Comscore Tracker

Penting! 5 Hal Ini Perlu Diajarkan pada Anak Perempuan Sejak Dini

#IDNTimesLife Bekal penting menghadapi dunia

Di zaman modern dan banyaknya kemajuan yang telah dibuat umat manusia, masyarakat di banyak tempat masih sering memeras perempuan secara emosional. Dari standar tubuh yang mustahil, menyalahkan korban perempuan, hingga tekanan untuk selalu mengutamakan orang lain, ada banyak tantangan yang harus dihadapi perempuan sejak remaja dan seterusnya.

Meskipun orangtua tidak selalu dapat melindungi anak perempuan dari dunia luar, ada banyak hal yang dapat orangtua lakukan untuk mencegah mereka menginternalisasi pesan sosial yang merusak. Secara khusus, orangtua perlu mengajarkan keterampilan emosional paling penting yang dibutuhkan anak perempuan untuk belajar menavigasi dunia dengan lebih efektif.

Berikut adalah beberapa keterampilan yang perlu diajarkan orangtua pada anak perempuan sejak kecil atau remaja dilansir situs Moms dan Protect Girl Images.

1. Bagaimana merasa cantik dan memiliki hubungan yang positif dengan diri sendiri

Penting! 5 Hal Ini Perlu Diajarkan pada Anak Perempuan Sejak Diniilustrasi anak perempuan sedang bercermin (pexels.com/Monstera)

Tenggelam di lautan media sosial di mana gadis-gadis yang dinilai menarik secara fisik mendapatkan lebih banyak penggemar, ini membuat banyak gadis mungkin tidak tahu bagaimana memandang diri mereka sendiri di luar objek yang diinginkan. Ajari putrimu bahwa dia cantik karena siapa dia di hati dan pikirannya, bukan karena penampilannya atau cara dia berpakaian.

Tanamkan keyakinan bahwa keindahan sejati memang datang dari dalam. Bantu dia memahami bahwa mencoba membuat ia menarik menurut standar orang lain adalah hal yang sia-sia. Bangun kepercayaan dirinya pada siapa dia dan jelaskan kepadanya bahwa kepercayaan diri bisa terpancar sebagai keindahan.

2. Bagaimana menyikapi dunia online

Penting! 5 Hal Ini Perlu Diajarkan pada Anak Perempuan Sejak Diniilustrasi anak perempuan menggunakan smartphone (pexels.com/Katerina Holmes)

Bantu anak perempuanmu menyadari bahwa dunia online bukanlah dunia nyata. Pastikan dia menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga daripada dengan komunitas online-nya.

Semakin banyak waktu yang dia habiskan untuk online, semakin besar peluangnya untuk merasa kecil hati tentang apa yang dimiliki gadis lain namun tidak ia miliki, seperti pakaian, uang, pengalaman mewah, bentuk tubuh, hingga hubungan asmara. Untuk itu, pastikan kamu selalu mengawasi agar anak tidak berlebihan dalam menggunakan media sosial.

Baca Juga: Setiap Ayah Wajib Membekali Anak Lelaki 5 Hal Ini, Demi Masa Depannya!

3. Bagaimana kita harus bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu

Penting! 5 Hal Ini Perlu Diajarkan pada Anak Perempuan Sejak Diniilustrasi anak sedang membaca buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kerja keras adalah sesuatu yang akan membawa anak perempuan lebih jauh di kehidupannya dan akan dibutuhkan di setiap bidang kehidupannya juga. Para orangtua harus mengajari putri mereka bahwa apa pun yang mereka inginkan dalam hidup harus diperoleh dengan kerja keras.

Ini termasuk nilai bagus di sekolah, mendapatkan pekerjaan, dipromosikan dalam karier mereka, dan hal lain dalam hidup. Baik anak laki-laki maupun perempuan harus sama-sama diajari soal kerja keras dan tidak boleh selalu dimanja. Jika orangtua tidak mengajari anak perempuan tentang kerja keras, maka mereka tidak akan termotivasi dan mengharapkan hal-hal terjadi begitu saja dalam hidup mereka. Jadi, mulailah mengajari mereka saat mereka masih muda betapa pentingnya kerja keras.

4. Olahraga adalah obat terbaik

Penting! 5 Hal Ini Perlu Diajarkan pada Anak Perempuan Sejak Diniilustrasi ibu dan anak sedang berolahraga (pexels.com/Valeria Ushakova)

Mengajari anak-anak untuk menjaga diri mereka sendiri adalah hal yang sangat penting, dan itu melibatkan makan dengan benar dan berolahraga secara teratur. Dibandingkan dengan anak perempuan, anak laki-laki lebih senang dengan aktivitas olahraga, seperti futsal, bulu tangkis, voli, basket, dan sebagainya. Jadi, penting bagi orangtua untuk mendorong putri mereka agar rajin berolahraga supaya mereka tumbuh dengan kebiasaan sehat yang baik.

Orangtua juga dapat mengajari anak-anak bahwa olahraga bisa menyenangkan dan merupakan cara yang bagus untuk mengeluarkan emosi. Jadi, jika suatu saat anak perempuanmu merasa frustrasi atau kesal, cobalah berjalan-jalan bersama mereka. Dan mereka akan merasakan secara langsung bahwa otak mereka akan mulai melepaskan bahan kimia yang membuat mereka merasa lebih baik.

5. Bagaimana membela diri sendiri

Penting! 5 Hal Ini Perlu Diajarkan pada Anak Perempuan Sejak Diniilustrasi orangtua dan anak sedang berbicara (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sejak lama, anak perempuan didorong oleh orangtua, guru, dan lingkungan untuk selalu bersikap manis, lembut, pemalu, dan penurut. Meskipun begitu, jangan lupa untuk memberitahu mereka bahwa tidak apa-apa untuk membela diri dan menyuarakan keyakinan dan pendapat mereka.

Jadi, beri tahu anak perempuan bahwa dia bisa mengekspresikan dirinya dengan kuat, tetapi dengan hormat. Juga, jika ada orang lain yang melakukan sesuatu yang tidak ia senangi, berdayakan dia untuk berani melawan dan berbicara.

Demikianlah hal-hal yang perlu diajarkan orangtua pada anak-anak perempuannya. Yang tak kalah penting, orangtua juga harus menjadi contoh bagi anak-anak agar mereka bisa berubah menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Keterampilan Sosial yang Wajib Orangtua Ajarkan pada Anak, Penting!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya