Comscore Tracker

5 Hal yang Diharapkan Anak dari Orangtua, Bukan Hanya Materi!

Para orang tua wajib baca!

Setiap orang tua pasti ingin membahagiakan anaknya. Bahkan saking ingin membuat anaknya bahagia, tak jarang ada orang tua yang rela menghabiskan seluruh waktunya untuk bekerja, agar bisa memenuhi semua keinginan dan kebutuhan anaknya.

 
Padahal, materi bukan satu-satunya hal yang bisa membahagiakan dan diharapkan oleh anak, lho. Bahkan tak jarang ditemukan kasus dimana anak orang kaya terlibat kasus kriminal, karena orang tuanya terlalu sibuk bekerja, sehingga kurang memperhatikan anaknya.

Selain materi, sebenarnya ada beberapa hal yang diharapkan anak dari orang tuanya, lho. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Memberi pujian saat anak berprestasi atau melakukan kebaikan

5 Hal yang Diharapkan Anak dari Orangtua, Bukan Hanya Materi!ilustrasi anak perempuan dengan ayahnya (daydaynews.cc)

Meski terkesan sepele, namun pujian merupakan salah satu hal yang paling diharapkan anak dari orang tuanya saat ia berprestasi atau melakukan suatu kebaikan, misalnya seperti bersih-bersih rumah atau menolong orang lain.

Dengan diberi pujian, anak akan merasa bangga dengan apa yang telah dilakukannya, sehingga ia akan terdorong untuk melakukan hal tersebut lagi. Setiap anak pastinya ingin terlihat hebat di mata orang tuanya, lho.

2. Memberi kesempatan pada anak untuk memilih hal yang disukai

5 Hal yang Diharapkan Anak dari Orangtua, Bukan Hanya Materi!ilustrasi berbelanja bersama anak (honeykidsasia.com)

Setiap orang tua tentu ingin yang terbaik untuk anaknya. Mulai dari kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian, hingga pendidikan,  dan pasangan hidup jika anaknya sudah dewasa. Namun jika anak tidak menyukainya, sebaiknya jangan dipaksa, karena apa yang menurut orang tua baik, belum tentu disukai anaknya. Setiap anak tentu memiliki selera sendiri-sendiri.

Beri anak kebebasan untuk memilih apa yang disukainya. Tugas orang tua hanya mengawasi apa yang telah dilakukan anaknya, dan menegurnya jika yang dilakukan bukan hal yang baik. Dengan memberikan kebebasan untuk memilih apa yang disukainya, akan membuat anak lebih terbuka dengan orang tuanya. 

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjaga Sikap meski kepada Anak Sendiri

3. Tidak membandingkan kemampuan anak dengan anak orang lain

5 Hal yang Diharapkan Anak dari Orangtua, Bukan Hanya Materi!ilustrasi anak menutup telinga (smartparents.sg)

Setiap anak memiliki kelebihan masing-masing. Jangan membandingkan kemampuannya dengan anak orang lain, karena ia tidak akan suka. Setiap anak tentu berharap agar orang tuanya tidak membandingkannya dengan anak orang lain, karena itu hanya akan membuat mereka minder, dan kecewa dengan dirinya sendiri,  karena tidak bisa terlihat hebat di mata orang tuanya.

4. Meluangkan waktu untuk berkumpul bersama anak

5 Hal yang Diharapkan Anak dari Orangtua, Bukan Hanya Materi!ilustrasi berkumpul bersama anak (pexels.com/Gustavo Fring)

Bisa memiliki waktu yang berkualitas dengan orang tua tentu hal paling membahagiakan bagi anak. Mereka bisa bermanja-manja atau berkeluh kesah dengan apa yang telah dialaminya di sekolah. Namun jika orang tua terlalu sibuk bekerja sehingga tidak bisa meluangkan waktu untuk anaknya, maka tentu akan membuat buah hatinya tersebut kecewa dan merasa kesepian.

Jika anak terlalu sering merasa kesepian, bisa berdampak buruk bagi kesehatan mentalnya. Apalagi jika ia melalui hal-hal yang berat di sekolahnya, seperti sering di-bully oleh temannya. Tentu hal tersebut akan semakin membuatnya merasa tertekan, karena tidak ada tempat untuk berkeluh kesah. 

5. Tidak terlalu menyudutkan ketika anak membuat kesalahan

5 Hal yang Diharapkan Anak dari Orangtua, Bukan Hanya Materi!ilustrasi anak dimarahi ibunya (parenting.firstcry.com)

Setiap orang pasti pernah membuat kesalahan, baik itu disengaja atau tidak. Bagi anak, hal yang paling membuatnya sedih adalah saat ia berbuat kesalahan, orang tuanya terlalu menyudutkannya. Hal tersebut akan membuat anak semakin terpuruk. Apalagi jika orang lain juga ikut menyudutkannya.

Saat anak berbuat salah, orang tua harusnya bisa bersikap bijak, tidak terlalu membela atau terlalu menyudutkan. Minta anak untuk bertanggung jawab atas kesalahannya, jika ia memang terbukti bersalah. Setelah itu, beri anak nasihat agar tidak mengulangi lagi kesalahannya. 

Bagi setiap anak, tempat teraman di dunia adalah di rumah dan di dekat orang tuanya. Jika ia tidak bisa mendapatkan hal tersebut, maka jangan salahkan jika ia mencarinya di tempat lain.

Meski terkesan sepele, namun itulah yang sebenarnya diharapkan oleh anak pada orang tuanya. Materi yang berlimpah tidak selalu bisa membuat anak bahagia. Karena yang mereka butuhkan adalah perhatian dan kasih sayang yang tulus dari orang tuanya.

Menjadi orang tua memang bukan hal mudah, namun jangan pernah menganggap anak sebagai beban. Segala kebaikan yang kamu berikan kepada anakmu, akan Tuhan kembalikan padamu, baik melalui anakmu atau melalui orang lain.

Baca Juga: 5 Kendala Komunikasi yang Biasa Terjadi antara Orangtua dan Anak

Eliza Ustman Photo Verified Writer Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya