Comscore Tracker

5 Kegiatan Penunjang Kreativitas pada Anak, Seru dan Menyenangkan!

Tingkatkan kreativitas dengan sesuatu yang penuh kegembiraan

Setiap anak dilahirkan sebagai manusia yang kreatif. Maka, sudah seharusnya peran orang tua membantu tumbuh kembang anak, agar kreativitasnya terus terasah hingga meningkat seiring berjalannya waktu. Sisi kreativitas anak membutuhkan bimbingan dan arahan dalam proses mengembangkannya, sehingga bisa bermanfaat untuk dirinya di masa depan.

Tak perlu repot-repot mencari sesuatu untuk melatih kreativitas pada anak. Ada beberapa kegiatan penunjang yang bisa dilakukan di rumah dan sekitarnya, dalam proses mengasah kreativitas pada anak. Berikut beberapa kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa dicoba.

1. Memasak makanan kesukaan 

5 Kegiatan Penunjang Kreativitas pada Anak, Seru dan Menyenangkan!ilustrasi anak-anak sedang menghias kue (pexels.com/cottonbro)

Memasak merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, sekaligus bisa menjadi sarana belajar untuk meningkatkan kreativitas anak. Memasak bisa dilakukan di rumah dengan menyiapkan bahan-bahan makanan sederhana. Anak-anak pasti senang dengan kegiatan masak-memasak.

Ajak anak-anak untuk membuat kue atau jenis masakan sederhana lainnya. Menghias kue yang sudah dibuat, membuat kue menjadi bentuk yang lucu-lucu, atau mewarnai makanan dengan bahan pewarna alami. Kegiatan seru ini tentunya dapat meningkatkan rasa gembira pada anak dan kreativitasnya pun akan terus berkembang.

2. Menciptakan sebuah kerajinan tangan 

5 Kegiatan Penunjang Kreativitas pada Anak, Seru dan Menyenangkan!ilustrasi kegiatan membuat kerajinan tangan (pexels.com/cottonbro)

Kegiatan menyenangkan lainnya, yang bisa dilakukan bersama anak, dan mampu mengasah kreativitasnya, yaitu menciptakan sebuah kerajinan tangan. Buatlah karya-karya lucu dan unik, bisa terbuat dari kertas, tanah, atau bahan-bahan yang ada di sekitar rumah lainnya.

Biarkan anak-anak berkreasi sesuai dengan apa yang ada di imajinasinya. Bimbing mereka untuk membuat karya yang mereka sukai. Tetaplah mengawasinya dengan teliti, agar anak-anak gak mengalami kecelakaan kerja di saat mereka sedang membuat karya-karya yang indah.

Baca Juga: 6 Ide Kegiatan Family Bonding untuk Meningkatkan Kreativitas Anak

3. Membaca buku cerita 

5 Kegiatan Penunjang Kreativitas pada Anak, Seru dan Menyenangkan!ilustrasi anak-anak dan orang tua sedang membaca buku (pexels.com/Vlada Karpovich)

Membaca adalah kegiatan yang menyenangkan, sekaligus menambah wawasan. Tak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja, anak-anak pun bisa melakukan kegiatan ini bersama orang tuanya. Selain dapat menambah ilmu pengetahuannya, anak-anak juga dapat semakin kreatif lagi nantinya.

Pilih bacaan yang sesuai dengan usia anak. Lalu, bacalah bersamanya dan jelaskan tentang sesuatu terkait apa yang ada dalam bahan bacaan. Selain menambah wawasan, anak-anak juga dapat mengembangkan kreativitas imajinasinya, sekaligus mempertajam lagi cara berpikir kritisnya.

4. Menggambar dan mewarnai 

5 Kegiatan Penunjang Kreativitas pada Anak, Seru dan Menyenangkan!ilustrasi anak-anak sedang menggambar (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Menggambar dan mewarnai sesuatu, tak hanya sekadar hobi saja. Kegiatan ini sangat seru dan menyenangkan. Ajak anak-anak untuk menggambar dan mewarnai di akhir pekan, saat keluarga juga libur dari bekerja. Biarkan anak menggambar apa yang ingin mereka gambar, lalu biarkan juga mereka untuk mewarnai sesuka hatinya.

Berikan kebebasan pada anak, agar sisi kreatifnya gak terbatas. Kegiatan ini bisa menjadi sarana berekspresi di atas kertas yang akan mengalirkan sisi kreatif anak yang tanpa batas. Namun, kamu juga tetap harus mengawasi, agar anak-anak menggambar sebuah objek yang sesuai dengan usianya.

5. Menceritakan kembali sebuah dongeng 

5 Kegiatan Penunjang Kreativitas pada Anak, Seru dan Menyenangkan!ilustrasi membaca dongeng sebelum tidur (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Anak-anak sangat dekat dengan dunia dongeng, biasanya orang tua menceritakan sebuah dongeng kepada anak, saat mereka akan tidur di malam hari. Sebelum tidur juga menjadi waktu yang efektif untuk meningkatkan sisi kreativitasnya. Nah, setelah kamu selesai membacakan dongeng, cobalah ajak mereka untuk menceritakannya kembali.

Coba kamu beri arahan sedikit tentang ceritanya. Kemudian, bimbing anak untuk mulai bercerita melanjutkannya. Biarkan anak-anak bercerita dengan bahasanya sendiri. Kegiatan menyenangkan ini, bisa mempertajam daya ingat anak dan melatih anak-anak untuk berani dalam berbicara.

Teruslah amati dan bimbing anak-anak, agar sisi kreatifnya berkembang dengan baik sesuai usia pertumbuhannya. Selangkah demi selangkah itu akan lebih baik, sehingga anak-anak bisa semakin kreatif dengan proses yang menyenangkan, serta dapat menikmati setiap tahapannya.

 

Kelima kegiatan di atas merupakan yang paling diminati oleh anak-anak. Jangan biarkan masa emasnya lewat begitu saja. Sangat disayangkan, jika anak-anak yang sudah punya bakat, gak kamu arahkan dan beri bimbingan serta tidak terfasilitasi perihal sisi kreatifnya.

Kreativitas yang dimiliki setiap anak berbeda-beda, kamu sesuaikan saja dengan minat dan bakatnya. Anak yang kreatif, di masa depan nanti pasti akan mampu meraih cita-cita yang diimpikannya.

Kreativitas adalah sesuatu yang mahal harganya, maka bantulah anak-anak untuk mengembangkannya. Dengan begitu, mereka akan selalu memiliki ide-ide yang cemerlang.

Baca Juga: 5 Tanda Anak Memiliki Kreativitas yang Baik, Pola Didiknya Juara!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya