Comscore Tracker

5 Cara Mudah Membawa Keberuntungan ke Rumah Lewat Fengsui

Selain bikin lebih bahagia, rezeki juga makin lancar!

Artikel ini merupakan kerjasama dengan Dekoruma

Terkenal sebagai ilmu atau seni sains kuno dari Tiongkok, fengsui kerap jadi acuan banyak orang dalam menata ruang di rumah. Seni ini dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan bagi penghuninya. Menarik, bukan?

Dengan menerapkan kaidah-kaidah fengsui, energi positif akan mengalir lancar sehingga menciptakan lingkungan tempat tinggal yang harmonis dan kondusif. Kamu dan keluarga jadi betah berlama-lama di rumah. Kalaupun kamu sedang di luar karena urusan pekerjaan atau lainnya, kamu jadi selalu ingin cepat-cepat pulang ke rumah. Hidupmu akan lebih berkualitas, rezeki lancar, dan lebih produktif saat bekerja.

Secara keseluruhan, aturan fengsui memang sangat rumit. Namun, kamu bisa mulai menerapkannya melalui beberapa prinsip dasar berikut ini. Yuk, kita simak bersama bagaimana membawa keberuntungan ke dalam rumah lewat fengsui!

1. Pintu utama sebagai jalan masuk energi dan keberuntungan

5 Cara Mudah Membawa Keberuntungan ke Rumah Lewat FengsuiDok. shutterstock.com

Salah satu elemen penting dalam rumah ini juga mempengaruhi fengsui rumah. Pintu merupakan gerbang awal yang menjadi jalan masuk energi positif. Maka dari itu, biasakan untuk tidak meninggalkan apa pun di dekat pintu. Mulailah untuk menata alas kaki yang sudah tidak dipakai dengan meletakkannya di rak sepatu.

Apabila pintu sudah mulai berderit dan macet, berikan oli atau minyak agar kembali lancar. Pintu yang lancar baik pintu utama maupun pintu lainnya dapat membawa kebahagiaan dan keberuntungan untuk kamu dan keluarga yang tinggal di rumah. Pintu yang rusak akan membawa hambatan.

Baca Juga: 5 Inspirasi Desain Rumah Serba Biru yang Kalem dan Adem

2. Bawa masuk elemen alami ke dalam dan area luar rumah

5 Cara Mudah Membawa Keberuntungan ke Rumah Lewat FengsuiDok. Dekoruma.com

Menghadirkan dekorasi alami seperti tanaman hias, air terjun kecil, dan kolam mini dipercaya melancarkan energi positif untuk masuk ke dalam rumah. Tanaman hias yang melambangkan kesuburan akan menciptakan suasana rumah yang terasa sejuk dan penghuni rumah bisa lebih rileks.

Meskipun begitu, tanaman yang terlalu banyak juga bisa menghambat jalannya kesuburan tersebut. Fengsui juga mengedepankan prinsip less is more. Gunakan tanaman hias dengan daun melengkung. Hindari penggunaan tanaman hias berdaun runcing atau bertangkai duri.

3. Pakai material berbahan alami untuk furnitur

5 Cara Mudah Membawa Keberuntungan ke Rumah Lewat FengsuiDok. Dekoruma.com

Tidak hanya melalui dekorasi, elemen alami juga harus dihadirkan melalui material yang kamu gunakan di rumah, yaitu material kayu atau bambu. Material tersebut bisa digunakan pada furnitur dan bagian lain untuk memperlancar sirkulasi energi positif.

Kamu bisa mengombinasikan elemen kayu dan bambu dalam rumah dengan dekorasi yang lebih halus agar penataan interior rumah bisa lebih selaras dan harmonis. Misalnya, lantai parket atau lantai yang berbahan dasar kayu akan terlihat lebih enak dipandang ketika kamu meletakkan karpet bulu dengan warna yang selaras di atasnya.

4. Biarkan udara dan sinar matahari masuk

5 Cara Mudah Membawa Keberuntungan ke Rumah Lewat FengsuiDok. Dekoruma.com

Setelah tanaman hias, dekorasi air, dan material alami, gak lengkap rasanya kalau tidak ada pencahayaan alami. Biasakan untuk membuka jendela saat pagi hari hingga siang hari supaya udara segar dan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Selain membuat rumah lebih sehat, kamu bisa merasakan energi positif secara langsung. Pikiran lebih segar dan suasana hati lebih bahagia sehingga kamu bisa lebih produktif seharian.

5. Jangan menyimpan banyak barang

5 Cara Mudah Membawa Keberuntungan ke Rumah Lewat FengsuiDok. home-designing.com

Kegiatan menyimpan banyak barang masih jadi kebiasaan banyak orang. Alih-alih disimpan untuk berjaga-jaga saat dibutuhkan, barang yang terlalu banyak justru bisa menghambat aliran energi ke dalam rumah, lho! Pasti kamu gak mau hal ini terjadi, kan?

Mulailah untuk melakukan decluttering atau memilah barang mana yang masih dipakai dan mana yang tidak. Apabila barang tersebut masih bisa digunakan tapi mengingatkanmu pada kenangan buruk, sebaiknya jangan disimpan karena bisa menghalangi energi positif juga. Barang-barang yang sudah jarang atau tidak kamu pakai bisa kamu buang, disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan, atau dijual.

Mudah, bukan? Menata ruang dan isi di dalamnya bukan perkara yang gampang. Salah menata bisa mempengaruhi harmonisasi antar ruang dan penghuni di dalamnya. Maka dari itu, jangan lupa mengaplikasikan fengsui, ya!

Baca Juga: 8 Tanaman Gantung untuk Mempermanis Teras Rumah 

Topic:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya