Comscore Tracker

8 Elemen Dekor yang Terinspirasi dari Tren Desain 1960-an 

Bisa diadopsi sesuai selera

Tahun 1960-an sering disebut sebagai era emas untuk hampir semua bidang, mulai dari politik, ekonomi, olahraga, hingga seni. Meski masih dalam suasana Perang Dingin dan Perang Vietnam, era 60-an turut diwarnai wacana penghapusan kebijakan pemisahan rasial di beberapa negara, eksplorasi ruang angkasa, hingga inovasi-inovasi dalam bidang seni. 

Banyak film, poster, hingga perabot ikonik yang dirilis di era tersebut. Menariknya, setelah hampir lima dekade, tren 60-an kembali menyeruak di tahun 2020 ini. Belum sadar yang mana saja? Berikut beberapa elemen dekor 60-an yang kini makin sering tampil di lini masamu.

1. Platform

8 Elemen Dekor yang Terinspirasi dari Tren Desain 1960-an Platform (instagram.com/samuel_hartnett)

Keberadaan platform di dalam rumah sangat awam ditemukan pada rumah-rumah tahun 60-an. Umumnya, diposisikan di ruang tengah atau dapur. Langsung jadi penyekat yang seamless antar satu ruang dengan ruang lainnya.  

2. Panel kayu 

8 Elemen Dekor yang Terinspirasi dari Tren Desain 1960-an Wood paneling (instagram.com/dinesen)

Panel kayu bisa dipasang di dinding atau perabot sebagai aksen. Kayu yang disusun berjajar dengan rapi ini masih jadi ikon 60-an yang digemari hingga sekarang. Timeless banget!

3. Darker wood tones

8 Elemen Dekor yang Terinspirasi dari Tren Desain 1960-an Kayu gelap (instagram.com/carothersphoto)

Ciri khas lainnya adalah pemilihan warna finishing gelap pada kayu. Penggemar perabot antik yang berbahan kayu-kayu lokal bisa mengadopsi konsep desain interior 60-an nih. 

4. Kap lampu space age

8 Elemen Dekor yang Terinspirasi dari Tren Desain 1960-an Kap lampu vintage (instagram.com/andtradition)

Tahun 60-an adalah puncak Perang Dingin yang diiringi pula dengan persaingan eksplorasi ruang angkasa antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Gak heran jika banyak yang menyebut era tersebut sebagai space age.

Di bidang seni sendiri, selain dirilisnya film Star Trek, beberapa desainer perabot pun mulai mengadopsi bentuk-bentuk benda ruang angkasa. Tak terkecuali desain kap lampu. Bentuk setengah lingkaran sangat awam dilihat pada masa itu dan sampai kini masih digemari. 

Baca Juga: 10 Dekor Kamar Artsy Buatan Sendiri yang  Tampak Profesional

5. Geometric bold patterns 

8 Elemen Dekor yang Terinspirasi dari Tren Desain 1960-an Macrame (instagram.com/nytimes)

Motif-motif mencolok baik di dinding atau lantai masuk salah satu ciri khas rumah 60-an. Meski sebenarnya motif-motif berani sudah dipakai di era sebelumnya, tahun 60-an identik dengan corak geometris yang berkaitan dengan tren eksplorasi ruang angkasa. 

6. Perabot berbentuk nyeleneh

8 Elemen Dekor yang Terinspirasi dari Tren Desain 1960-an Perabot berbentuk nyeleneh (instagram.com/be.esign)

Selain kap lampu, tahun 60-an juga melahirkan banyak kursi-kursi nyentrik yang masih terinspirasi ruang angkasa. Salah satunya kursi panton yang dikembangkan dari lengkungan berbentuk huruf S.

7. Sofa berlengan

8 Elemen Dekor yang Terinspirasi dari Tren Desain 1960-an Armchair (instagram.com/studiomellone)

Selain kursi panton, tahun 60-an adalah tahunnya sofa dan kursi berlengan. Rasanya gak lengkap saat hendak mereplika konsep rumah 60-an tanpa kehadiran kursi berlengan. Buat yang kesusahan cari perabot dengan bentuk nyeleneh ala space age, sofa berlengan bisa jadi solusi.

8. Karpet bertekstur

8 Elemen Dekor yang Terinspirasi dari Tren Desain 1960-an Karpet bertekstur (instagram.com/studiogiancarlovalle)

Sepertinya di tahun 60-an, minimalisme yang hambar bukan sesuatu yang difavoritkan. Selalu ada selipan menarik untuk interior rumah. Contoh di atas misalnya, warna karpetnya boleh kuning polos, tetapi sengaja dipilih yang materialnya bertekstur untuk menyemarakkan suasana. Mengimbangi warna perabot dan dinding yang mute.

Tren memang terus berputar, bakal lelah kalau mau mengikutinya terus. Kuncinya jeli memilih elemen-elemen yang timeless dan gak bikin menyesal di kemudian hari. 

Baca Juga: 9 Ide Spot untuk Meletakkan Tanaman Indoor, Indah Jadi Dekorasi Rumah

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya