Comscore Tracker

5 Cara Ajarkan Anak Bersemangat Jalani Pola Hidup Sehat

Anak sehat, prestasi meningkat

Memberikan edukasi dan semangat kepada anak untuk selalu menjalani pola hidup sehat, itu perlu dilakukan sejak dini. Menjaga kesehatan adalah bagian dari kebiasaan hidup sehari-hari. Kebiasaan yang dilakukan anak sejak dia masih kecil, itu akan terbawa hingga usianya menginjak dewasa.

Maka, penting bagi setiap orangtua untuk mengajarkan anak agar bersemangat memiliki dan menjalani kebiasaan hidup yang sehat. Kesehatan berperan penting dalam kehidupan, salah satunya terkait kesuksesan di masa depan. Nah, agar prestasi anak semakin meningkat, cobalah ajarkan dan dorong anak untuk terus semangat menjalani pola hidup sehat. Berikut lima cara yang bisa dilakukan.

1. Membiasakan anak untuk selalu mencuci tangan 

5 Cara Ajarkan Anak Bersemangat Jalani Pola Hidup Sehatilustrasi mengajarkan anak mencuci tangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Mengajarkan anak agar selalu bersemangat dan dapat semakin termotivasi untuk menjalani hidup sehat itu gak selalu harus dengan berkata-kata, melainkan dengan mengajak anak untuk membiasakan diri mencuci tangan, sebelum makan maupun aktivitas lainnya, juga merupakan bentuk dukungan yang ampuh.

Biasakan anak mencuci tangannya, sebelum dan sesudah makan, setelah dia selesai beraktivitas, maupun sebelum tidur. Manfaat dari membangun kebiasaan mencuci tangan akan menghindarkan anak dari kuman dan bahaya penyakit lainnya. Demi kesehatan agar tetap selalu prima, ajarkan kebiasaan ini, ya.

2. Ajaklah anak untuk rutin berolahraga 

5 Cara Ajarkan Anak Bersemangat Jalani Pola Hidup Sehatilustrasi anak-anak sedang berlari di taman (pexels.com/Kampus Production)

Ingin anak memiliki kesehatan jiwa dan raga setiap harinya? Maka, mulailah sedini mungkin, untuk mengajak anak rutin berolahraga. Biasakan anak untuk bergerak aktif, agar tubuhnya sehat, hatinya senang dan pikirannya pun tenang. Rutin berolahraga sangat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Maka, sudah menjadi kewajiban orangtua untuk mengajarkan anaknya, agar mau bergerak aktif berolahraga. Carilah aktivitas olahraga yang menyenangkan, agar anak-anak senang. Misalnya, seperti bersepeda, berjalan santai, berlari di taman, atau sambil bermain bersama hewan peliharaan juga bisa. Intinya adalah agar anak bisa bergerak aktif, dengan tetap merasa senang dan nyaman.

3. Mengajak anak untuk rajin minum air putih 

5 Cara Ajarkan Anak Bersemangat Jalani Pola Hidup Sehatilustrasi anak-anak sedang minum air putih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebutuhan cairan di dalam tubuh menjadi hal yang perlu diperhatikan, agar bisa selalu tercukupi. Jika kamu ingin anak selalu sehat dan semangat dalam menjalani aktivitasnya, maka pastikan anak-anak rajin minum air putih. Membiasakan meminum air putih adalah salah satu cara dalam menjaga kesehatan.

Dengan kebutuhan air putih yang terpenuhi, anak-anak juga akan menjadi lebih fokus lagi, entah dalam hal belajar maupun berbagai kegiatan lainnya. Selain itu, manfaat lain dari meminum air putih, juga dapat menjaga anak dari terjadinya peningkatan berat badan secara berlebihan.

Baca Juga: 5 Tanda Anak Memiliki Kreativitas yang Baik, Pola Didiknya Juara!

4. Jangan melewatkan waktu sarapan 

5 Cara Ajarkan Anak Bersemangat Jalani Pola Hidup Sehatilustrasi kegiatan sarapan bersama keluarga (pexels.com/Elina Fairytale)

Cara berikutnya yang bisa dilakukan agar anak bersemangat menjalani pola hidup sehat yaitu, jangan pernah melewatkan waktu sarapan bersama keluarga yang lainnya. Terkadang, sebagai orangtua yang bekerja, ada saja kesibukan yang harus segera dilakukan, hingga kerap melewatkan momen kebersamaan saat sarapan.

Jika kamu ingin mengajarkan anak bersemangat hidup sehat, maka mulailah membangun kebiasaan untuk sarapan bersama. Sarapan adalah langkah awal yang wajib dilakukan, agar aktivitas seharian nanti bisa lancar, tanpa merasa lapar di tengah kegiatan. Sarapan bersama juga dapat meningkatkan suasana hati anak, sehingga anak bisa menghabiskan sarapannya. Apalagi bagi anak-anak yang sedang bersekolah, kegiatan sarapan jangan sampai dilewatkan.

5. Ajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan 

5 Cara Ajarkan Anak Bersemangat Jalani Pola Hidup Sehatilustrasi membuang sampah pada tempatnya (pexels.com/SHVETS production)

Kebersihan adalah suatu hal yang sangat mendukung perkembangan diri anak. Mulai dari kebersihan badan hingga kebersihan lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, mengajarkan anak untuk bersemangat menjaga kebersihan, perlu kamu lakukan. Kebersihan adalah bagian dari pola hidup sehat. Pastikan anak-anak mampu menjaga kebersihan di mana saja, ya.

Ajarkan anak untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan merapikan tempat tidur maupun meja belajarnya. Menjaga kebersihan perlu diterapkan dalam membangun kebiasaan. Berikan edukasi tentang cara membersihkan diri dan lingkungan di sekitarnya, maupun berbagai benda yang ada di dekatnya.

Anak-anak membutuhkan pendampingan dalam menjalani aktivitas. Mengajarkan anak-anak untuk selalu menjalani pola hidup sehat, sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Bukan tanpa alasan, karena sebagai orangtua, pastinya kamu gak bisa selalu mengawasi anak-anak sepanjang waktu.

Maka, agar anak bisa lebih mandiri dan bersemangat lagi, bangun kebiasaan hidup sehat dengan menerapkan kelima cara di atas. Anak-anak memiliki berbagai potensi, jangan sampai potensi tersebut gak berkembang, hanya karena masalah kesehatan. Yuk, beri anak-anak pendampingan dengan mengajarkan dan memberinya dukungan, agar selalu semangat menjalani gaya hidup sehat.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Sebaiknya Tak Diajarkan pada Anak Sejak Kecil, Catat!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya