Comscore Tracker

6 Kegiatan Seru di Rumah Bersama Anak-Anak, Parent Wajib Tahu nih!

#IDNTimesLife Biar si kecil gak melulu main gadget

Meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan bersama anak-anak, ternyata punya banyak manfaat. Selain menjalin kebersamaan dalam keluarga, berbagai aktivitas bersama bisa membangun komunikasi, meningkatkan rasa percaya diri, dan memenuhi kebutuhan afeksi anak. 

Tentu saja, banyak manfaat yang bisa didapat apabila keluarga berbagi kegiatan seru di rumah. Oleh karenanya, yuk, lakukan 6 kegiatan seru bersama anak, berdasarkan rilis dari Greenfields berikut ini.

1. Bermain bersama anak

6 Kegiatan Seru di Rumah Bersama Anak-Anak, Parent Wajib Tahu nih!Ilustrasi anak bermain. (unsplash.com/Marisa Howenstine)

Bermain memiliki banyak manfaat dan kegunaan untuk anak, seperti meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik anak. Tak hanya itu, dengan pemilihan game yang tepat, anak jadi punya sikap optimis dan suportif untuk mengikuti permainan. 

Orangtua bisa pilih permainan yang untuk dilakukan bersama-sama. Misalnya board games, bermain teka-teki, puzzle dan masih banyak permainan lainnya. Selain seru, berbagai macam permainan juga bisa jadi sarana belajar anak.

2. When I was your age

6 Kegiatan Seru di Rumah Bersama Anak-Anak, Parent Wajib Tahu nih!Ilustrasi anak bermain. (unsplash.com/Jimmy Dean)

Bagikan pengalaman orangtua melalui cerita menarik kepada anak-anak. Misalnya permainan apa yang dulu dimainkan, lagu apa yang dulu sering diputar, serta berbagai pengalaman masa lalu yang menyenangkan. 

Berbagi pengalaman akan melatih anak untuk memahami suatu informasi maupun pengetahuan baru yang ia dapat melalui cerita. Kegiatan ini juga akan menciptakan diskusi agar anak mengeksplorasi lebih jauh mengenai pengalaman oragtuanya. 

3. Virtual trip sekeluarga

6 Kegiatan Seru di Rumah Bersama Anak-Anak, Parent Wajib Tahu nih!Ilustrasi anak bermain. (unsplash.com/Ralston Smith)

Melakukan perjalanan virtual mungkin bisa jadi salah satu hal menyenangkan untuk anak dan orangtua. Menjelajah tempat baru menggunakan perangkat komputer akan mengenalkan anak pada berbagai pengetahuan dan pengalaman.

Orantua bisa ciptakan petualangan seru, misalnya ke pantai, gunung, bukit dan tempat lainnya. Agar membuat perjalanan virtual ini lebih menyenangkan, orangtua bisa tetapkan dresscode. Misalnya baju pantai untuk perjalanan ke Bali dan baju dingin untuk pergi ke Bromo. 

Baca Juga: 5 Tips Parenting Seru ala Kimbab Family, Pelukan agar Tak Bertengkar

4. Movie night bersama anak

6 Kegiatan Seru di Rumah Bersama Anak-Anak, Parent Wajib Tahu nih!Ilustrasi anak bermain. (unsplash.com/Alexander Dummer)

Ajak si kecil untuk menonton film favoritnya ketika malam hari. Orangtua bisa ajarkan hal-hal positif yang didapat dari film yang baru ditonton. Selain itu, orangtua dan anak juga bisa mendiskusikan nilai moral yang diperoleh dari karakter film. 

Tanyakan pelajaran berharga yang didapat anak atau hal yang ia suka. Nah, dari movie night ini anak akan mendapatkan pelajaran berharga sebagai bekal kehidupannya. 

5. Dinner spesial bersama anak

6 Kegiatan Seru di Rumah Bersama Anak-Anak, Parent Wajib Tahu nih!Ilustrasi anak bermain. (unsplash.com/Jimmy Dean)

Dinner spesial bersama anak bisa memberikan pengalaman berharga untuknya. Orangtua dan anak bisa bekerjasama membuat suasana makan malam di rumah ala restoran mewah.

Misalnya dengan menyiapkan lilin, mempercantik meja, hingga mempersiapkan hidangan spesial. Orangtua bisa berperan sebagai pelayan atau koki yang membantu menghidangkan menu kepada anak, sementara anak berperan sebagai tamu.

6. Memasak bersama Ibu dan Ayah

6 Kegiatan Seru di Rumah Bersama Anak-Anak, Parent Wajib Tahu nih!Ilustrasi anak bermain. (unsplash.com/Jimmy Dean)

Kegiatan lain yang menyenangkan dan bisa dilakukan bersama orangtua adalah memasak. Memasak terbukti dapat menumbuhkan kebersamaan serta memperkuat bonding dalam keluarga.

Orangtua bisa mencoba berbagai resep masakan dan meminta anak untuk membantunya. Ketika masakan siap, seluruh keluarga akan makan bersama-sama dan mengapresiasi keterlibatan anak. 

Nah, itu tadi beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan dengan anak di rumah. Ternyata ada banyak aktivitas menarik yang bisa dicoba. Selain seru, kegiatan ini juga akan menciptakan banyak dampak positif untuk anak, lho. 

Baca Juga: Berdampak Serius, 5 Alasan Penting Terapkan Parenting Sejak Dini

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya