Comscore Tracker

Nyamuk Pembunuh Nomor 1 di Dunia, Ternyata Ini 5 Alasannya

Be aware ya guys

Kalau mendengar hewan mungil yang satu ini, pasti kamu ingin membunuhnya. Bagaimana nggak, rasa gatal, perih, dan kemerahan akibat gigitan nyamuk ini bisa membuat kamu menjadi nggak nyaman dan kesal banget kan? Tapi, alih-alih kamu ingin membunuh, ternyata nyamuk juga bisa membunuh kamu lho. Eits, jangan ketawa dulu! Walau terkesan nggak masuk akal, tapi nyamuk adalah hewan pembunuh nomor 1 di dunia. 

Dokter Militer Inggris Ronald Ross melakukan penelitian tentang penularan penyakit mematikan malaria dan tepat pada 20 Agustus 1987, Ross berhasil menemukan sista-sista berpigmen parasit atau oosista malaria plasmodium falciparium pada dinding lambung nyamuk anopheles.

Maka, ia mendeklarasikan bahwa 20 Agustus merupakan Hari Nyamuk Sedunia.Ross ingin mengingatkan masyarakat dunia bahwa keberadaan nyamuk harus diwaspadai. Faktanya, nyamuk bisa merenggut nyawa seseorang melalui penyakit yang dibawa oleh nyamuk, seperti malaria, demam berdarah dan chikungunya. Nah, biar kamu percaya, yuk simak alasan di bawah ini!

1. Nyamuk menyebabkan cacat permanen

Nyamuk Pembunuh Nomor 1 di Dunia, Ternyata Ini 5 Alasannyashutterstock.com/saukoandrei

Guys, sebelum kita mengulasnya, kamu tahu nggak sih kalau hari ini adalah Hari Nyamuk Sedunia? Seperti yang disebutkan di awal paragraf, hari ini adalah hari nyamuk sedunia guys. Ross ingin semua masyarakat dunia untuk menghindari gigitan nyamuk. Jadi, kamu harus lebih aware lagi ya sama gigitan-gigitan nyamuk. Soalnya, gigitan nyamuk ini bisa membuat kamu cacat permanen lho.

Sepele sih, tapi kita nggak bisa pungkiri jika nyamuk bisa membuat seseorang lumpuh sementara bahkan sampai permanen. Penyakit Lympathic Filariasis pernah melanda dunia karena telah membuat 120 juta orang lumpuh permanen.

Hal ini disebabkan oleh nyamuk yang menyebarkan parasit berukuran sangat kecil pada darah seseorang yang lama kelamaan dapat merusak jaringan otot dan ginjal. Nah, dari sinilah seseorang bisa menjadi lumpuh permanen, guys.

2. Nyamuk menyebarkan demam kuning

Nyamuk Pembunuh Nomor 1 di Dunia, Ternyata Ini 5 Alasannyashutterstock.com/draganagordic

Percaya nggak percaya, nyamuk juga bisa membuat seseorang terkena demam kuning. Bahkan, demam kuning akibat nyamuk ini bisa dialami oleh ratusan ribu orang di dunia. Hanya dengan sekali gigit, seseorang akan mengalami demam berkepanjangan hingga akhirnya divonis mengalami demam kuning. Parahnya lagi, penyakit ini belum ada obatnya lho. 

3. Nyamuk menyebarkan Malaria

Nyamuk Pembunuh Nomor 1 di Dunia, Ternyata Ini 5 Alasannyashutterstock.com/dimid_86

Wabah malaria masih menjadi hal yang menakutkan di dunia. Di Indonesia sendiri, malaria masih saja “menjamur” di wilayah-wilayah timur seperti NTT, Papua dan Papua Barat. Selama ini malaria dianggap sebagai penyakit yang muncul akibat gigitan nyamuk Anopheles, guys. 


Nah, malaria ini akan menggerogoti tubuh hingga seseorang meninggal. Nggak cuma itu aja, malaria juga dapat membuat perekonomian seseorang bahkan suatu negara menjadi nggak stabil lho. Soalnya, untuk mengobati penyakit malaria, kamu membutuhkan biaya yang cukup banyak. Wah, jangan sampai ya kamu terkena malaria ya!

Nyamuk Pembunuh Nomor 1 di Dunia, Ternyata Ini 5 Alasannyashutterstock.com/galitskaya

Melihat dari parahnya dampak malaria dan penyakit lainnya akibat nyamuk, WHO dan Kementerian Kesehatan menyarankan kita semua untuk menghindari gigitan nyamuk. Kamu bisa rutin membersihkan rumah dan menutup genangan air, atau menggunakan pakaian terang yang sangat dibenci oleh nyamuk.

Nyamuk Pembunuh Nomor 1 di Dunia, Ternyata Ini 5 AlasannyaShopee.com

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lotion antinyamuk dari Soffell yang bakalan bikin kamu terhindar dari ganasnya gigitan nyamuk sehingga kamu aman dari penyakit mematikan seperti malaria dan demam berdarah. Lagi pula, tidurmu juga pasti nyenyak lho. Soffell memberikan dua perlindungan, yaitu memiliki aroma dan rasa yang nggak disukai oleh nyamuk. Varian aromanya pun macam-macam seperti bunga geranium, kulit jeruk, daun sereh, bengkuang dan apel. Kamu suka varian mana guys? Kalau IDN Times sih sukanya varian kulit jeruk.

Nyamuk Pembunuh Nomor 1 di Dunia, Ternyata Ini 5 AlasannyaTokopedia.com

Tapi, nggak cuma Soffell aja, untuk perlindungan di dalam rumah atau ruangan pun kamu bisa menggunakan aerosol pemati nyamuk seperti Forcemagic 2in1. Aerosol ini dapat mematikan nyamuk 'zombie', nyamuk yang bisa hidup kembali jika disemprot dengan merek lain. Selain itu, Forcemagic 2in1 menggunakan eucalyptus oil sehingga dapat mencegah nyamuk dari luar ruangan masuk. Hebat banget kan?

Sebagai bentuk kepedulian untuk mencegah bahaya nyamuk, Soffell dan Forcemagic 2in1 memberikan promo khusus nih buat kamu. Kira-kira promonya apa ya? Yuk klik di sini untuk melihat promo Soffell dan klik di sini untuk melihat promo Forcemagic 2in1 ya!

4. Nyamuk sulit diberantas

Nyamuk Pembunuh Nomor 1 di Dunia, Ternyata Ini 5 Alasannyashutterstock.com/ronstik

Walau usia nyamuk hanya bertahan dua hari, tapi populasi nyamuk nggak akan ada habisnya. Guys, nyamuk tuh hewan yang paling cepat berkembang biak lho. Hanya sekali bertelur aja, nyamuk bisa menghasilkan ratusan jentik nyamuk. Nyamuk juga pandai banget bersembunyi, misalnya di lipatan-lipatan bantal dan kasur. Nah, tapi kamu nggak perlu resah selama kamu menggunakan Soffell dan Forcemagic 2in1 di rumahmu!

5. Nyamuk memilih targetnya

Nyamuk Pembunuh Nomor 1 di Dunia, Ternyata Ini 5 Alasannyashutterstock.com/ilovephoto_ka

Kata siapa nyamuk nggak pandang bulu saat menghisap darah? Setelah diusut oleh sebuah studi khusus, ternyata nyamuk mengincar seseorang yang memiliki darah paling manis dan berbau kolesterol. Nyamuk juga memilih seseorang yang punya bau bakteri di dalam kulit. Makanya, ketika seseorang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, dia akan mudah terserang penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk. Ih, menyebalkan banget ya nyamuk?

Tapi guys, sebagai millennial yang cerdas, kita nggak boleh kalah dong dari si vampir cilik, nyamuk. Kamu bisa mencegah gigitan nyamuk dengan Soffell dan Forcemagic 2in1! Tentu kamu mau tidur nyenyak dan berkualitas dong?

Topic:

  • Vika Widya Alfianti

Just For You