Comscore Tracker

Terapkan 6 Hal Ini Agar Anak Tidak Membully Orang Lain

Orangtua cerdas harus tahu nih!

Bullying atau perundungan merupakan fenomena yang marak terjadi saat ini. Bullying dapat merugikan orang lain baik segi fisik maupun mental. Bullying dapat dilakukan siapa saja dan siapa pun dapat menjadi korban bullying.

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga dapat melakukan bullying kepada orang lain. Orang tua berpengaruh untuk mencegah anak melakukan bullying. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar anak tidak membully orang lain. Untuk penjelasan lebih lengkap, mari kita simak pembahasan artikel berikut ini.

1. Kenali penyebab perilaku bullying tersebut

Terapkan 6 Hal Ini Agar Anak Tidak Membully Orang Lainunsplash.com/Ashton Bingham

Banyak faktor yang menyebabkan perilaku bullying pada anak misalnya saja karena perasaan insecure. Perasaan insecure tersebut dapat menyebabkan anak melakukan perundungan. Hal ini bisa terjadi karena anak dapat beranggapan bahwa dengan menindas orang lain, maka akan membuat dirinya terlihat lebih hebat atau terlihat berkuasa.

Faktor lain yang dapat menyebabkan anak melakukan perundungan adalah anak ingin mencari perhatian atau karena masalah pengontrolan emosi. Perilaku bullying bisa saja datang dari alasan sederhana misalnya anak tidak tahu kalau perbuatan yang dilakukannya itu merupakan sesuatu yang salah.

2. Pastikan anak tahu konsekuensi yang diterima jika melakukan bullying

Terapkan 6 Hal Ini Agar Anak Tidak Membully Orang Lainsmartparents.sg

Pastikan anak mengetahui alasan mengapa tidak boleh melakukan bullying terhadap orang lain. Selain itu, tetapkan peraturan atau konsekuensi yang akan yang terjadi jika anak melakukan bullying. 

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah hukuman atau konsekuensi yang diterima bukan lah dalam hukuman fisik melainkan dalam bentuk lain. Misalnya jika anak melakukan cyber bullying melalui media sosial, maka konsekuensi yang diterima adalah gadget akan disita dalam jangka waktu tertentu.

Bukan hanya memberikan hukuman, kamu juga harus menjelaskan kepada anak mengapa tidak boleh melakukan bullying dan jangan lupa untuk memastikan kalau anak tidak mengulanginya kembali.

3. Ajarkan anak untuk memperlakukan orang lain dengan baik dan penuh hormat

Terapkan 6 Hal Ini Agar Anak Tidak Membully Orang Lainpexels.com/Pixabay

Ajarkan anak untuk memperlakukan orang lain dengan baik dan penuh hormat. Seringkali perilaku bullying dilakukan kepada orang lain yang dianggap berbeda atau dianggap lemah. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengajarkan anak untuk berempati dan menghormati orang lain. Dengan menerapkan hal tersebut, maka perilaku bullying akan dapat dicegah.

Baca Juga: Apa Kamu Termasuk Korban Bully atau Tukang Bully?

4. Jadi role model yang baik untuk anak

Terapkan 6 Hal Ini Agar Anak Tidak Membully Orang Lainpexels.com/Agung Pandit Wiguna

Salah satu hal yang wajib diketahui adalah anak akan belajar dari orang terdekatnya termasuk orang tua. Mengingat orang tua merupakan salah satu orang yang berpengaruh terhadap perilaku anak, penting sekali agar orang tua bisa menjadi role model yang baik.

Jika kamu sebagai orang tua memberikan contoh yang tidak baik misalnya seperti memandang rendah orang lain atau memperlakukan orang lain dengan tidak baik, bukan tidak mungkin anak akan mempelajari hal tersebut melakukannya kepada orang lain.

5. Jangan gunakan hukuman fisik untuk mendidik anak

Terapkan 6 Hal Ini Agar Anak Tidak Membully Orang Lainactuallymummy.co.uk/

Hindari penggunaan hukuman fisik kepada anak. Jika kamu memberikan hukuman fisik atau bertindak agresif kepada anak, bukan tidak mungkin anak akan mencontoh perilaku tersebut dan melakukannya kepada orang lain. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih cara untuk mendisiplinkan anak.

6. Awasi anak dalam penggunaan gadget

Terapkan 6 Hal Ini Agar Anak Tidak Membully Orang Lainunsplash.com/stem.t4l

Zaman sekarang, bullying dapat dilakukan dalam segala cara salah satunya melalui dunia maya. Penting sekali untuk mengawasi aktivitas anak dalam dunia maya karena bisa saja anak melakukan bullying melalui dunia maya. Dengan begitu, tindakan cyber bullying dapat dicegah sejak dini.

Itulah enam cara yang dapat orang tua terapkan agar anak tidak melakukan bullying kepada orang lain. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Untuk Kamu yang Pernah Di-Bully: Ini 10 Tips untuk Mengatasinya

F R Photo Community Writer F R

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You