Comscore Tracker

10 Inspirasi Dekorasi Classic Scandinavian untuk Berbagai Ruangan 

Keren juga nih untuk pasangan muda

Desain interior Skandinavia memang sedang tren saat ini. Ia identik dengan desain rumah modern dan kekinian. Namun, siapa sangka ternyata dekor rumah ala Skandinavia sebenarnya sudah ada sejak awal abad 20 dan beberapa furniturnya pun dapat memberikan kesan vintage atau klasik di ruangan. 

Tentunya sentuhan klasiknya berbeda dengan konsep retro atau Victorian yang mungkin tidak untuk semua orang. Lebih terkesan timeless dan netral, siapa pun bakal suka melihat gaya ringkasnya. Coba lihat dulu beberapa demo dekorasi classic Scandinavian di bawah ini. 

1. Kursi lawas yang dimodifikasi dengan cushion baru bikin ruang tamu lebih hidup

10 Inspirasi Dekorasi Classic Scandinavian untuk Berbagai Ruangan designsponge.com

Kursi lawas ini biasanya sudah tersingkirkan dari tren atau teronggok di gudang. Namun, dengan sedikit ketelatenan mengganti cover cushion-nya jadi baru, kursi ini pun bisa diletakkan di ruang tamu dan jadi aksen yang keren. 

2. Begitu pula dengan beberapa perabot lawas ini, jadi lebih hype dengan sedikit polesan

10 Inspirasi Dekorasi Classic Scandinavian untuk Berbagai Ruangan escuyer.tumblr.com

Perabot lawas juga bisa kamu sulap jadi aksen di ruang tamu. Perhatikan kap lampu, meja kopi, serta kabinetnya. Semuanya tren yang sempat ditinggalkan, tetapi ternyata mampu menampilkan konsep klasik Skandinavia di rumah. Agar lebih hidup, kamu tinggal mengganti cushion sofa dan menambahkan bantal dengan sarung bertekstur. 

3. Kursi meja makan tampilkan kesan kuno dan modern dalam saat yang bersamaan

10 Inspirasi Dekorasi Classic Scandinavian untuk Berbagai Ruangan instagram.com/cerealmag

Kursi meja makan ini juga sebenarnya cukup kuno dari segi desain, tetapi dipoles agar tampak baru. Dipadu dengan meja dengan desain sederhana ala Skandinavia. Jadilah space multifungsi, bisa untuk makan atau bekerja. 

4. Bangkitnya geliat perabot berbahan rotan setelah sempat terlupakan

10 Inspirasi Dekorasi Classic Scandinavian untuk Berbagai Ruangan instagram.com/cerealmag

Perabot rotan pasti ada di setiap rumah-rumah lawas, mungkin kamu pernah menemuinya di masa kecil. Sempat dilupakan, ia kembali menghiasi tren desain kekinian dan jadi salah satu kunci mudah menghadirkan konsep classic Scandinavian di rumah. 

5. Kembalinya warna-warna jadul ke tren masa kini, salah satunya earthy green

10 Inspirasi Dekorasi Classic Scandinavian untuk Berbagai Ruangan gatesinteriordesign.com

Gaya dekor classic Scandinavian juga diuntungkan dengan kembalinya warna-warna jadul ke tren masa kini. Seperti warna earthy green ini. Saat dipadu dengan kayu terang atau gelap sekalipun, hasilnya benar-benar memukau. Klasik, elegan, tak norak. 

Baca Juga: Inspirasi Rumah Bergaya Scandinavian dengan LB 65m, Ada Mini Bar Juga!

6. Pilihan warna earthy green yang lebih kalem cocok diaplikasikan di kamar tidur

10 Inspirasi Dekorasi Classic Scandinavian untuk Berbagai Ruangan instagram.com/cerealmag

Selain warna earthy green dengan tone gelap, coba warna kalem untuk diaplikasikan di dalam kamar seperti ini. Warna ini dulu pernah hits di tahun 90an, masih ingat? Apalagi dengan cat duotone seperti ini, kesan klasiknya dapet banget. 

7. Coba perpaduan warna yang sama di kamar mandi seperti ilustrasi di bawah ini

10 Inspirasi Dekorasi Classic Scandinavian untuk Berbagai Ruangan hunker.com

Pilihan warna tile putih dan hijau earthy yang kalem ternyata mampu ciptakan suasana classic Scandinavian. Perkuat dengan pemilihan furniture yang sederhana. Cocok untuk yang sosok yang ringkas dan tak suka menaruh banyak barang di kamar mandi. 

8. Atau cukup aplikasi satu warna klasik di kamar mandi boleh juga

10 Inspirasi Dekorasi Classic Scandinavian untuk Berbagai Ruangan houseblairjournal.feminatalk.ru

Gaya classic Scandinavian di kamar mandi bisa pula kamu ciptakan dengan mengaplikasikan satu warna earthy seperti abu-abu pastel ini. Baik untuk lantai maupun dinding, tinggal lengkapi dengan furniture berwarna kontras. 

9. Dipan jadul diadu dengan lemari simple berwarna pop

10 Inspirasi Dekorasi Classic Scandinavian untuk Berbagai Ruangan instagram.com/lillelova

Selain warna-warna earthy, gak ada salahnya kamu mencoba warna kuning atau warna pop lain di dalam kamar. Dipadu dengan dipan jadul pun aduhai. 

10. Kamar anak yang vintage, tetapi jauh dari kesan kusam

10 Inspirasi Dekorasi Classic Scandinavian untuk Berbagai Ruangan instagram.com/donnerstagsonntag

Biasanya desain vintage atau klasik akan cenderung membuat ruangan jadi kusam dan kurang menarik, utamanya untuk anak dan remaja. Namun, tidak dengan bantuan pemilihan warna rak, karpet, dan keberadaan gallery wall seperti contoh di atas. Meja dan kursi belajar tua pun berpadu apik dengan semua elemen di kamar itu. 

Menarik semua, bukan? Cocok untuk kamu yang hendak menghadirkan nuansa klasik yang elegan. Sifatnya yang timeless dan cenderung netral bisa mengakomodasi selera semua penghuni rumah. 

Baca Juga: 7 Inspirasi Dapur Konsep Scandinavian, Keluarga Muda Wajib Intip!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya