Comscore Tracker

10 Ide Nama Bayi yang Lahir di Bulan Agustus, Bermakna Independen!

#IDNTimesLife sesuai dengan nuansa kemerdekaan Indonesia

Nama anak bertema Agustus di Indonesia selama ini, hanya terbatas pada 'Agus', 'Agustian', hingga 'Agustini' saja. Padahal, ada beragam kata bertema Agustus yang bisa jadi inspirasi nama bayi dan memiliki makna indah dari berbagai bahasa.

Nah, maka dari itu, kami akan bagikan beberapa inspirasi nama bayi yang lahir di bulan Agustus. Yuk, intip satu per satu di bawah ini!

1. Bastien

10 Ide Nama Bayi yang Lahir di Bulan Agustus, Bermakna Independen!ilustrasi bayi (pexels.com/Denafi Sy)

Referensi pertama untuk nama anak laki-laki adalah Bastien. Kata Bastien dalam bahasa Prancis, berarti kebebasan memilih. Sementara dari bahasa Yunani, Bastien berarti dihormati.

Bertepatan pada kelahirannya di bulan Agustus, orangtua dapat memberi nama Bastien sebagai tanda waktu lahir di hari mendekati kemerdekaan. Nama Bastien dapat dipakai untuk nama depan, tengah, maupun akhir. 

2. Azadi

10 Ide Nama Bayi yang Lahir di Bulan Agustus, Bermakna Independen!ilustrasi bayi (pexels.com/William Fortunato)

Dalam bahasa Arab, Azadi bermakna kebebasan. Nama Azadi dapat orangtua berikan sebagai nama depan.

Konon, anak laki-laki yang memiliki nama Azadi memiliki perangai yang berwibawa dan suka tantangan. Selain itu, nama anak Azadi juga berarti memiliki sifat mandiri dan visioner.

3. Nic

10 Ide Nama Bayi yang Lahir di Bulan Agustus, Bermakna Independen!iliustrasi bayi (pexels.com/Helena Lopes)

Kata Nic dalam bahasa Rumania berarti kemenangan. Sedangkan bila dilihat dari bahasa Inggris, nama Nic adalah nama pendek dari Nicholas yang berarti kemenangan manusia.

Nama bayi Nic biasa dipakai untuk laki-laki. Nama Nic dipercaya memberi harapan dan karakter baik pada bayi dengan sifat optimis dan jujur.

4. Lysander

10 Ide Nama Bayi yang Lahir di Bulan Agustus, Bermakna Independen!iliustrasi bayi (pexels.com/Anna Shvets)

Kata Lysander berasal dari bahasa Yunani yang bermakna pembebas. Nama bayi Lysander biasanya digunakan untuk laki-laki sebagai nama depan, tengah, maupun akhir. 

Nama Lysander sendiri memang tidak berbau kata 'Agustus', tapi sangat cocok dengan makna baik di dalamnya. Sebab, kata Lysander juga diartikan sebagai penyelamat umat manusia.

5. Elan

10 Ide Nama Bayi yang Lahir di Bulan Agustus, Bermakna Independen!iliustrasi bayi (pexels.com/Helena Lopes)

Kata Elan berasal dari berbagai bahasa dan memiliki makna beragam. Elan dalam bahasa Ibrani berarti kebebasan. Selain itu, Elan dari Irlandia berarti bersinar terang. Jika makna ini digabungkan, menjadi anak laki-laki yang bebas dan bersinar terang.

Sementara itu, orangtua biasa memberi nama Elan agar putra mereka punya keahlian dalam komunikasi, bisa memotivasi diri, dan jujur. Nama Elan juga doa agar si bayi mudah menjalin persahabatan, lho!

Baca Juga: Pakai Nama Latin Pohon Kurma, Arti Nama Anak Ketiga Wendi Cagur

6. Zafhirah

10 Ide Nama Bayi yang Lahir di Bulan Agustus, Bermakna Independen!ilustrasi bayi (pexels.com/Tatiana Syrikova)

Dalam bahasa Arab, Zafhirah berarti beruntung, kemenangan, dan keberhasilan. Nama bayi perempuan Zafhirah dapat diletakkan sebagai nama depan dengan harapan anak menjadi orang yang sukses dan bermanfaat.

Ada variasi penulisan yang bisa digunakan, yaitu Zafiriah, Zhaafirah, Zhafrah, dan Zhafira. Nama ini menjadi populer untuk bayi anak perempuan yang berbau Islami.

7. Franca

10 Ide Nama Bayi yang Lahir di Bulan Agustus, Bermakna Independen!ilustrasi bayi (pexels.com/Kha Ruxury)

Gak melulu dengan kata Agustus, kamu bisa memberi nama anak perempuan yang lahir di bulan Agustus dengan nama Franca. Franca berasal dari Italia yang berarti kebebasan. 

Doa baik untuk anak perempuan Franca adalah memiliki karakter yang analitis, mudah memahami, senang belajar, dan penuh kesadaran. Nama ini biasa digunakan untuk nama depan, tengah, maupun akhir. 

8. Saoirse

10 Ide Nama Bayi yang Lahir di Bulan Agustus, Bermakna Independen!ilustrasi bayi (pexels.com/Tatiana Syrikova)

Saoirse yang pelafalannya sebagai Seersha atau Sirsha ini, berasal dari bahasa Irlandia. Pelafalannya indah dan maknanya pun, sesuai dengan anak perempuan yang lahir di bulan Agustus, yakni kebebasan. 

Kata Saoirse berasal dari bahasa Irlandia yang berarti bebas. Nama ini populer selama tahun 1920-an di Irlandia untuk memaknai hari kemerdekaan mereka.

9. Ilana

10 Ide Nama Bayi yang Lahir di Bulan Agustus, Bermakna Independen!ilustrasi bayi (pexels.com/Katie E)

Dalam bahasa Ibrani, kata Ilana berarti kebebasan. Nama ini populer untuk memberi harapan baik pada bayi perempuan agar mandiri, kritis, dan berani. 

Kata Ilana yang bermakna kebebasan, cocok untuk melambangkan bulan Agustus sebagai momen yang merdeka. Ilana trdengar feminin, namun bermakna berani dalam mengambil keputusan. 

10. Clianta

10 Ide Nama Bayi yang Lahir di Bulan Agustus, Bermakna Independen!ilustrasi bayi (pexels.com/Tatiana Syrikova)

Nama bayi perempuan selanjutnya yang masih jarang dipakai adalah Clianta. Clianta berasal dari kata Yunani yang berarti bunga kemenangan. 

Nama ini cocok untuk menggambarkan kemenangan di setiap ulang tahun bulan Agustus. Doa baik orangtua untuk bayi dengan nama Clianta adalah bisa memiliki keterampilan ulet, kompeten, dan lembut hati.

Nama bayi di atas memang tidak langsung menjurus dengan bulan Agustus. Namun, semuanya memiliki pelafalan indah dengan makna yang berarti kemenangan atau kebebasan. Setuju, bukan? 

Baca Juga: 9 Ide Nama Bayi Perempuan dari Pahlawan, Teladan yang Tangguh

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya