Comscore Tracker

5 Hak Ayah dalam Keluarga, Yuk Ketahui Apa Saja!

Selamat Hari Ayah, salam buat bapak terhebat dalam hidupmu

Ayah dalam keluarga selalu digambarkan sebagai pemimpin, penguat, dan penyayang. Memperingati Hari Ayah pada tanggal 12 November 2021 ini, kita diingatkan kembali bahwa peran ayah seharusnya bukan hanya dilihat sebagai tanggung jawab, melainkan juga pemenuhan hak.

Sama dengan ibu, ayah punya hak yang sepatutnya juga dipenuhi anggota keluarga lain. Berikut ini hak ayah dalam keluarga beserta penjelasannya.

1. Hak didengarkan dan memberi pendapat

5 Hak Ayah dalam Keluarga, Yuk Ketahui Apa Saja!ilustrasi keluarga (pexels.com/Vlada Karpovich)

Layaknya mengendarai mobil, ayah berperan sebagai rem dan gas dalam kehidupan rumah tangga. Sosok ayah mungkin kerap memberi petuah, itu semua ia lakukan buat memberi yang terbaik bagi anggota keluarga lain. 

Untuk itu, sudah sepantasnya bahwa ayah didengarkan dan memperoleh hak mengeluarkan pendapat saat berdiskusi. Bila kamu sebagai ibu atau anak, dengarkan dan perhatikan ayah ketika sedang berbicara, ya.

2. Hak dihormati keputusannya

5 Hak Ayah dalam Keluarga, Yuk Ketahui Apa Saja!ilustrasi ayah (pexels.comJosh Willink)

Dalam keluarga, kamu mungkin sempat berselisih paham dengan sosok ayah karena perbedaan pendapat. Di sisi lain, kamu juga perlu tahu bahwa tanggung jawab ayah sebenarnya yang paling besar mulai dari pelindung, pemimpin, pemberi teladan, hingga pemberi motivasi.

Jadi, apa pun keputusan ayah ketika kalian sedang berdebat, hormatilah itu dengan hati lapang. Ayah telah mengorbankan hidupnya agar anggota di rumah merasakan kenyamanan dan kebahagiaan. Kamu bisa membalas kebaikannya dengan menghormati ayah sebagai kepala keluarga.

3. Hak memperoleh kasih sayang dari keluarga

5 Hak Ayah dalam Keluarga, Yuk Ketahui Apa Saja!ilustrasi keluarga (pexels.com/Gustavo Fring)

Bukan hanya anak atau ibu saja yang membutuhkan kasih sayang orangtua, melainkan juga sosok ayah yang selalu memberikan terbaik buat anggota keluarga lain. Ayah mungkin terlihat kuat dan tegas, tapi itu tidak lantas membuat mereka tidak memerlukan kasih sayang.

Sehingga, anggota keluarga lain bisa mulai dengan memberi perhatian atau mendukung ketika ayah menghadapi permasalahan. Setidaknya, kalau kamu terbiasa mengucapkan sayang pada ibu di Hari Ibu, kamu bisa melakukannya di Hari Ayah kali ini.

Baca Juga: Hak-hak Istri dari Suami Menurut Islam, Perlakuan Lembut Salah Satunya

4. Hak untuk dipatuhi

5 Hak Ayah dalam Keluarga, Yuk Ketahui Apa Saja!ilustrasi ayah (pexels.com/Katie E)

Kamu pernah kesal karena tidak boleh pulang lewat jam malam sama ayah? Bukan tidak ada alasan ayah membuat peraturan demikian. Aturan itu semata ia buat untuk melindungi kamu dari bahaya kejahatan yang bisa mengancam sewaktu-waktu.

Lebih lagi, kalau ayah meminta kamu terbiasa bangun pagi atau mengurus sendiri keperluan kamu dengan tanggung jawab penuh. Ayah melakukannya bukan karena maksud tertentu, melainkan buat mengajarkan kemandirian dan disiplin.

Oleh karenanya, sudah sepantasnya tiap anggota keluarga menghargai peraturan rumah yang dibuat ayah. Ayah berhak memperoleh hak untuk dipatuhi karena itu juga untuk kebaikan anggota keluarga.

5. Hak untuk dibanggakan

5 Hak Ayah dalam Keluarga, Yuk Ketahui Apa Saja!ilustrasi keluarga (pexels.com/Elina Fairytale)

Jangan sekali-kali kamu menyesal karena dilahirkan di keluarga sekarang. Sebab ayah yang mungkin menurut kamu bukan ayah ideal itu telah berjuang sekuat tenaga buat menghidupi anggota keluarga. Bahkan, mungkin mengabaikan kebutuhannya sendiri agar kebutuhan anggota keluarga lain bisa terpenuhi.

Maka dari itu, anggota keluarga lain punya kewajiban buat bangga dan bersyukur terhadap sosok ayah yang mereka punya saat ini. Orang bisa punya kekurangan, tapi ayah juga punya kelebihan yang patut kamu banggakan.

Kali ini kamu sudah tahu hak-hak ayah yang perlu kamu perhatikan. Sosok ayah yang hebat tak kenal lelah layak kamu penuhi haknya di sepanjang sisa kehidupan mereka. 

Baca Juga: 7 Hak-hak Suami terhadap Istri dalam Ajaran Islam

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya