Comscore Tracker

5 Manfaat Gadget untuk Anak, Bisa buat Belajar dan Gak Melulu Buruk

#IDNTimesLife maksimalkan manfaatnya yuk

Dalam masa pandemik COVID-19 seperti sekarang, banyak kegiatan anak yang harus dilakukan secara virtual. Misalnya, belajar, bersosialisasi dengan teman-teman, hingga bermain. Akibatnya, anak menjadi lebih sering beraktivitas dengan gadget

Arahan dan pendampingan orangtua akan membantu anak agar mendapatkan manfaat positif dari gadget. Dalam rilis dari itel, ini dia beberapa manfaat gadget untuk anak dengan pengawasan dan arahan dari orangtua.

1. Meningkatkan keterampilan motorik

5 Manfaat Gadget untuk Anak, Bisa buat Belajar dan Gak Melulu Burukilustrasi anak bermain gadget. (unsplash.com/Robo Wunderkind)

Keterampilan motorik berhubungan dengan gerakan tubuh, seperti jari, tangan, kaki dan bagian tubuh lain. Kemampuan ini akan membantu anak melakukan berbagai kegiatan, misalnya menulis, menggambar, hingga bermain. 

Gawai dapat membantu anak meningkatkan kemampuan motorik. Dengan pengawasan yang tepat, penggunaan gadget akan merangsang keterampilan menggenggam, menggerakkan jari, dan hal lain dengan resiko yang minim.

2. Gadget dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak

5 Manfaat Gadget untuk Anak, Bisa buat Belajar dan Gak Melulu BurukIlustrasi anak bermain gadget. (unsplash.com/Robo Wunderkind)

Tak hanya kemampuan motorik, pemanfaatan gadget dengan baik juga bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitifnya. Kemampuan kognitif merupakan kemampuan anak memproses pengetahuan melalui informasi dan pengalaman yang didapat. 

Kemampuan ini meliputi keterampilan untuk mengingat, membuat keputusan, hingga memecahkan masalah. Sebagai orangtua, kamu bisa memanfaatkan gawai untuk membantu memaksimalkan kemampuan ini. 

Misalnya, dengan permainan dan aplikasi interaktif yang tersedia di smartphone. Kamu bisa mendampingi anak untuk menonton video pembelajaran, bermain game teka-teki, serta kegiatan seru lainnya. 

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Mata Lelah akibat Kelamaan Memandang Gadget

3. Menumbuhkan sikap suportif melalui kompetisi

5 Manfaat Gadget untuk Anak, Bisa buat Belajar dan Gak Melulu BurukIlustrasi anak bermain gadget. (unsplash.com/stem.T4L)

Tak bisa dihindari, anak-anak yang sudah memahami cara penggunaan gadget, akan punya hobi bermain game. Melalui pengarahan yang tepat, hobi bermain game pada anak-anak dapat menciptakan dampak positif, lho! 

Melalui pengawasan dari orangtua, permainan di smartphone bisa menciptakan sikap suportif. Anak belajar memahami aturan bermain, menerima kekalahan, serta bergantian dengan lawan dalam bermain. 

4. Edukasi melalui gadget

5 Manfaat Gadget untuk Anak, Bisa buat Belajar dan Gak Melulu BurukIlustrasi anak bermain gadget. (unsplash.com/stem.T4L)

Berbagai situs edukasi dapat diakses melalui teknologi komunikasi. Internet mempermudah anak-anak untuk menikmati video edukasi, program interaktif, tutorial belajar dan berbagai layanan yang punya banyak manfaat lainnya. 

Orangtua perlu mengarahkan anak untuk memanfaatkan gawai sebagai saran edukasi. Dengan demikian, anak juga akan mendapat manfaat lebih banyak dari gadget-nya, tak hanya hiburan atau permainan saja. 

5. Bisa meningkatkan bonding dengan orangtua

5 Manfaat Gadget untuk Anak, Bisa buat Belajar dan Gak Melulu BurukIlustrasi bonding ibu dan anak (Pexels.com/Danik Prihodko)

Saat anak mengoperasikan gawai, orangtua berperan dalam mengawasi dan memastikan bahwa smartphone dapat memberikan manfaat lebih. Selama pengawasan tersebut, tentu orangtua dan anak mengalami interaksi yang berujung pada bonding.

Selama setahun terakhir, anak-anak belajar di rumah karena pandemik. Proses pembelajaran tak dapat berjalan maksimal tanpa peran orangtua yang membimbing proses pembelajaran yang krusial.

Nah, itu tadi beberapa manfaat penggunaan gadget terhadap anak-anak melalui pengawasan orangtua. Pastikan anak-anakmu mendapatkan manfaat lebih melalui smartphone, ya!

Baca Juga: Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini akan Kamu Alami Saat Kecanduan Gawai

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya