah dan selalu yakin pada kemampuan diri sendiri. 

Beruntung, lho jika punya mertua seperti ini. Beliau bisa jadi penyemangat saat kamu terpuruk. Bahkan mungkin menjadi teman diskusi yang seru untuk menyelesaikan masalahmu.

5. Selalu berpikir jangka panjang

Gak Selalu Ribet, Ini 5 Keuntungan Punya Mertua PerfeksionisPexels.com/Andrea Piacquadio

Ada satu hal lagi yang bisa kamu teladani dari mertua perfeksionis. Beliau selalu berpikir panjang ke depan, dan punya perencanaan yang matang.

Pola pikir ini penting diterapkan dalam rumah tangga. Persiapan untuk masa depan harus dipikirkan dengan matang, contoh simpelnya seperti dana darurat.

Nah, itu tadi lima keuntungan yang bisa kamu rasakan sebagai menantu dari mertua yang perfeksionis. Selalu ada sisi baik dari kepribadian seseorang, kan?

Baca Juga: 10 Adu Gaya Menantu-Mertua Tasya Kamila Vs Rahmah Bakar, Hits Abis!

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya