Comscore Tracker

Bahan Aman, 6 Inspirasi Sensory Play Murah Meriah untuk Anak-anak

#IDNTimesLife Bahannya dari makanan lembut dan aman!

Bermain dengan si kecil di rumah adalah momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh orangtua. Tak perlu repot ke taman bermain atau membeli mainan mahal, kamu cukup siapkan bahan yang ada di rumah untuk bermain sensory play. 

Ya, permainan seru yang bertujuan untuk menstimulasi perkembangan motorik halus anak dengan permainan sensori ini cocok untuk anak kamu yang menginjak usia 6-9 bulan. 

Untuk yang mau mengajarkan stimulasi perkembangan indra peraba, penglihatan, penciuman, pengecap, dan pendengaran anak, bermain sensory play adalah solusinya.

Simak, yuk, inspirasi sensory play sederhana untuk si kecil yang mudah dibuat di rumah, bahan murah meriah sekaligus aman!

1. Bermain dengan aneka jenis buah potong 

Bahan Aman, 6 Inspirasi Sensory Play Murah Meriah untuk Anak-anakilustrasi anak bermain dengan buah (paxels.com/VanessaLoring)

Sensory play pertama yang cukup mudah untuk dibuat adalah menggunakan buah-buahan. Selain dapat menstimulus indra penglihatan anak dengan aneka warna buah yang menarik, tekstur buah-buahan yang beragam juga akan menstimulasi indra perabanya.

Potongan buah naga, pepaya, kiwi, strawberry, dan nanas bisa menjadi pilihan yang kalian coba. Biarkan anak belajar menggenggam, meremas, dan menyicipi potongan buah. Selain untuk stimulus motorik halus, kamu juga sekaligus mengenalkan buah-buahan pada si kecil dengan cara menyenangkan.

2. Bermain dengan tumpukan balok 

Bahan Aman, 6 Inspirasi Sensory Play Murah Meriah untuk Anak-anakilustrasi anak bermain dengan balok (pexels.com/Lisa)

Permainan berikutnya adalah menggunakan tumpukan balok. Kamu bisa memilih permainan tumpukan balok yang aman bagi anak.

Permainan ini berfungsi untuk menstimulus genggaman anak pada benda dan belajar untuk memindahkan dari satu tangan ke tangan lainnya. Jika sudah sering dikenalkan dengan permainan balok, kamu bisa secara perlahan mengajarkan anak untuk menyusun balok-balok tersebut.

3. Bermain dengan spons mengapung 

Bahan Aman, 6 Inspirasi Sensory Play Murah Meriah untuk Anak-anakilustrasi anak bermain dengan spons (lovevery.com)

Untuk permainan dengan spons mengapung, kamu bisa siapkan wadah yang diisi dengan air lalu letakan dua spons di dalamnya.

Ajak anak untuk mencelupkan tangannya terlebih dahulu ke dalam wadah berisi air. Jika anak sudah mengenal dan mulai bermain dengan air, arahkan ia untuk meraih spons dengan kedua tangannya.

Anak akan merasakan tekstur lembut dari spons sekaligus belajar meraih spons yang mengapung serta bergerak-gerak. Saat sedang melakukan permainan ini, pastikan anak tidak ditinggal sendirian, ya.

Baca Juga: Tips Menghindari Stres bagi Anak di Masa Pandemik, Atur Waktu Bermain!

4. Bermain dengan beras berwarna 

Bahan Aman, 6 Inspirasi Sensory Play Murah Meriah untuk Anak-anakilustrasi anak bermain dengan beras berwarna (busytoddler.com)

Beras berwarna dapat kamu buat dengan mencampurkan beras putih dengan pewarna makanan. Kamu bisa memilih tiga warna dominan seperti merah, kuning, dan hijau, lalu letakan beras tersebut dalam sebuah wadah.

Tekstur beras yang sedikit kasar dan kecil akan menstimulus indra peraba anak. Lihat juga apakah anak mampu meraup beras menggunakan tangannya. Sama seperti permainan lainnya, selalu perhatikan anak agar tidak memasukan beras ke dalam mulut.

5. Bermain dengan bihun warna-warni 

Bahan Aman, 6 Inspirasi Sensory Play Murah Meriah untuk Anak-anakilustrasi anak bermain dengan bihun berwarna (runlikeale.com)

Untuk mengenalkan jenis tekstur lainnya, kamu dapat memilih bihun yang sudah direbus terlebih dahulu lalu diberikan pewarna makanan seperti pada permainan beras warna-warni.

Tekstur lembut dari bihun yang panjang tentu menarik untuk dimainkan oleh anak.

6. Bermain dengan botol hangat dan dingin 

Bahan Aman, 6 Inspirasi Sensory Play Murah Meriah untuk Anak-anakanak bermain dengan botol (lovevery.com)

Setelah bermain dengan tekstur, selanjutnya kamu bisa mencoba menggunakan botol yang berisi air hangat dan dingin.

Sediakan dua botol kecil yang mudah digenggam oleh anak. Isi salah satu botol dengan air hangat, lalu berikan pewarna makanan warna merah. Lalu isi botol lainnya dengan air dingin dan berikan pewarna makanan biru.

Pastikan suhu masing-masing botol tidak terlalu ekstrem agar aman dimainkan oleh anak. Kenalkan satu per satu botol pada anak sampai ia nyaman menggenggam dan bermain dengan botol tersebut.

Jangan lupa, dalam bermain sensory play, selalu dampingi dan perhatikan anak kamu, ya. Jangan tinggalkan anak sendirian dan pastikan ia dalam kondisi aman dan nyaman. Selamat mencoba~

Baca Juga: Penghilang Stres, Ini 5 Manfaat Bermain Playdough untuk Anak-anak

Dyvia Mega Photo Writer Dyvia Mega

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya