Comscore Tracker

7 Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini, Beri Mereka Kebebasan!

#IDNTimesLife orangtua muda harus tahu

Bakat adalah potensi dalam diri yang dibawa manusia sejak lahir. Maka dari itu, sebagai orangtua, penting sekali memperhatikan bakat anak sejak dini agar tumbuh kembangnya optimal.

Bakat anak akan mulai terlihat saat memasuki usia 10 tahun. Di fase ini, anak mulai mengeksplorasi banyak hal baru dan mulai memilah apa yang ia gemari. Dalam bidang tertentu, biasanya ia akan tampak menonjol dibandingkan teman-teman lainnya.

Biar gak keliru, berikut tujuh cara mengetahui bakat anak sejak dini. Simak, ya!

1. Mengamati kebiasaan dan kegemaran anak

7 Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini, Beri Mereka Kebebasan!Pexels.com/Elly Fairytale

Langkah pertama, sebagai orangtua, kamu bisa memperhatikan kebiasaan dan kegemaran sehari-hari yang dilakukan oleh anak. Bisa jadi, salah satu di antaranya merupakan bakat atau potensi yang cukup kuat untuk dikembangkan lebih dalam.

Setelah itu, orangtua dapat mencari sarana apa yang tepat agar bakat si kecil dapat terasah dengan baik di tangan atau pelatih yang tepat.

2. Membiarkan anak mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki

7 Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini, Beri Mereka Kebebasan!unsplash.com/jerry_318

Selanjutnya, kamu bisa membiarkan anak untuk mengeksplorasi kemampuannya dengan cara mencoba berbagai hal yang berbeda. Apresiasilah segala keinginan anak dalam mencoba suatu hal baru yang positif. Hal tersebut bisa menjadi faktor anak menemukan bakat yang ada pada dirinya.

3. Membangun komunikasi yang positif

7 Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini, Beri Mereka Kebebasan!Pexels.com/August de Richelieu

Dalam hubungan orangtua dan anak, sudah seharusnya memiliki komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik bukan berarti komunikasi dua arah saja, tetapi bagaimana bisa membangun komunikasi positif. Salah satunya, ditandai dengan pemilihan kalimat positif.

Dengan kalimat positif, anak merasa bahwa apa yang ia lakukan, akan selalu didukung orangtua. Ayah dan ibunya pun jangan lupa menanyakan cita-citanya sehingga mengetahui langkah yang harus dilakukan untuk mendorong bakat anak.

Baca Juga: 5 Dampak Positif Hobi Menggambar pada Tumbuh Kembang Anak

4. Menjadi orangtua yang fleksibel

7 Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini, Beri Mereka Kebebasan!Pexels.comKetut Subiyanto

Dalam membantu anak untuk menggali bakat, tentu membutuhkan proses yang gak instan. Perlu disadari, era orangtua dan anak sangat berbeda.

Sebagai orangtua, mau gak mau, akan dituntut mengikuti perkembangan zaman agar memiliki prinsip yang gak jauh berbeda dengan sang anak. Juga, cobalah untuk merangkul pemikiran anak hari ini dan libatkan diri lebih jauh dalam dunianya!

5. Mengutamakan proses, bukan hasil instan

7 Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini, Beri Mereka Kebebasan!Pexels.com/Gustavo Fring

Berbicara mengenai prestasi, ada orangtua yang lebih tertuju pada hasil akhir dibanding proses anak dalam mencapainya. Padahal, dengan orangtua menghargai proses, anak akan tetap merasa terlatih dan ingin maju dengan keterampilan yang ia miliki.

Alih-alih memaksa anak agar jadi yang terbaik, justru ia akan merasa terdesak. Biarkan anak berlatih untuk mendalami apa yang sedang ia inginkan. Selagi hal tersebut positif, kenapa tidak mendukungnya?

Jika anak gagal, jangan membuat anak merasa terpojok. Beri pemahaman bahwa kegagalan adalah salah satu proses terbaik untuk mencapai keberhasilan yang selanjutnya.

6. Beri kebebasan anak untuk memilih

7 Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini, Beri Mereka Kebebasan!Pexels.com/cottonbro

Ada beberapa kasus di mana orangtua memiliki kesalahpahaman terhadap bakat anak, sehingga orangtua memintanya untuk melakukan aktivitas yang belum tentu disukai, tanpa berkomunikasi terlebih dahulu.

Hal tersebut dapat memperlambat anak menemukan bakat yang sesungguhnya. Untuk itu, beri anak kebebasan dalam memilih atau memainkan apa pun yang ia sukai. Selagi masih dalam batas wajar dan positif, tidak ada salahnya selalu memberi dukungan kepadanya.

7. Memberikan pujian pada anak

7 Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini, Beri Mereka Kebebasan!Pexels.com/Gustavo Fring

Setiap anak dilahirkan memiliki bakatnya masing-masing. Apa pun bakatnya kelak, jangan lupa memberikan pujian pada segala perjuangan yang telah dilalui oleh anak.

Mengapresiasi segala usaha dan kerja keras yang sudah dilakukan anak untuk meraih pencapaiannya, adalah cara terbaik untuk mendongkrak rasa percaya diri anak dan tentunya berkembangnya keterampilan secara maksimal.

Itu tadi tujuh cara mengetahui bakat anak sejak dini, yang penting diketahui oleh orang tua. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Harapan Terdalam Orangtua untuk Anaknya, Gak Muluk-muluk Kok!

Topic:

  • Fahira Rahma
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya