Comscore Tracker

5 Cara Membangun Ikatan Emosional dengan Anak untuk Orangtua Pekerja

Mulai dari hal-hal yang sederhana

Pentingnya membangun ikatan emosi dengan anak harus benar-benar dipahami oleh semua orangtua di zaman modern ini. Ketika orangtua dan anak memiliki ikatan emosional yang baik, anak akan tumbuh menjadi sosok yang berkepribadian baik. Orangtua yang tinggal di rumah sungguh beruntung karena mereka mempunyai banyak waktu untuk bersama dengan anak-anak dan dapat membangun ikatan yang kuat dengan mereka. Sementara  bagi orangtua yang bekerja seperti saya, peluang seperti ini harus pandai-pandai kita ciptakan. Jangan sampai kesibukan kita membuat buah hati terabaikan. Berikut ini beberapa cara yang saya lakukan untuk membangun ikatan emosional yang kuat dengan anak.

1. Membacakan buku cerita

5 Cara Membangun Ikatan Emosional dengan Anak untuk Orangtua PekerjaInstagram.com/miasamare

Selalu meluangkan waktu untuk membacakan dongeng pada anak menjelang tidur merupakan salah satu cara yang ampuh dalam upaya membangun ikatan emosi yang kuat antara orangtua dengan anak. Selain itu, membacakan dongeng sebelum tidur bisa menjadi salah satu momen intim yang tak akan dilupakan anak. Momen ketika kita selesai membacakan cerita, mengucapkan selamat tidur, lalu mengecup keningnya akan membekas dalam ingatan si anak. Kegiatan ini pun tidak menyita waktu. Cukup sediakan waktu 10 sampai 20 menit saja. 

2. Membantu mengerjakan PR

5 Cara Membangun Ikatan Emosional dengan Anak untuk Orangtua Pekerjasheknows.com

Peluang lain untuk memperkuat ikatan kita dengan anak adalah pada saat membantu mereka mengerjakan Pekerjaan Rumah dari sekolah. Kita bisa membagi tugas dengan pasangan. Misal, untuk PR matematika dibantu papa-nya sementara PR bahasa inggris dibantu mamanya.

3. Menciptakan "ritual" khusus untuk anak

5 Cara Membangun Ikatan Emosional dengan Anak untuk Orangtua Pekerjainstagram:raffinagita1717

Pada saat membereskan meja makan sehabis makan malam atau sarapan, dapat kita jadikan acara ritual khusus untuk menjalin ikatan dengan anak. Gunakan kesempatan tersebut untuk ngobrol seputar apa saja yang dialami anak pada hari itu. Jika anak kita lebih dari satu, lakukan sesuatu yangberbeda untuk setiap anak. Dan pastikan setiap anak akan merasa diperlakukan dengan adil pada saat melakukan kegiatan yang kita pilihkan untuk mereka. 

4. Pergi berkemah

5 Cara Membangun Ikatan Emosional dengan Anak untuk Orangtua Pekerjamyfamilytent.com

Saat berkemah, kita sekeluarga dapat bersantai menikmati liburan bersama-sama. Banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan, seperti membuat api unggun, bercerita di malam hari menjelang tidur dan lainnya. Kegiatan perkemahan ini merupakan peluang besar bagi kedua orangtua untuk menghabiskan quality time dengan anak-anak. 

5. Bersama-sama mengerjakan tugas harian rumah

5 Cara Membangun Ikatan Emosional dengan Anak untuk Orangtua Pekerjakveller.com

Pada akhir pekan, saat beres-beres rumah dapat dijadikan salah satu cara untuk membangun ikatan dengan anak bagi orangtua yang sibuk. Anak yang masih berusia muda pun sudah dapat ikut terlibat. Misalnya anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar dapat diminta untuk membantu mengepel lantai, memberi makan hewan peliharaan maupun menyiram tanaman.

Cara-cara tersebut sangat membantu para orangtua yang sibuk bekerja agar selalu membangun ikatan emosional kepada anak, sekalipun kita mempunyai jadwal aktivitas yang padat.

dwi lestari Photo Verified Writer dwi lestari

Masih newbie dalam hal tulis menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya