Comscore Tracker

5 Ciri Anak Mengalami Middle Child Syndrome, Orangtua Jangan Abai!

#IDNTimesLife Jangan telat menanganinya

Memiliki anak lebih dari dua adalah anugerah yang dimiliki oleh orangtua. Namun, sebagai orangtua, apakah kamu mengetahui atau pernah mendengar tentang middle child syndrome atau sindrom anak tengah?

Dilansir Headline, middle child syndrome adalah kondisi psikologis yang dialami anak tengah, yang membuatnya merasa dikucilkan dan diabaikan keluarga. Jika tidak ditangani dengan baik, sindrom ini akan berdampak buruk bagi kehidupannya saat dewasa.

Berikut ini adalah ciri anak mengalami middle child syndrome yang sudah IDN Times rangkum dari berbagai sumber. Buat orangtua, perhatikan ya!

1. Merasa dirinya tidak berharga

5 Ciri Anak Mengalami Middle Child Syndrome, Orangtua Jangan Abai!Ilustrasi anak sedih (pexels.com/@pixabay)

Anak dengan middle child syndrome merasa dirinya tidak terikat dengan orangtua. Dengan demikian, anak akan menyalahkan diri sendiri perihal mengapa ia tidak bisa terikat dengan orangtua. Bahkan, hal tersebut juga membuat dirinya merasa tidak berguna dalam keluarga.

2. Sering mencari perhatian lebih

5 Ciri Anak Mengalami Middle Child Syndrome, Orangtua Jangan Abai!Ilustrasi anak (Pexels.co/Alex Green)

Dilansir Parenting Firstcry, perhatian orangtua adalah salah satu kebutuhan dasar bagi anak. Tetapi, anak yang mengalami sindrom ini, merasa kebutuhannya tidak terpenuhi.

Maka dari itu, ia lebih menuntut orangtua. Ia mencari perhatian hingga membuat ulah dan meluapkan kemarahannya terhadap hal-hal kecil, bahkan yang sepele sekalipun.

Baca Juga: 5 Masalah Mata yang Dapat Dialami Anak-Anak, Harus Segera Diatasi

3. Merasa frustasi

5 Ciri Anak Mengalami Middle Child Syndrome, Orangtua Jangan Abai!Ilustrasi anak (Pexels.com/Allan Mas)

Anak tengan yang memiliki sindrom ini, akan merasa dibeda-bedakan dari saudaranya. Karena hal tersebut, ia dapat menjadi frustasi dan bersikap sangat agresif terhadap orang lain.

4. Sulit percaya pada orang lain

5 Ciri Anak Mengalami Middle Child Syndrome, Orangtua Jangan Abai!Ilustrasi anak (Pexels.com/Marta Wave)

Pada umumnya, anak akan belajar percaya pada orang lain saat dirinya merasa dekat atau dicintai. Namun, middle child syndrome akan menyebabkan anak sulit percaya pada orang lain, termasuk pada orangtuanya.

5. Menjadikan saudara kandung sebagai saingan yang harus dikalahkan

5 Ciri Anak Mengalami Middle Child Syndrome, Orangtua Jangan Abai!Ilustrasi anak (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Anak tengah yang mengalami middle child syndrome, biasanya merasa saudara kandungannya adalah saingan. Ini karena adanya rasa cemburu yang dialami si anak tengah saat melihat saudaranya mendapat perhatian dari orangtua. 

Itu 5 ciri anak tengah yang terkena middle child syndrome. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat orangtua lebih peka lagi terhadap anak-anaknya.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Lagu untuk Didengarkan Anak-anak

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya