Comscore Tracker

5 Cara agar Suami Semangat Bekerja, Istri Perlu Tahu!

Istri harus proaktif memotivasi suami  

Mencari nafkah untuk keluarga adalah tugas suami. Namun, harus diakui bahwa bekerja kadang terasa melelahkan dan membosankan, yang kemudian membuat suami kehilangan motivasi dan malas bekerja.

Sebagai istri, kamu tentu khawatir jika melihat suami malas, terlebih jika sumber pemasukkan keluarga hanya berasal dari suami. Kendati demikian, jangan sampai kamu marah atau mengucapkan kata-kata yang bisa memicu konflik dengan suami.

Ada cara yang lebih baik yang bisa kamu lakkukan untuk memberi semangat kepada suami tanpa perlu memicu konflik. Apa saja itu? Lihat daftarnya di bawah ini.

1. Berikan dorongan positif  

5 Cara agar Suami Semangat Bekerja, Istri Perlu Tahu!ilustrasi pasangan suami istri (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Jangan memotivasi melalui hal-hal negatif atau terkesan menyuruh karena ini akan membuat siapa pun tertekan alih-alih termotivasi. Jadi, buatlah poin untuk tetap positif tetapi serius.

Biarkan dia tahu bahwa kamu menaruh kepercayaan padanya. Perhatikan kemajuan yang ia raih dan berikan pujian positif. Ingatkan dia akan semua kemajuan yang ia raih sejak pertama kali bekerja hingga saat ini.

2. Hindari mengomel dan mengingatkan terus  

5 Cara agar Suami Semangat Bekerja, Istri Perlu Tahu!ilustrasi suami dan istri sedang bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Suami mungkin kesulitan untuk tetap termotivasi secara teratur. Seperti, berhenti melakukan sesuatu, tidak menunjukkan upaya terbaik untuk pekerjaannya, atau sering mengeluh mengenai pekerjaannya.

Saat suami menunjukkan sikap ini, jangan menambah beban suami dengan memaksanya untuk terus bekerja keras. Berikan pengingat lembut atau komentar tentang bagaimana keadaannya. Juga, berikan kesempatan bagi suami untuk berbicara tentang rasa frustrasinya dan berikan dukungan. Seringkali, suami hanya butuh tempat curhat untuk mengeluarkan semua uneg-uneg agar suasana hatinya membaik.

Baca Juga: 7 Sikap Pria Sejati yang Banyak Diidamkan Perempuan sebagai Suami

3. Jangan memberikan bantuan yang tidak diminta  

5 Cara agar Suami Semangat Bekerja, Istri Perlu Tahu!ilustrasi istri menemani suami bekerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Jika suami menginginkan bantuan, dia akan mengatakannya. Jangan pernah mengambil tindakan jika ia tidak memintanya. Jangan bertingkah seperti kamu adalah bosnya atau mengambil keputusan yang berkaitan dengan pekerjaanya.

Jika dia meminta saran darimu, katakan padanya apa yang kamu pikirkan. Namun, pada akhirnya, beri dia kebebasan untuk mengendalikan pekerjaannya sendiri.

4. Bantu dia mengelola stres  

5 Cara agar Suami Semangat Bekerja, Istri Perlu Tahu!ilustrasi suami dan istri sedang berbicara (pexels.com/Andres Ayrton)

Kehidupan pekerjaan tidak akan datang tanpa stres dan frustrasi. Pastikan suami tahu kamu memperhatikan hal-hal kecil tentangnya. Dorong dia untuk tidur lebih awal jika dia terlihat lelah sepulang bekerja. Jika dia sering melewatkan jam makan karena pekerjaan, bawakan dia makan.

Duduklah bersamanya dan tanyakan bagaimana harinya, kemajuannya, dan apa yang ia pikirkan. Meskipun kamu tidak benar-benar membantu pekerjaannya, tapi membantu suami mengungkapkan uneg-uneg bisa membuatnya merasa lebih nyaman. 

5. Siapkan semua kebutuhan suami  

5 Cara agar Suami Semangat Bekerja, Istri Perlu Tahu!ilustrasi istri sedang memasak (pexels.com/Kamaji Ogino)

Saat di rumah, sering kali istri lebih sibuk daripada suami karena harus mengerjakan tugas-tugas rumah tangga dan mengurus anak. Namun, sesibuk apa pun seorang istri, jangan sampai lalai mengurus kebutuhan suami.

Di pagi hari, siapkan sarapan yang sehat untuk suami, siapkan pakaian untuk suami bekerja, buatkan makan siang bila perlu, antar suami sampai ke depan rumah, dan jangan lupa cium tangan sambil mengucapkan kalimat penyemangat. Hal-hal seperti ini bisa membuat suami merasa dihargai dan makin bersemangat bekerja.

Alih-alih terus mengingatkan suami akan semua kebutuhan rumah tangga dan kewajibannya sebagai tulang punggung keluarga, lebih baik gunakan kebaikan dan rasa hormat untuk membuatnya tetap semangat dalam bekerja. Dengan menerapkan semua langkah di atas, harapannya kamu dapat memotivasi suami untuk terus bekerja tanpa membuatnya tertekan.

Baca Juga: Ini 5 Alasan yang Bikin Suami Jarang Curhat pada Istrinya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya