Comscore Tracker

5 Tips Berani Bicara Jujur ke Orangtua, Mulai Saja Dulu

Rasa canggung, gugup, malu bahkan takut itu pasti ada.

Bicara secara jujur tentang apa yang kamu rasakan pada orangtua memang gak semudah yang kamu kira. Rasa canggung, gugup, malu bahkan takut itu pasti ada yang merasakannya.

Namun, sebaiknya kamu harus mulai berani untuk bicara jujur pada orangtua tentang hal-hal yang kamu rasakan. Masih takut? Yuk, lakukan lima tips berikut.

1. Cobalah untuk memulainya 

5 Tips Berani Bicara Jujur ke Orangtua, Mulai Saja Duluilustrasi memulai pembicaraan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gak perlu malu atau takut yang terpenting adalah beranikan diri untuk memulainya dulu. Orangtua sebenarnya senang kalau kamu berani bicara jujur pada mereka.

Supaya kamu gak grogi, cobalah memulainya dengan obrolan yang ringan-ringan dulu saja. Nanti, kalau obrolannya sudah mengalir, kamu bisa beralih ke topik utama.

2. Carilah waktu yang baik 

5 Tips Berani Bicara Jujur ke Orangtua, Mulai Saja Duluilustrasi memikirkan waktu yang tepat (pexels.com/William Fortunato)

Supaya pembicaraan kamu dan orangtua menjadi efektif dan membuahkan hasil yang baik. Sebaiknya, kamu mencari waktu yang tepat. Lihat situasi dan kondisi dari orangtuamu.

Misalnya, saat orangtua sedang persiapan berangkat kerja atau melakukan aktivitas. Sebaiknya, jangan bicarakan hal penting dulu. Kalau sudah dalam keadaan yang santai. Nah, kamu bisa mendekatinya dan memulai pembicaraan.

3. Bicaralah secara jelas 

5 Tips Berani Bicara Jujur ke Orangtua, Mulai Saja Duluilustrasi berbicara (pexels.com/Liliana Drew)

Pastikan hal yang akan kamu bicarakan itu jelas. Supaya orangtua juga dapat memahami apa yang kamu inginkan. Ada baiknya, kamu mempersiapkan dulu poin-poinnya.

Hal ini akan memudahkanmu dalam mengarahkan alur dari pembicaraan. Supaya pesan yang ingin kamu sampaikan bisa dipahami oleh orangtua.

Baca Juga: 5 Sikap Orang Tua yang Membentuk Anak Jadi Penakut

4. Bicarakan hal-hal yang penting

5 Tips Berani Bicara Jujur ke Orangtua, Mulai Saja Duluilustrasi berbicara (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Katakanlah secara jelas apa saja yang ingin kamu sampaikan. Terlalu banyak basa-basi malah bisa mengaburkan pesan pentingnya.

Jelaskan apa saja hal-hal yang sedang kamu rasakan dan apa solusi yang kamu inginkan. Kamu harus bicara jujur pada orangtua. Karena kalau kamu berbohong. Itu akan membuat orangtua susah untuk mempercayai perkataanmu.

5. Bangun kebiasaan untuk bicara hal-hal yang baik 

5 Tips Berani Bicara Jujur ke Orangtua, Mulai Saja Duluilustrasi berbicara (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terkadang, ada beberapa orang yang mau mulai bicara secara terus terang pada orangtuanya setelah ada hal buruk yang menimpanya.

Ada baiknya juga, lho. Kalau kamu juga membicarakan hal-hal atau informasi yang baik-baik. Hal ini akan membuat hubunganmu dengan orangtua semakin akrab, lho. Misalnya, hari ini ada hal baik yang kamu terima, ceritakan saja pada orangtua.

Dengan membiasakan berbicara seperti ini. Ketika suatu saat terjadi hal yang gak kamu inginkan. Kamu bisa tetap tenang dalam berbicara ke orangtua.

Pahami juga bahwa hubungan antara orangtua dan anak itu berbeda. Kelima cara di atas bisa membantumu untuk berani bicara jujur pada orangtua. Namun, jika masih ada yang merasa takut.

Sebaiknya jangan terus dipendam tentang hal yang kamu rasakan. Cobalah mencari orang dewasa yang lain untuk kamu bisa berbagi cerita. Seperti saudara, guru, sahabat atau siapa saja yang bisa mendengarkanmu dan memahamimu serta peduli denganmu.

Baca Juga: 5 Sumber Kejenuhan Anak saat Belajar, Orang Tua Harus Paham!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Hallo,, Senang bisa menceriakan hari-hari Anda. IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya