Comscore Tracker

5 Pola Pikir yang Perlu Dimiliki Ibu Rumah Tangga, Wajib Tahu!

Harus lebih bijaksana dibandingkan sebelum menikah, ya!

Setelah menikah dan menjadi ibu rumah tangga, wanita harus memiliki pola pikir yang berbeda dengan sebelum menikah. Sebab, pola pikir yang dimiliki ibu rumah tangga, akan menentukan bagaimana keadaan rumahnya.

Jika pola pikir ibu bijaksana, tentu keadaan rumahnya akan tenteram dan bahagia. Namun jika pola pikir ibu tidak bijaksana, maka keadaan rumah bisa kacau balau.

Nah, berikut ini beberapa pola pikir yang perlu dimiliki ibu rumah tangga agar nantinya keadaan rumah bisa tenteram dan bahagia.

1. Tidak terlalu menggantungkan orang lain dalam mengasuh anak

5 Pola Pikir yang Perlu Dimiliki Ibu Rumah Tangga, Wajib Tahu!ilustrasi memeluk anak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam mengasuh anak, ibu sebaiknya jangan terlalu bergantung dengan orang lain, misalnya seperti pengasuh atau asisten rumah tangga (ART). Sebab cara berpikir setiap orang berbeda-beda. Belum tentu cara pengasuhan yang menurut ibu buruk, namun menurut orang lain baik. Oleh sebab itu, ibu lebih baik mengasuh anak berdua dengan sang suami.

Namun jika tetap membutuhkan bantuan orang lain karena faktor kesibukan atau karena faktor lainnya, maka sebaiknya usahakan tetap mengawasi cara pengasuhan sang anak. Jangan sepenuhnya mempercayakan pengasuhan anak ke orang lain, karena belum tentu orang tersebut bisa dipercaya.

2. Menyesuaikan gaya hidup dengan pendapatan suami

5 Pola Pikir yang Perlu Dimiliki Ibu Rumah Tangga, Wajib Tahu!ilustrasi wanita bersantai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ibu rumah tangga harus pandai dalam mengatur keuangan, agar kebutuhan rumah tangga bisa tercukupi. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu menyesuaikan gaya hidup sesuai dengan pendapatan suaminya. 

Jangan memaksakan gaya hidup hedon agar dipuji tetangga, namun penghasilan suami tidak seberapa besar. Hal tersebut bisa memicu pertengkaran dengan sang suami karena pengeluaran yang membengkak, namun penghasilan tidak mencukupi.

Baca Juga: 6 Alasan Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Gak Boleh Diremehkan

3. Mendahulukan kebutuhan suami dan anak daripada kepentingan pribadi

5 Pola Pikir yang Perlu Dimiliki Ibu Rumah Tangga, Wajib Tahu!ilustrasi memasak (newyorkfamily.com)

Seorang wanita yang telah menikah, harus mendahulukan kebutuhan suami dan anaknya daripada kepentingannya sendiri, karena itu sudah kewajibannya sebagai seorang istri dan seorang ibu. 

Namun tak sedikit ibu rumah tangga yang memiliki pola pikir yang salah. Misalnya saja seperti mengutamakan kepentingannya daripada keluarganya, dengan alasan bahwa ia juga berhak bahagia. Tentu itu pemikiran yang sangat salah, karena kebahagiaan ibu sejatinya adalah kebahagiaan keluarganya. Jika keluarganya bahagia, tentu ibu juga akan bahagia dengan sendirinya.

4. Memiliki inisiatif untuk membantu suami memenuhi kebutuhan rumah tangga

5 Pola Pikir yang Perlu Dimiliki Ibu Rumah Tangga, Wajib Tahu!ilustrasi ibu bekerja di rumah (gaprecruitment.co.ke)

Kebutuhan rumah tangga yang seakan tidak ada habisnya tentu bisa membuat kepala pusing sendiri. Apalagi jika pendapatan suami tidak bisa  mencukupi kebutuhan rumah tangga yang banyak tersebut.

Oleh sebab itu, ibu perlu memiliki inisiatif agar bisa membantu suami untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Misalnya seperti mengembangkan kemampuan yang dimiliki agar bisa menghasilkan uang. 

Jika ibu pandai memasak, maka bisa berjualan nasi bungkus atau menerima pesanan nasi kotak. Begitu juga jika ibu pandai menulis, maka bisa mencoba menjadi kontributor di media-media online, misalnya seperti IDN Times. Dengan begitu, ibu bisa memiliki pendapatan tanpa harus meninggalkan rumah, lho.

5. Menabung sisa uang belanja untuk keperluan mendadak

5 Pola Pikir yang Perlu Dimiliki Ibu Rumah Tangga, Wajib Tahu!ilustrasi menabung (pexels.com/Maitree Rimthong)

Ibu rumah tangga harus bijak dalam mengatur keuangan. Jangan sampai tidak ada simpanan, karena mudah tertarik untuk berbelanja barang-barang diskonan atau bahkan untuk berfoya-foya dengan teman. 

Sebaiknya tabung sisa uang belanja dari suami untuk keperluan mendadak, sehingga nantinya tidak bingung jika sewaktu-waktu membutuhkan uang.

Menjadi ibu rumah tangga memang bukan hal mudah. Namun itu semua tidak akan terasa berat dan menyenangkan,  jika menjalaninya dengan ikhlas.

Baca Juga: 5 Bukti Kehebatan Ibu Rumah Tangga, Bukan Pekerjaan Mudah

Eliza Ustman Photo Verified Writer Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya