Comscore Tracker

Orangtua Wajib Tahu! 5 Cara Bijak Menghadapi Anak yang Mudah Cemas

Rasa cemas pada anak tidak boleh dianggap remeh

Rasa cemas merupakan hal wajar yang bisa dialami semua orang tidak terkecuali anak-anak. Rasa cemas bisa menjadi masalah jika rasa cemas yang dialami sudah terlalu sering dan berlebihan. Rasa cemas yang berlebihan juga dapat menggangu kehidupan anak dan dapat menghambat beragam aktivitas dalam hidupnya.

Sebagai orangtua, kamu bisa menerapkan beberapa cara yang dapat mengurangi dan mengatasi rasa cemas anak. Untuk pembahasan lengkapnya, mari kita simak artikel berikut ini.

1. Dengarkan dan cari penyebab kecemasan anak kamu

Orangtua Wajib Tahu! 5 Cara Bijak Menghadapi Anak yang Mudah Cemaspexels.com/Pixabay

Orangtua sangat berperan penting saat anak merasa cemas. Sebagai orangtua, kamu dapat mendengarkan apa yang dirasakannya dan bantu anak untuk mencari penyebab dari rasa cemasnya. Seringkali anak hanya merasa cemas tanpa mengetahui penyebab pasti dari rasa cemasnya.

Penyebab dari rasa cemas bisa beragam mulai dari cemas akan komentar teman, cemas akan nilai hingga cemas karena guru. Temukan penyebab dari rasa cemasnya akan membuat si anak lebih mudah mengatasinya dan mencegahnya untuk menghindari penyebab rasa cemas.

2. Bantu dia mengatasi rasa cemasnya

Orangtua Wajib Tahu! 5 Cara Bijak Menghadapi Anak yang Mudah Cemaspexels.com/AlenaSheckhovtcova

Setelah menemukan penyebab dari rasa cemas anak, bantu dia mengatasi rasa cemasnya. Cara mengatasi rasa cemas si anak pun beragam tergantung dari penyebab rasa cemas si anak.

Misalnya jika si anak merasa cemas dikarenakan takut akan menghadapi ujian, kamu dapat melakukan pengarahan dengan membantunya mempelajari materi ujian dan beri dukungan agar anak merasa tenang menghadapi ujian.

3. Berikan dukungan positif

Orangtua Wajib Tahu! 5 Cara Bijak Menghadapi Anak yang Mudah Cemaspexels.com/JoshWilink

Sudah sebagai kewajiban bagi orangtua untuk selalu memberi dukungan positif terutama untuk anak kamu yang mudah merasa cemas. Dukungan positif yang diberikan kepada anak tentunya dapat mengurangi rasa cemas dan memberinya rasa percaya diri lebih.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif yang Terjadi Ketika Anak Tidak Dekat dengan Orangtua

4. Jangan memarahi dan menyepelekan rasa cemasnya

Orangtua Wajib Tahu! 5 Cara Bijak Menghadapi Anak yang Mudah Cemaspexels.com/Ba Phi

Kesalahan ini sering dilakukan oleh orangtua dalam mengahadapi anak yang sering merasa cemas. Memarahi anak saat sedang merasa cemas atau sedang curhat tentang rasa cemasnya bukan membantu meringankan rasa cemasnya melainkan akan memperburuk rasa cemasnya.

Menyepelekan rasa cemas atau penyebab rasa cemasnya juga menjadi salah satu penyebab rasa cemas anak tidak kunjung berkurang. Anak malah semakin enggan untuk bercerita dan tidak akan kunjung mendapat solusi akan rasa cemasnya.

5. Jika rasa cemas tidak kunjung teratasi, minta bantuan psikolog atau psikiater

Orangtua Wajib Tahu! 5 Cara Bijak Menghadapi Anak yang Mudah Cemashealth.clevelandclinic.org

Terkadang tidak semua rasa cemas bisa dengan mudah diatasi apalagi jika anak mengidap gangguan kecemasan. Mencari bantuan para ahli seperti psikolog atau psikiater merupakan salah satu jalan terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa cemasnya. 

Rasa cemas yang terlalu berlebihan juga harus segera diatasi agar tidak mengganggu kehidupan sehari-hari anak.

Itulah kelima cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi anak yang mudah cemas. Semoga bermanfaat!

F R Photo Community Writer F R

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You