Comscore Tracker

10 Dekor Ruang dengan Sentuhan Warna Merah Terang yang Eklektik

Tampilkan karakter beranimu

Warna merah terang sering dihindari orang untuk dekor ruangan. Bukan hanya sifatnya yang mencolok, banyak juga yang kurang pede saat harus memadukannya dengan warna lain. Jalan pintasnya, merah dipadukan saja dengan warna hitam, abu-abu, dan putih yang netral.

Padahal ada banyak cara lain menempatkan sentuhan warna merah di ruangan. Seperti yang dilakukan beberapa orang lewat desain berikut. Selamat menyimak. 

1. Mengimbangi merah dengan warna pop lain 

10 Dekor Ruang dengan Sentuhan Warna Merah Terang yang Eklektikfreundevonfreunden.com

Dinding boleh putih, rangka jendela dan daun pintunya merah. Berpadu apik dengan ceiling kayu yang tegas, tapi tidak terlalu kontras. Mengimbangi merah mencoloknya bisa dengan ornamen dan perabot warna pop lain, tidak harus yang netral. Asal komposisinya tepat, ruangan pun gak terkesan seperti taman kanak-kanak, kok. 

2. Cukup beberapa ornamen merah di ruangan

10 Dekor Ruang dengan Sentuhan Warna Merah Terang yang Eklektikthedesignfiles.ne

Tidak harus cat dinding dan perabot besar yang berwarna merah. Bisa tuh merah kamu pilih untuk warna kap lampu dan tanaman hias. Makin keren, saat ada hydrant  berwarna merah atau bekasnya yang di ilustrasi di atas dipakai jadi pot tanaman. Nyambung sama palet warna ruangan, nih. 

3. Merah di tengah dominasi putih

10 Dekor Ruang dengan Sentuhan Warna Merah Terang yang Eklektikinstagram.com/eurowomandk

Agar tak terkesan biasa, silakan tambahkan detail-detail lainnya seperti parquet kayu untuk lantai, atau bisa juga dudukan rotan untuk kursinya. 

4. Perabot eklektik warna merah yang ramaikan suasana

10 Dekor Ruang dengan Sentuhan Warna Merah Terang yang Eklektikcotemaison.fr

Sudah merah, eklektik pula gaya perabot di ruangan ini. Mulai dari sofa single-nya yang unik sampai meja aksennya yang berkaki logam. Masih dipadu dengan lampu arsiteknya yang modern di kedua sisi. Bagaikan galeri seni sih kalau begini. 

5. Suka gaya klasik, pakai merah juga bisa

10 Dekor Ruang dengan Sentuhan Warna Merah Terang yang Eklektikinstagram.com/dominomag/

Tinggal tambahkan selimut, lampu, dan satu bantal aksen berwarna merah. Padu dengan ornamen dan detail yang sudah ada di kamar. Semudah ini, tinggal telaten cari corak yang tepat, ya. 

Baca Juga: 9 Tips Bikin Dekor Ruangan Eklektik Berbekal Detail Sederhana

6. Cukup satu aksen merah di ruangan

10 Dekor Ruang dengan Sentuhan Warna Merah Terang yang Eklektikhouseandgarden.co.uk

Tidak perlu terlalu banyak elemen berwarna merah. Boleh tempatkan satu warna merah sebagai aksen di ruangan misalnya tirai seperti contoh di atas. 

7. Pipa merah untuk rumah industrial 

10 Dekor Ruang dengan Sentuhan Warna Merah Terang yang Eklektikinstagram.com/studio_db

Kalau rumahmu kebetulan bertema industrial, boleh tuh tonjolkan detail berupa pipa dengan mewarnainya dengan cat merah. Langsung jadi aksen yang tak terbantahkan di ruangan yang netral. 

8. Dipadu dengan koleksi tanaman, aduhai pula warna merah ini

10 Dekor Ruang dengan Sentuhan Warna Merah Terang yang Eklektikinstagram.com/historiasdecasa

Banyak warna yang bisa dipadu dengan tanaman hijau, termasuk warna merah pada kabinet ini. Agar perpaduannya subtle alias tidak terlalu kontras, padu merah dengan warna cokelat kayu. 

9. Duotone merah putih yang gak mirip bendera

10 Dekor Ruang dengan Sentuhan Warna Merah Terang yang Eklektikinstagram.com/historiasdecasa

Ingin memberikan sentuhan merah yang lebih kentara di rumah. Coba bikin dinding duotone seperti ini. Pilih warna merah bata atau marun yang punya unsur jingga/cokelat di dalamnya, lalu padu dengan perabot kayu. Warna kayu cukup netral, tetapi bisa memberikan tekstur dan transisi warnanya tidak kelewat kontras seperti hitam atau abu-abu. Pas untuk menyambungkan dua warna kontras, merah dan putih.

Untuk membuat warna dinding seperti ini, pastikan dulu kondisi dinding bagus dan tidak lembab agar warnanya bisa menempel merata. 

10. Cukup pasang karpet warna merah 

10 Dekor Ruang dengan Sentuhan Warna Merah Terang yang Eklektikinstagram.com/rebeccaandgenevieve

Takut akan berubah pikiran alias tipe yang suka bereksperimen dan ganti suasana, cukup tempatkan warna merah di bagian karpet saja. Lagi-lagi perpaduannya bisa dengan warna rotan dan kayu terang. Lebih enak dipandang mata. 

Itu beberapa tips menempatkan warna merah sebagai aksen di ruangan. Silakan bereksperimen. 

Baca Juga: 10 Desain "Eklektik" Favorit Raisa yang Pasti Ingin Kamu Adopsi

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya