Comscore Tracker

Terapkan 5 Cara Ini Agar Anak Bisa Jadi Pribadi yang Mandiri!

Karena kita gak selamanya mendampinginya

Anak sangat perlu diajarkan mandiri sejak dini, karena mandiri itu penting bagi sang anak kelak agar mereka bisa dengan mudah beradaptasi di lingkungannya. Untuk mengajarkan kemandirian terhadap anak memang gampang-gampang susah. Kalian para orang tua bisa memulainya dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Inilah beberapa hal yang bisa kalian terapkan untuk melatih kemandirian anak.

1.Biarkan anak menyeselaikan tugasnya sendiri

Terapkan 5 Cara Ini Agar Anak Bisa Jadi Pribadi yang Mandiri!unsplash.com/Wang Xi

Terlalu sering dibantu justru akan membuat anak menjadi semakin manja. Sebab, ia akan acuh dengan tugas yang seharusnya menjadi tanggung jawab si anak. Boleh sesekali membantu asal jangan sampai membuat anak lupa akan tanggung jawabnya.

2.Bebaskan anak dalam mengambil keputusan

Terapkan 5 Cara Ini Agar Anak Bisa Jadi Pribadi yang Mandiri!unsplash.com/Chinh Le Duc

Kebanyakan para orang tua terlalu protektif terhadap anaknya, karena takut si anak akan salah langkah dalam mengambil keputusan. Sebaiknya para orang tua jangan terlalu sering turut andil di dalamnya. Sebab itu akan membuat anak menjadi tidak mandiri dan terus bergantung setiap ingin mengambil keputusan. Namun, kalian para orang tua harus tetap mengawasi anak dalam mengambil keputusan.

3.Biarkan kedua orang tua bekerja dan meninggalkan anak di rumah

Terapkan 5 Cara Ini Agar Anak Bisa Jadi Pribadi yang Mandiri!unsplash.com/Kelly Sikkema

Ada baiknya jika anda termasuk sepasang orang tua yang memiliki pekerjaan, karena hal tersebut bisa dijadikan cara untuk melatih anak menjadi lebih mandiri. Anak akan dituntut menghandle kebutuhan dan segala sesuatunya sendiri tanpa orang tua. Tapi jangan sampai karena terlalu sibuk bekerja, jadi lupa akan kewajiban anda terhadap anak.

4.Membiarkan anak tinggal dengan kerabat terdekat

Terapkan 5 Cara Ini Agar Anak Bisa Jadi Pribadi yang Mandiri!unsplash.com/Marissa Price

Biasanya seorang anak yang dekat dengan orang tua cenderung lebih manja ketimbang anak yang tinggal bersama orang lain seperti dengan nenek, tante, paman atau kerabat dekat lainnya. Sebab ketika si anak tinggal dengan orang lain ia akan merasa segan untuk meminta bantuan dan lebih memilih melakukannya sendiri. Jika hal tersebut sering dilakukan besar kemungkinan si anak bisa mandiri.

5.Latih anak untuk menjadi berani dalam melakukan hal-hal baru

Terapkan 5 Cara Ini Agar Anak Bisa Jadi Pribadi yang Mandiri!unsplash.com/Anna Samoylova

Tanpa disadari hal yang satu ini justru sangat membantu anak menjadi lebih mandiri. Misal, anak akan ikut kegiatan berkemah di sekolah, jika orang tua melarangnya, kapan si anak tersebut akan berani melakukannya? Maka dari itu para orang tua jangan terlalu khawatir kalau harus membiarkan anaknya mencoba hal baru.

Putri Elv Photo Verified Writer Putri Elv

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya