Comscore Tracker

5 Tips Agar Kamu Bisa Putus Rantai Generasi 'Sandwich'

Kalau yang ini HARUS berhenti di kamu

Generasi ‘sandwich’ merupakan sekelompok orang yang terhimpit antara dua tanggung jawab keuangan secara bersamaan. Generasi ini harus menyokong kebutuhan finansial untuk diri sendiri sekaligus untuk orang tuanya. Bahkan, bagi yang sudah menikah dan sedang membangun rumah tangga tentunya memiliki PR tambahan untuk mengatur agar semuanya bisa tetap seimbang.

Ibarat sandwich, kamu seperti isian yang akan diapit oleh kedua roti di atas dan bawahnya. Lalu bagaimana sih cara mensiasati agar rantai ini bisa putus? Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

1. Rencanakan keuangan dengan jelas dan matang

5 Tips Agar Kamu Bisa Putus Rantai Generasi 'Sandwich'pexels.com/@energepic-com-27411

Pertama yang harus dilakukan adalah rencanakan keuangan dengan jelas dan matang. Kamu bisa mulai dengan cara yang sederhana yakni mengatur keuangan untuk kebutuhan primer, sekunder dan tersier sesuai pada porsinya. Kamu juga harus mempertimbangkan secara detail anggaran untuk jalan-jalan dan hangout yang kadang tanpa sadar terlewatkan.

2. Alokasikan dana dengan tepat

5 Tips Agar Kamu Bisa Putus Rantai Generasi 'Sandwich'pexels.com/@pixabay

Setelah membuat perencanaan, langkah berikutnya ialah atur alokasi dana dengan tepat. Bila kamu biasa memberikan uang rutin kepada keluarga, buatlah alokasi pengeluaran sendiri yang sudah disisihkan setiap bulannya.

Jika kamu sudah menikah, komunikasikan juga dengan orang tua dan pasangan mengenai besaran alokasi untuk keluarga, agar tidak terjadi salah paham nantinya.

3. Punya penghasilan tambahan

5 Tips Agar Kamu Bisa Putus Rantai Generasi 'Sandwich'pexels.com/@olly

Selain dua tips di atas, kamu juga dapat mulai berpikir kreatif untuk bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan diluar pekerjaan yang saat ini dijalani. Kamu bisa mulai dengan usaha kecil-kecilan lewat online maupun membuka jasa berdasarkan hobi serta passion yang dimiliki, seperti fotografi dan web developing yang mana bisa dilakukan di luar jam kantor.

Jika kondisi saat ini sudah berkeluarga, dapat juga mempertimbangkan untuk keduanya bisa bekerja. Penghasilan dari dua orang tentunya akan lebih baik daripada hanya satu orang.

Baca Juga: [OPINI] Kesenjangan Ekonomi: Pertentangan Kelas Ekonomi Oleh Marx

4. Menabung dan persiapkan investasi jangka panjang

5 Tips Agar Kamu Bisa Putus Rantai Generasi 'Sandwich'pexels.com/@pixabay

Menabung sangatlah penting dijadikan prioritas untuk tetap menjaga stabilitas keuangan. Kamu harus memiliki prinsip bahwa dengan keadaan apapun tetap harus menyisihkan dana untuk ditabung. Dengan adanya tabungan tentunya akan memberi rasa aman di saat yang tidak terduga.

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk investasi jangka panjang, karena sejatinya investasi mampu memberikan nilai return yang relatif lebih tinggi dibanding sekadar menabung di bank. Namun kamu harus cerdas dalam memilih investasi yang saat ini sudah sangat beragam.

5. Siapkan dana pensiun sejak dini

5 Tips Agar Kamu Bisa Putus Rantai Generasi 'Sandwich'pexels.com/@emma-bauso-1183828

Coba kamu pikir lagi, kira-kira kenapa kamu bisa termasuk generasi sandwich? Salah satu kemungkinan terbesar ialah karena kurang matangnya perencanaan keuangan oleh generasi sebelumnya. Kamu harus mulai menyiapkan dana pensiun sejak dini agar rantai generasi sandwich ini tidak terulang lagi di masa mendatang.

Well, fenomena generasi sandwich merupakan hal yang tidak bisa kita hindari, namun jika kita lebih bijak dalam mengatur keuangan serta menjalani tips di atas dengan tepat, tentunya besar harapan rantai tersebut dapat putus. Semangat terus, ya!

Baca Juga: Apa yang Bisa Kamu Lakukan untuk Bantu Ekonomi yang Sedang Resesi?

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya