Comscore Tracker

5 Hal yang Tidak Boleh Dirahasiakan dari Orangtua, Demi Kebaikan!

Yuk, belajar terbuka untuk hal-hal berikut

Setiap orang pasti memiliki rahasia. Bahkan, terkadang ada hal yang dirahasiakan oleh orang-orang dari orangtuanya. Walaupun begitu, sebenarnya tidak semua hal boleh disembunyikan dari orangtua. Demi kebaikan bersama, hal-hal berikut ini sebaiknya tidak kamu rahasiakan dari orangtua. Memangnya apa saja?

1. Kondisi mental

5 Hal yang Tidak Boleh Dirahasiakan dari Orangtua, Demi Kebaikan!pexels.com/Min An

Kondisi mental merupakan hal yang penting diperhatikan dalam hidup. Menyembunyikan keadaan mental dari orangtua bisa membuat masalahmu jadi semakin buruk. Jadi, jangan sampai kamu menyembunyikan hal ini dari orangtua.

Kadang, tanpa disadari sikap orangtua yang justru menjadi penyebab masalah kesehatan mental pada anak. Akan tetapi, pada dasarnya, tidak ada orangtua yang ingin jadi sumber masalah bagi anaknya.

Oleh karena itu, biarkan orangtua tahu apa yang sedang kamu rasakan. Dengan begitu, orangtua bisa tahu bagaimana harus bersikap dan membantumu keluar dari masalah yang kamu alami.

2. Kondisi keuangan

5 Hal yang Tidak Boleh Dirahasiakan dari Orangtua, Demi Kebaikan!pexels.com/Karolina Grabowska

Setelah memasuki dunia kerja, banyak anak yang beranggapan bahwa keuangan merupakan urusan pribadi. Akhirnya, mereka menutup-nutupi kondisi keuangannya dari orangtua.

Jika selama ini penghasilanmu selalu lebih kecil daripada pengeluaranmu, kamu wajib memberitahu pada orangtuamu. Kamu mungkin tidak ingin membebani orangtua, tapi sebenarnya orangtua punya pengalaman yang jauh lebih banyak daripada kamu dan mungkin dapat membantu.

Jangan sampai, hanya karena tidak ingin membebani orangtua, kamu jadi terjebak utang yang justru akan memperparah masalah keuanganmu.

Baca Juga: 6 Cara Meyakinkan Orangtua tentang Mimpimu, Siap Berjuang? 

3. Lingkungan pertemanan

5 Hal yang Tidak Boleh Dirahasiakan dari Orangtua, Demi Kebaikan!pexels.com/nappy

Beberapa orangtua ada yang senang terlibat dalam hal pergaulan anak dan hanya memperbolehkan anak untuk bergaul dengan orang-orang tertentu. Jika anak merasa terlalu nyaman dengan lingkaran pergaulannya, bisa jadi anak justru menyembunyikan dengan siapa ia bergaul.

Yang perlu kamu pahami adalah, kadang orangtua aktif memantau pergaulan anak-anaknya. Orangtua juga sadar akan perubahan yang terjadi pada anak dan tidak ingin anaknya mendapatkan pengaruh yang buruk dari lingkungan.

Oleh sebab itu, berikanlah orangtua pengertian tentang seperti apa lingkungan pertemananmu dan jangan pernah menutup-nutupinya dari orangtua.

4. Asmara

5 Hal yang Tidak Boleh Dirahasiakan dari Orangtua, Demi Kebaikan!pexels.com/Andrea Piacquadio

Tak sedikit anak yang menyembunyikan asmaranya dari orangtua. Beberapa hal yang menjadi alasan adalah belum cukup umur, takut tidak direstui, atau malu.

Perlu kamu ketahui, menyembunyikan asmara bisa jadi fatal bagi dirimu sendiri. Dengan terbuka pada orangtua, kamu akan tahu apakah orangtua memberi restu atau tidak.

Orangtua juga tidak akan membiarkan kamu menjalin asmara dengan orang yang tidak baik atau tidak cocok dengan prinsip keluarga. Selain itu, terbuka pada orangtua juga dapat mengantisipasi agar tidak terjadi hal yang buruk padamu.

5. Harapan di masa depan

5 Hal yang Tidak Boleh Dirahasiakan dari Orangtua, Demi Kebaikan!unsplash.com/MD Duran

Banyak orang yang merasa diperlakukan seperti robot yang harus selalu mengikuti arahan orangtua. Apapun yang dilakukan, semata-mata karena memenuhi keinginan orangtua, sehingga membuat anak merasa tertekan.

Jika kamu merasa demikian, coba ingat-ingat kembali, apakah kamu pernah membicarakan soal masa depan yang kamu harapkan pada orangtua atau justru menyembunyikannya?

Merahasiakan rencana masa depan dari orangtua hanya akan merugikan dirimu sendiri dan bahkan orangtua. Beri tahu orangtua masa depan seperti apa yang kamu impikan supaya mereka dapat mendukung dan mengarahkan kamu meraihnya, bukannya meraih keinginan orangtua.

 

Terbuka pada orangtua bisa jadi bukan hal yang mudah bagi beberapa orang. Meskipun begitu, bukan berarti ini bisa dijadikan alasan untuk menyembunyikan segala hal dari orangtua. Bagaimanapun juga, setidaknya kamu wajib terbuka pada orangtua mengenai hal-hal di atas, ya!

Baca Juga: 5 Etika Mengingatkan Kesalahan Orangtua, Pokoknya Jangan Digurui Ya! 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya